[REVIEW] BATTLE 2 LIPCREAM LOKAL FAVORIT DARI MAKE OVER INTENSE MATTE LIP CREAM 015 COQUETTE VS WARDAH EXCLUSIVE MATTE LIP CREAM 18 SATURDATE NIGHT

by - 17.32



"2 Lipcream dari brand lokal ini sukses menjadi favorit aku untuk sehari-hari maupun acara formal, yang satu dari Make Over dan satunya lagi dari Wardah"

Ngomongin pergincuan kayaknya memang ga abis-abis! Antara bosan dan candu juga sih sebenarnya, di satu sisi bosan sama brand-brand yang ngeluarin produk lipstick terus, dan di satu sisi lagi nyandu pengen icip-icip & main-main sama warna baru. Kalian suka gincu kan? Kalo ga suka, ga mungkin mampir ke postingan ini haha~

Sisi samping kemasan produk
Hari ini, aku mau bahas salah dua liquid lipstick matte lokal yang paling sering di rave dan di idolakan banyak netizen, yaitu Make Over Intense Matte Lip Cream dan Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Kedua brand ini memang kakak adik, namun ada yang membedakan dari keduanya. Ada yang bilang, Make Over ini merupakan Best Liquid Lipstick Lokal, sedangkan Wardah merupakan Best Affordable Liquid Lipstick Lokal. Semacam punya kelebihan masing-masing sih ya, daripada bingung makanya aku putusin buat bikin battlenya aja hehe

Ingredientsnya bisa kita lihat pada box belakang kemasan
Yang sering nonton youtube beauty vlogger, pasti sering deh menemui 2 brand lokal ini yang selalu masuk nominasi atau rekomendasi liquid lipstick dari brand lokal hehe~ Yang Make Over aku beli di counter Matahari, sedangkan yang Wardah aku dapat dari event Wardah tahun lalu. Yep, udah setahun nih aku pakai dan aku coba keduanya, jadi udah cukup bisa merasakan dan membedakan antar keduanya.


Make Over: Long Last & Lightweight (6.5g)
Price: Rp 105.000,-
 
   
Wardah: Velvet Matte with Color Binding Pigments & Enriched Vitamin E
               Soft Matte Intense Luxurious Finish (4g)
               Price: Rp 62.000,-


Kemasannya berupa semi akrilik yang cukup terlihat elegan :)
Packaging, untuk yang Make Over dia datang dengan tube segiempat transparan dengan tutup hitam bertuliskan Make Over yang memiliki aplikator doe-foot. Sedangkan yang Wardah, datang dengan tube bulat transparan dengan tutup silver metallic yang mirip dengan kemasan ultra matte lipnya colourpop.

Untuk aplikator, yang Wardah juga berupa doe-foot dengan ujung yang agak meruncing miring. Karena sama-sama transparan, jadi dari luar kita sudah bisa melihat warnanya & ga bingung kalau lagi cari atau pilih-pilih lipstick.

Tanpak belakang kemasan tube
Yang mebedakan adalah putaran ketika membuka produk ini, kalau yang Wardah dia ulirnya pas dibawah tutupnya, sedangkan yang Make Over ulirnya berada dibagian atas tutupnya, tapi ini sama aja sih ga mempengaruhi kenyamanan atau kepraktisan penggunaan produk.

Selain itu, Wardah hadir dengan body yang lebih tinggi daripada Make Over. Kalau untuk dibawa-bawa sih, kurang lebih aja keduanya, ga ada yang lebih simple, lebar tubenya pun juga sama, hanya beda di tinggi kemasan aja.


Left: Aplikator Make Over | Right: Aplikator Wardah
Dari segi aplikator, keduanya sama-sama bisa menjangkau bagian sudut bibir dengan mudah, namun aplikator kepunyaan Wardah rasanya sedikit lebih panjang daripada Make Over, sehingga yang Wardah terasa lebih pas untuk sudut bibir, sedangkan yang Make Over kurang pas untuk sudut bibir namun pas untuk bagian tengah bibir.

Karena aplikator Wardah lebih panjang, jadinya jarak antara tangan sewaktu pengaplikasian ke bibir cukup jauh sehingga kurang seimbang. Ujung aplikatornya sedikit lebih lembut punya Make Over dibanding Wardah, but ini ga memengaruhi banyak juga dalam hal kenyamanan sewaktu pengaplikasian.  

Lip Swatches
Wangi kedua lip cream ini cukup mirip, untuk Make Over tercium seperti aroma vanila tawar. Sedangkan wangi Wardah, sama aroma vanila juga namun lebih ke vanila yang sedikit manis. Dari segi tekstur, yang Wardah terasa lebih ringan daripada Make Over. Yang Make Over berupa cream mousse yang cukup thick & padat.

Sedangkan Wardah teksturnya berupa cream mousse yang lebih kental & creamy. Kalau di ulas dibibir, terasa banget yang Make Over itu lebih tebal, dan yang Wardah lebih tipis dibibir. Tapi disamping itu, yang Make Over terasa sedikit lebih melembabkan dibibir daripada Wardah.



Untuk kenyamanan, yang Make Over masih terasa melapisi dibibir saat pertama kali diaplikasikan, sedangkan Wardah tidak terasa melapisi bibir. But, kalau udah set keduanya sama-sama ringan, ga lengket & ga berat dibibir. Kecepatan set dibibirnya, jauh lebih cepat si Wardah dari Make Over.

Dia begitu diaplikasikan ga berapa lama langsung set tapi kita masih ada waktu kok buat ngeratain lipsticknya tadi, sedangkan si Make Over perlu nunggu sekitar 3 menitan sampai benar-benar stay matte dibibir. Selain itu, pas digunakan yang Wardah benar-benar ringan tanpa kerasa pakai lipstick, sedangkan yang Make Over sama ringan juga, namun masih sedikit terasa kalau pakai lipstick.



Pas aku coba katupkan kedua bibir atas bawah, baik yang Wardah maupun Make Over sama-sama ga  menggumpal atau saling tarik-menarik, tapi bener-bener set matte & ga geser dibibir. Finishnya sama-sama soft matte, namun yang Make Over terlihat lebih glossy dibandingkan Wardah. Yang Make Over dia masih sedikit kelihatan garis bibir, sedangkan yang Wardah cukup tersamarkan. But, keduanya sama-sama ga bikin kering di bibir & tidak semakin narik garis bibir kedalam.

Make Over Intense Matte Lip Cream 015 Coquette
Shade Make Over yang aku punya yaitu 015 Coquette, dimana shade ini termasuk nude color dan kalau dibibir jatuhnya kaya MLBB. Warnanya pink pastel dengan hint peach yang bercampur soft mauve. Dari sekian banyak pilihan warna nudenya Make Over lip cream, aku paling suka dengan warna ini. Dibibir warnanya masih masuk & ga pucat walaupun tanpa make-up. Cocok untuk medium to dark skintone. Karena warnanya kalem, shade ini pas banget buat menetralkan smokey eye atau heavy make-up.

Wardah Exclusive Matte Lip Crem 18 Saturdate Night
Sedangkan Wardah, shade yang aku punya yaitu 18 Saturdate Night, dimana shade ini tidak termasuk nude color tetapi medium to dark color. Yang membuat aku sedikit terkecoh adalah dari tube kemasan terlihat shade 18 ini masih kalem, namun pas dibuka ternyata warnanya tidak sekalem tubenya. Bisa dibilang perpaduan warna burgundy dengan hint fuchsia bercampur mauve, ala-ala cranberry maroon gitu.

Dibibir aku warnanya masih bisa match bila tanpa menggunakan make-up, sedangkan bila menggunakan make-up, jatuhnya seperti barbie doll atau valentine look. Bila digabung dengan smokey eye atau heavy make-up, aku rasa warna ini masih bisa masuk karena warna mediumnya masih terlihat, bukan yang gonjreng atau neon. Cocok untuk light, medium to dark skintone.



Dari kedua warna ini, aku suka semuanya dan kalau disuruh milih aku ga bisa karena memang di satu sisi aku suka warna nude, dan di satu sisi aku juga suka warna burgundy macam Wardah ini. Pigmentasinya sama-sama full cover, mampu menutup warna bibir gelap dalam 1x ulas. Saat di timpa 2 layer, hasilnya masih bagus dibibir & ga crack, even aku ga scrub bibir atau pakai lip balm dulu.

                  Review Pixy Matte In Love Lipstick
                  Review Justmiss Ultimatte Lip Cream
                  Review Purbasari Matte Lipstick


Ketahanan kedua lipstick ini sama, kalau ga dibawa makan atau minum ya bisa awet selama kamu ga makan minum wkwk~ Dibawa minum ga transfer di gelas & keduanya sama-sama kissproof. But, untuk yang Make Over kissproofnya masih belum sempurna kaya Wardah karena masih ada nempel sedikit warnanya di tangan, kaya samar-samar gitu.

Saat dibawa makan ringan, kedua lipstick ini masih ninggalin stain warna tipis dibibir, tapi kalau udah di bawa makan besar kaya minyakan otomatis warnanya hilang dan yang tersisa hanya warna yang ada di pinggir sudut bibir.


Yang aku suka dari kedua lipstick ini adalah saat di touch up dia ga perlu di hapus dulu basenya, tapi bisa langsung di aplikasikan lagi, jadi bener-bener praktis dan ga ribet. Pas di re-apply, formulanya pun ga berubah, ga ngerusak base warna sebelumnya, tapi kaya nyatu dari awal lagi. Ga ada gumpal, lengket, atau mengelupas. Selain itu, kedua lipstick ini juga sama-sama waterproof, kena air ga bleber dan tetap stay.

Using Make Over Intense Matte Lip Cream 015 Coquette

Using Wardah Exclusive Matte Lip Cream 18 Saturdate Night
Overall, dari kedua lipstick ini menurut aku sama bagusnya. Perbedaan jelasnya cuma di tekstur,yang Make Over lebih padat, sedangkan Wardah lebih kental. Yang lainnya nurut aku kurang lebih aja & masih bisa disesuaikan. Tapi, kalau disuruh milih mungkin aku bakal repurchase yang Wardah karena dia lebih ringan & pastinya karena lebih terjangkau dibandingkan Make Over. 

My Rating: [Make Over: 4.0] [Wardah: 4.1] out of 5.0


Sekian review battle hari ini ya, semoga cukup bisa memberikan pencerahan buat kalian yang mau pilih salah satu dari kedua lipstick ini. Thankyou for reading & see you on my next post!


Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Lisa Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com

Disclaimer: This posting is my personal opinion and not sponsored, I purely want to share with you. Results can be different for each individual, depending on skin type and condition, don't make a benchmark only according to one review.

You May Also Like

21 komentar

  1. Wah aku belum pernah cobain dua-duanya nih. Kalo dari Wardah cuma punya yang Instamatte and it's a good one!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yang instamatte aku blm pernah coba, tapi kalau ngeliat formula wardah yang ini sih kayaknya tertarik buat coba hehe :)

      Hapus
  2. Aku suka banget sama make over intense matte lip. Aku juga pakai ini tapi beda warna sih. Dan pas traveling worth it banget pake ini. Nggak bikin bibir pecah-pecah dan ringan banget. Tapi kalau wardah matte cream biasanya bikin bibir aku pecah-pecah :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, di aku wardah ga pecah-pecah sih, asal bersihinnya harus bersih pakai lip remover itu hehe :)

      Hapus
  3. Udh pernah nyoba dua-duanya tapi emang lebih suka sama yg Wardah ini soalnya ringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yg wardah lebih ringann kann hehe

      Hapus
  4. Kalo yang makeover intense matte lip sih belum pernah coba. Kalo yang wardah matte nya udah pernah coba sih. kalo jujur sih, aku suka yang wardahnya mba.

    https://www.bundaisty.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan ya, aku jg lebih suka wardah hehe

      Hapus
  5. Aku baruu aja kepo sama si make over. Pengen belii tapi pas liat review lisa agak bingung niih. Bener2 bikin bibir brs tebal kaah. Soalnya bibir aku dah tebal jg jd galau. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bikin tebal sih mba, kaya terasa melapisi dibibir.. tapi ga bikin yang tebal dower gitu kok ahaha

      Hapus
  6. Yang wardah itu warnanya emang agak beda ya sama kemasannya. Hehe. Aku belum pernah nih makai lipstik make over yang lipcream tapi banyak yang bilang bagus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya agak beda klihatannya hehe Karena banyak yg blg bagus aku jadi cobain mba hehe

      Hapus
  7. Nisa tim kedua ini lipcream. Tapi beda shade sih kalo di nomer 18 dibibir nisa rada mencolok gitu. Jadi lebih suka shade yang lain huhu. Kalo make over emang benar benar love it. Cakep banget di bibir nyaaaaaaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shade lainnya juga bagus-baguss sih, kbetulan dapetnya yg nomer 18 hehe Iya cakep yg make over :)

      Hapus
  8. Kalau aku dari kedua produk ini, kali di bibir aku lebih nyaman si wardah sih daripada makeover kalo make over sedikit membuat bibir aku kering sih tapi si wardah ga sukanya sedikit membuat bibir aku menggelap, kalo make over ga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, lebih enak yg wardah di bibir hehe Di aku untungnya si wardah ga menggelap sih, asalkan rutin bersihin pake lip remover rim hehe

      Hapus
  9. Aku baru beberapa bulan ini mencoba pake make over dan ku sukaaa banget.
    Kalo wardah aku angkat tangan banget soalnya bibirku jadi kering dan mengelupas :(


    salam,
    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kering banget enak pakai lipbalm dulu atau pakai scrub hehe

      Hapus
  10. Jenis2 shade yang cuma cocok si kulit putih ini ya, hihi. Aku pernah pakai wardah saturdate tapi kayanya aku lebih cocok sama warna2 coral

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sendiri lebih ke kuning sih mba, tp warnanya memang kebetulan masuk .. hehe

      Hapus
  11. Kayaknya di ombre cantik deh mba 😍, btw dua duanya cocok di mba 😍

    BalasHapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou