Ternyata Penuaan pada Rambut bisa di mulai dari Usia 20-an!

by - 22.07

 

Sebagai orang awam, pasti kita berpikir kalau penuaan rambut adalah masalah yang sering dan hanya dialami oleh wanita dengan usia dewasa bahkan tua. Namun, kenyataannya proses penuaan pada rambut bisa dimulai jauh lebih awal, yakni pada usia 20-an! 

Ada beberapa faktor penyebab rambut menua di usia 20-an, seperti beberapa hal di bawah ini: 

1. Paparan Lingkungan 

Wanita muda, apalagi yang suka jalan-jalan atau travelling, pasti sering terpapar sinar UV secara berlebihan. Nah, paparan sinar matahari yang terlalu sering ini dapat menyebabkan kerusakan pada struktur rambut kita, seperti kehilangan kelembapan dan kerusakan pigmen rambut. Coba ngaku, pernah ga sih rambut kalian tiba-tiba warnanya berubah kemerahan? Selain sinar UV, paparan polusi udara juga dapat menyebabkan penuaan rambut, seperti rambut rontok dan mudah berketombe. 

2. Kebiasaan Perawatan Rambut yang Tidak Sehat 

Penggunaan alat styling seperti hair dryer, catokan, atau curling iron tanpa heat protection, dapat menyebabkan kerusakan termal pada rambut kita, bahkan pada usia muda loh! Sering mengecat rambut dan menggunakan bahan kimia keras juga dapat mempercepat proses penuaan pada rambut kita. 

3. Gaya Hidup dan Kebiasaan Makan 

Pola makan yang tidak sehat, kurang konsumsi air putih, stress yang berlebihan, kurangnya tidur dan kebiasaan merokok dapat berdampak negatif pada kesehatan rambut kita. Kekurangan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral juga dapat menyebabkan rambut kering, kasar, rapuh, dan rentan terhadap penuaan.

4. Faktor Genetik 

Genetika memainkan peranan penting dalam menentukan kesehatan dan kekuatan rambut seseorang. Jika kita memiliki riwayat keluarga dengan masalah rambut seperti rambut tipis atau kerontokan, kemungkinan besar kita juga akan mudah mengalami proses penuaan rambut. 

Itu dia 4 faktor yang menyebabkan rambut mulai menua di usia 20-an, ada baiknya kita lebih memperhatikan dan mulai aware terhadap kesehatan rambut. Kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi? Kita juga perlu ingat kalau perawatan rambut itu bukan cuma penting untuk penampilan fisik, tapi juga untuk kesehatan rambut kita dalam jangka panjang. 

Cara yang bisa kita lakukan agar rambut yang sudah menua jadi lebih sehat antara lain, melakukan perawatan rambut yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi rambut masing-masing. Selain itu, minimalkan penggunaan alat styling panas (hair dryer, catokan, curling iron), menjaga dan melakukan healthy lifestyle, serta melindungi diri dari paparan sekitar seperti sinar matahari dan polusi. Tidak lupa juga yang paling penting adalah menggunakan hair vitamin secara rutin. Pilih hair vitamin yang mengandung Moroccan Oil, karena bisa melembapkan rambut dan memiliki kandungan antioksidan. 

Kira-kira apalagi ya cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan rambut? Kalau kamu tau cara lainnya, jangan lupa komen dibawah ya, karena sharing is caring~ See u on my next post! 

You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou