[REVIEW] ETUDE HOUSE CONTOURING KIT EYE BROW #2 GRAY BROWN + TUTORIAL ALIS ALA LISA LIM

by - 13.49



"Salah satu brow powder favorit aku dari Etude House, powdernya lembut hampir tidak memiliki fall out, bisa di buildable intensitas warnanya, & multifungsi!"


Hi, balik lagi di postingan per-alisan! Ada yang masih struggle dalam gambar alis? Atau ada yang masih bingung memilih produk alis? Kalau kalian udah lama baca blog aku, pasti tau deh dulu aku sempat suka banget sama pensil alis dari Viva yang legendaris itu. Bisa dibilang dari sekian banyak produk alis, tetep aku tuh baliknya ke pensil alis. 

Entah macam brow pomade, brow tint, brow tattoo, brow apa lah yang sekarang makin unik, tetep sukanya pensil alis. Tapi, kadang aku juga pengen dong nyoba produk alis yang lain, biar skill ngalis itu bertambah. Malu ga sih sama yang bukan mua/beauty blogger, tapi udah jago banget skill ngalis-nya? Haha~

Hari ini, aku mau sharing mini tutorial alis plus produk yang aku gunakan. Ini merupakan salah satu postingan yang banyak di request kalian, mulai dari dm instagram, chat, komen, pokoknya banyak yang penasaran sama alis yang biasanya aku gambar.

Disini aku ga menggunakan pensil alis, karena ya pasti lah dari kalian udah pada pinter pakai pensil alis & bahkan lebih jago dari aku mungkin? Hehe~ Dan perlu diingat, kalau selera alis kalian bisa saja berbeda dengan selera alis aku, jadi yang di share ini berupa tipe alis yang aku suka & sering aku praktekin.


Sebenarnya step by stepnya ga jauh berbeda dengan pensil alis, hanya saja produk yang aku gunakan berupa powder. Kalau kalian pemula, mungkin kalian akan lebih suka pensil alis namun untuk aku yang lumayan bosan dengan pensil alis, rasanya mencoba brow powder ini cukup menarik.

Ada orang yang suka alis berserat nan tipis layaknya alis asli, ada juga yang suka alis tebal tanpa gradasi, & ada juga yang suka alis dengan ketebalan yang bergradasi. Nah, aku sendiri termasuk orang yang suka alis dengan hasil bergradasi.

Kalau lagi niat bikin alis, biasanya hasilnya bagus, dimana gradasinya pas, masih terlihat berserat, lekukannya sesuai dengan bentuk wajah, dan tentunya rapi ga tebal miring sebelah atau naik sebelah. Namun, biuti blogger juga manusia biasa yang kadang gambar alis pun bisa ala kadarnya aja, apalagi kalau buru-buru & males mekapan. Males mekap tapi mau cantik, gimana dong?


Produk alis yang ingin aku review adalah Etude House Contouring Kit Eye Brow shade Gray Brown. Aku membeli produk ini udah lama sih, kalau ga salah mulai dari Etude ngeluarin, aku langsung penasaran pengen coba. Harganya sekitar Rp 120.000,- dan bisa dibeli di beberapa online shop atau e-commerce.


PACKAGING

Ukuran kit nya kurang lebih segenggaman tangan, jadi cukup handy
Hadir dengan box luar kemasan yang tercantum keterangan produk, shade, dan tutorial alis pada bagian belakang box. Karena ada tutorialnya, jadi cukup memudahkan untuk kalian pemula yang belum pernah sama sekali menggunakan brow powder. Kemasannya sendiri berupa compact kit yang sudah dilengkapi cermin, spuli, dan brush aplikator.

Compactnya tebal kokoh, ga ringkih, dan terdapat bunyi klik yang menandakan produk tertutup dengan rapat. Praktis banget sih kalau buat dibawa kemana-kemana, dan enak buat touch up karena semua udah jadi satu dalam kit ini.



Kualitas spuli dan brushnya pun cukup bagus, kokoh, bisa berfungsi dengan baik dan bukan ala kadarnya. Untuk brushnya dia dual ended ya, terdapat angled brush dan powder brush. Angled brushnya pun pas untuk alis, cukup padat, bulunya ga terlalu tebal, dan lumayan tipis untuk bikin bingkai alis.

Kadang, aku juga pakai Armando Caruso 312 Duo Brow Brush buat bikin alis & hasilnya kurang lebih aja sama pakai brush bawaan Etude ini. Cerminnya juga pas ga terlalu kecil atau terlalu besar. 


Ada 2 shade dalam seri contouring kit ini yaitu #1 Natural Brown dan #2 Gray Brown. Berhubung aku liat yang Natural Brown itu kurang cocok dengan kulit & warna rambutku, jadinya aku pilih yang shade Gray Brown. Di dalamnya, tersedia 1 wax, 2 brow powder, dan 1 highlighter.

Waxnya sendiri berwarna coklat, yang mana jarang ditemukan pada wax eyebrow powder lainnya. Keseringan aku liat wax itu warnanya putih/transparan, makanya pas tau Etude ini punya wax coklat, aku langsung excited. Disamping itu, aku juga mau belajar pakai brow pomade sih, jadinya wax coklat ini cukup membantu aku membayangkan selayaknya pakai brow pomade, ngerti ga maksudnya?

Walaupun brow pomade lebih creamy lagi, tapi ga ada salahnya kan latihan dulu pakai ini? Sok ide memang, tapi gara-gara produk ini, aku malah ga kepengen lagi pakai brow pomade, sesuka itu soalnya hehe~


TEXTURE WAX, POWDER, HIGHLIGHTER

Brow swatches
Untuk waxnya sendiri, teksturnya berupa balm padat yang tidak terlalu creamy namun tidak terlalu keras juga. Warnanya coklat tua dengan hint kehitaman. Jatuhnya di alis pas, ga terlalu tebal maupun terlalu tipis, gampang buat di pick up & di aplikasikan. Ketika digunakan langsung set, dan bukan tipe yang masih basah atau perlu nunggu dulu biar agak keringan.

Karena warnanya coklat, jadi saat menggunakannya harus lebih hati-hati ya karena kalau tangan kita gemetaran atau miring, pasti hasilnya jadi ga rapi juga, berbeda dengan wax yang transparan kalau masih miring ga begitu keliatan di alis. Aku sendiri sih lebih suka wax yang coklat gini ya, karena lebih jelas aja ngeliat bentukan bingkai alis & bikin warna alis lebih intens. Kalau wax transparan, mungkin hasilnya bisa lebih natural but aku lebih suka yang sedikit tebal karena alis asli ku memang tipis.

Kalau kalian mau pakai powder aja juga boleh kok, cuma aku memang suka pakai wax nya dulu baru timpa powder, kecuali alis kalian udah tebal, ga pakai wax pun ga masalah. Wax ini fungsinya biar si powdernya lebih nempel ke alis, semacam base atau lemnya gitu, jadi hasilnya lebih tahan lama & ga mudah pudar.


Untuk powdernya dia ada 2 warna, yaitu yang light & dark. Warna lightnya cenderung natural, seperti warna coklat muda dengan hint keabuan, jatuhnya kayak warna taupe. Selain itu, warna light ini juga bisa digunakan untuk shading hidung, dan waktu aku coba warnanya memang pas banget, ga terlalu tua atau terlalu orange, jadinya cukup multifungsi.

Left: Before | Right: Nose shading with light color
Sedangkan warna darknya, cenderung abu-abu gelap dengan hint kehitaman. Warna ini memang cocok untuk alis aja sih, karena memang udah gelap duluan, tapi ga nutup kemungkinan bisa dijadikan sebagai eyeshadow. Yang aku suka dari kedua powder ini adalah teksturnya yang halus dan lembut banget, beda dari eyebrow powder lainnya.

Ketika digunakan hampir ga ada fall out, bahagia ga sih lu? Pigmentasinya pas untuk eyebrow, karena memang eyebrow tidak seperti eyeshadow. Perpaduan kedua warna ini juga menghasilkan gradasi yang soft di alis.


Kekurangannya menurut aku ada di highlighternya yang kurang pigmented. Warnanya cakep sih, cenderung silver dengan hint gold shimmery. Shimmernya cukup halus & tipikal yang diratakan tidak begitu terlihat. Berbeda dengan powdernya yang halus, highlighter ini justru agak patchy & banyak fall out.

Hasilnya terlihat seperti tidak menggunakan highlighter, untuk kalian yang suka natural mungkin akan sesuai dengan ekspektasi, but aku sendiri ga begitu suka dengan highlighternya. Walaupun hanya untuk highlight alis, aku tetap suka highlighter yang lebih keliatan, jadi kadang highlighter ini jarang aku colek.

Sebagai gantinya, aku pakai eyeshadow warna serupa biar lebih blending & kelihatan. Bdw, highlighter Korea memang ga se-pigmented kaya Western ya, jadi ya sesuai lah dengan trend Korea yang lebih ke natural no-makeup look.


STAYING POWER

Using Etude House Contouring Kit Eye Brow
Etude Contouring Brow Kit ini cukup tahan lama di alis, kalau ga sengaja kesenggol tangan atau ke kucek, ga langsung hilang. Aku gunakan selama 6 jam masih stay dengan baik di alis, sedangkan kalau udah 8 - 9 jam brow powdernya kayak mulai pudar, wax nya juga kurang presisi dan perlu touch up lagi.

Left: No nose shading | Right: Use Etude Contouring Kit as nose shading
Kalau soal waterproof, wax nya cukup waterproof, sedangkan powdernya tidak waterproof, kalau kena keringat powdernya masih bisa luntur. That's why, produk ini memang cocok untuk dikombinasikan antara wax sama powdernya biar saling melengkapi.

                  Review Apieu Nature Easy Brow Pencil
                  Review Maybelline Fashion Brow Duo Shaper
                  SASC Effortless Brow Definer X Titan Tyra


TUTORIAL ALIS ALA LISA LIM 

 
  1. Sisir alis dengan spuli dan perhatikan alis kalian. Bila ada rambut-rambut alis yang keluar dari bentuk dasar alis, bisa di rapikan dengan brow razor terlebih dahulu.
  2. Gunakan brow razor dengan mengikuti alur atau bentukan dasar alis. Jika bentuk dasar alis sudah terlihat, maka kita bisa lebih mudah menggambar alis.
  3. Bingkai alis bagian atas terlebih dahulu dengan menggunakan wax berwarna coklat.
  4. Lanjutkan dengan membingkai alis bagian bawah, dimana harus lebih panjang dari bagian atas untuk menentukan sudut kemiringan alis.
  5. Sambungkan alis bagian atas & bawah yang sudah dibingkai dengan menarik garis miring tidak lebih dari sudut 60°, kemiringan sudut alis bisa tergantung selera & bentuk alis masing-masing. 
  6. Isi bagian dalam ujung alis yang sudah dibingkai dengan menggunakan wax berwarna coklat secara tipis-tipis. Dari bagian tengah alis ke belakang aku anggap ujung alis, sedangkan dari bagian tengah alis ke depan aku anggap pangkal alis.
  7. Teknik mengisinya cukup diarsir pelan-pelan ya, tidak usah terlalu ditekan. Khusus bagian dalam pangkal alis, bisa dibiarkan kosong tanpa menggunakan wax. Bila ingin di isi dengan wax coklat juga, usahakan untuk mengarsir lebih tipis daripada bagian dalam ujung alis. Fungsinya untuk menciptakan gradasi warna alis agar lebih natural.
  8. Isi kembali bagian dalam ujung alis yang sudah di beri wax dengan menggunakan powder yang warnanya lebih gelap yaitu dark. 
  9. Isi juga bagian dalam pangkal alis dengan menggunakan powder yang warnanya lebih muda yaitu light. 
  10. Sikat alis yang sudah di gambar dengan menggunakan spuli untuk hasil yang lebih blending. Cukup di sikat pelan saja, tidak usah terlalu di tekan.  
  11. Rapikan dengan concealer bila bentuk alis yang sudah di gambar kurang precise atau ada wax & powder yang keluar dari bingkai alis. Untuk merapikan alis dengan concealer, aku paling suka pakai Detailer Brush dari Real Techniques. 
  12. Taraaa~ You have done with beautifully eyebrow ala Lisa Lim :)  

Left: Sebelum di rapikan dengan concealer | Right: Setelah di rapikan dengan concealer

CONCLUSION

Done eyebrow & nose shading with Etude House Contouring Kit Gray Brown
Overall, aku cukup suka dengan Etude Contouring Brow Kit ini karena powdernya halus, soft, dan ga fall out. Waxnya juga nyaman banget digunain karena teksturnya ga terlalu creamy jadi cukup mudah buat pemula.

Kalau kalian cari produk alis yang super tahan lama, aku ga terlalu rekomen Etude ini, karena memang lebih tahan brow pomade ya, seharian pun ga hilang di alis. But, kalau kalian cari produk alis yang natural, cocok untuk hangout atau daily, dan bisa di buildable tebal tipisnya, Etude Contouring Kit Eye Brow ini layak di coba.


Like:
1. Multifungsi, bisa untuk shading hidung
2. Brush aplikator & spulinya bisa diandalkan, berfungsi dengan baik
3. Tekstur wax nya pas, gampang digunakan untuk newbie
4. Brow powdernya lembut, ga mudah fall out
5. Warnanya cakep di alis, sesuai dengan skintone Indonesia
6. Travel friendly & praktis karena all-in-one

Dislike:
1. Highlighternya patchy & kurang pigmented

My rating: 8.5/10


Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Lisa Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com

Disclaimer: This posting is my personal opinion and not sponsored, I bought it with my own money and purely want to share with you. Results can be different for each individual, depending on skin type and condition. Thankyou for reading, hope it helps :) 


You May Also Like

26 komentar

  1. Wah menarik banget, aku selama ini kalo ngalis selalu pake pensil, tapi udah lama pengen cobain pake brush gitu. Kayaknya lebih bisa ngatur pigmentasinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayukk cobain, iya bisa lebih di kira-kira gtu pas gambar alisnya :D

      Bdw, thankyou ud mampir:)

      Hapus
  2. Wah, aku belum pernah pakai contouring kit eye brow dari dari etude house ini. Sepertinya recomended karena multifungsi banget. Untuk shadingnya kelihatan jelas di foto antara before-afternya.

    BalasHapus
  3. kalau soal praktis, aku suka yang eyebrow kit kaya gini. cuman kalau untuk ketahanan enggak . huhu tapi etude ini ada highliter nya, huwaaa keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang kurang tahan lama ya, seandainya ada brow powder yang formulanya seperti brow pomade hehe

      Hapus
  4. Hobby tiap pagi nih sebelum bernagkat kerja. Hehehe
    Tapi biasanya aku bikin 'bingkai'nya pake pensil alis, baru diisi dan dirapiin pake eyebrow kit.
    Biasanya sebelum beli eyebrow kit itu yang aku liat itu brush nya dulu. Ini eyebrow kit dari etude kayanya harus di cobain deh. Brushnya cakep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sering bikin bingkai pakai pensil alis dulu, tergantung mood sih hehe

      Brushnya bagus kualitasnya, aku kira b aja, eh tenyata kualitasnya emg bagus, ga nyesel belinya hehe

      Hapus
  5. mantap nih warnanya natural & bisa dicoba bagi yang biasanya pake riasan untuk alis.

    BalasHapus
  6. kemasannya ucul banget ya ce. kek nya aku mau beli produknya deh, karena aku masih kesulitan untuk membikin alis yang kece

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pemula bisa banget cobain ini, udh lengkap soalnya ada cermin, brush, wax, sama powdernya, dan pastinya enak banget dibawa bepergian :D

      Hapus
  7. Aku suka deh hasil alisnya lisa kek orang korea gitu gak lebay. Sayangnya aku susah banget niruin karena alisku tebel banget. Susah di bentuk karena lebih hitam dr warna eyebrow kit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sa aja mba ruli euy wkwk
      Kalau alis udah tebal, kayaknya ga usah pakai alis juga cakep mba hihi

      Hapus
  8. astagaah, ini kayanya postingan harus aku bookmark.
    soalnya sampai sekarang belom bisa alisan.
    kata temen sih, alisku bagus tapi akunya gak bisa ngalis huhuuu

    buat yg suka ngalis kayanya ahrus coba sih eyebrow kit ini.
    Lengkap, senjata tempurnya udah satu paket :D


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udh bagus alisnya tinggal di bentuk sama di kasih powder aja jg cakep :D

      Hapus
  9. Ngomongin gambar alis aku kesel karena sampai sekarang belum bisa gambar alis huhu kayaknya perlu latihan. Btw, aku suka banget liat model gambar alisnya kek yang dibikin ka lisa. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sering-sering latihan aja, karena akupun bisanya juga karena sering latihan ntar tangan terbiasa gitu deh :D

      Hapus
  10. Jujur dengan sejujurnya, aku paling gak bisa buat alis mbak. haha. Entah kenapa kalo buat alis pasti lain sebelah. wkkk.
    Thanks lo mba tutorialnya. Jadi aku punya referensi buat blajar ngeggambar alis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku jg lain sebelah, kadang tebal sbelah, kdang naik sebelah wkwk Cuma intinya sering latihan aja, biar ntr tau titik alis kita bagusnya dimana & ntar mahir dgn sndirinya :D

      Hapus
  11. Aku juga ada produk alis yang powder gini tapi dari wardah. Yang kusuka dari produk begini hasilnya lebih natural tapi jeleknya dia gampang hilang juga. Trus habisnya lama banget juga. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku blm coba yg Wardah, tp Wardah itu ga ada wax nya klo g slah hehe

      Ku jg suka karena lama habisnya jadi hemat hehe

      Hapus
  12. Kalo masalah alis nisa paling suka liat orang kalo pakai alis, entah bentuk dan warnya seperti apa nisa ttp suka. Tapi nisa pernah coba bikin alis eh tiba tiba alis nya segede jempol. Kan udah tebal dan hitam jadi bingung mau coret dimana lagi pensil alis nya huhu.

    eyebrow kit ini solusi buat yang mau belajar bikin alis ya ce. Syukaaa model alis nya ce

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku bkin alis kaya shinchan juga, cuma lama-kelamaan udh bisa rapi, yg pnting sering di latih aja tiap hari gambar alis hehe :)

      Hapus
  13. Yang kayak begini memang gampang banget sih buat bikin alis, aku punya yang begini dr brand lain, sempat pake 2x dan setelahnya lupa naruh dimana :( *malah curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ntah kenapa skrg aku lebih suka pakai yg bginian rim, asalkan brushnya presisi bikin alis justru lebih rapi pakai ini nurut aku, di banding pkai pensil alis yg biasa hehe

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou