Rambut Bisa Menua? Ciri-Cirinya Gimana Ya?

by - 21.46

 

Yes, rambut juga bisa menua ya. Tanda-tandanya juga dapat diamati dengan jelas. Gak cuma berubah warna jadi abu-abu atau putih, tetapi masih banyak lagi! Sayangnya, banyak dari kita yang gak sadar kalau ternyata rambut kita sendiri pun sudah menua. Padahal kalau kita aware, kita bisa mencegah penuaan rambut lebih dini, dan bisa dirawat dengan segera mungkin. Penasaran kan? 

Kira-kira apa aja ya ciri-cirinya? Dan gimana cara merawatnya? 

1. Rambut Kering 

Salah satu tanda dari rambut yang mengalami penuaan adalah kering. Ini karena kurangnya kelembaban dari produksi minyak alami oleh kulit kepala seiring bertambahnya usia. Akibatnya, rambut terasa kaku dan kasar saat disentuh. 

2. Rambut Kusam atau Berketombe

Rambut yang menua juga cenderung kehilangan kilau dan kecerahan alaminya. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar UV, polusi, dan salah pakai produk perawatan rambut juga bisa membuat rambut terlihat kusam dan tidak sehat. Tak hanya kusam, penuaan rambut juga dapat memicu rasa gatal di kulit kepala karena munculnya ketombe pada akar rambut.

3. Rambut Patah 

Rambut yang menua juga cenderung lebih rentan rusak, patah dan rontok. Penyebabnya adalah kehilangan elastisitas dan kekuatan, sehingga rentan terhadap aktivitas se-simple menyisir rambut atau mengikat rambut. Ini sama seperti yang saya alami, rasanya setiap nyisir rambut pasti ada 5-10 helai rambut yang rontok. 

4. Rambut Kasar atau Bercabang 

Rambut yang menua juga cenderung lebih kasar dan sulit untuk diatur. Kalau dipegang biasanya terasa seperti jerami atau ijuk. Tak lain, tekstur rambut seperti ini disebabkan oleh adanya cabang pada bagian ujung rambut. Bagian ujung rambut yang bercabang juga bisa bewarnan keputihan, kecoklatan, bahkan kemerahan. Oleh sebab itu, penting banget untuk kita menjaga kehalusan dan kelembutan rambut agar tidak mudah hilang. 

Nah, sudah paham kan ladies ciri-ciri rambut menua? Atau rambut kamu memiliki ciri-ciri seperti diatas? Kalau iya, berarti rambut kamu sudah mulai mengalami proses penuaan. 

Tapi jangan khawatir, jangan malu, atau jangan malas untuk memulai perawatan rambut. Karena kita sebenarnya sudah selangkah lebih maju, dimana sudah banyak produk perawatan rambut yang bagus diluaran dan kita bisa dengan mudah mengakses informasi atau berkonsultasi mengenai perawatan rambut yang aman dan tepat. 

Yang paling simple, bisa dimulai dari mengecek produk yang kita pakai. Pastikan mengandung bahan yang melembabkan dan meremajakan rambut kita, seperti moroccan oil, dan vitamin E. Penting juga untuk melindungi rambut kita dari panas hair styling, paparan sinar UV, dengan produk yang mengandung antioksidan.

Dengan perawatan secara rutin dan tepat, bukan mustahil rambut yang mengalami penuaan bisa tetap sehat, lembut, dan berkilau seperti dulu. Kalau menurut kamu, apa nih solusi yang paling tepat untuk rambut yang menua? Share dibawah yaa! Thankyou~ 

You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou