>> [REVIEW] EMINA SUN PROTECTOR SPF30 PA+++ (SUNSCREEN BAGUS UNTUK KULIT BERMINYAK DARI BRAND LOKAL)

by - 22.33





Haii semua, balik lagi dengan Carolline. Hari ini aku akan mereview produk lokal yang satu perusahaan dengan Wardah & Make Over yaitu Emina. Kalau di lihat-lihat Emina ini lebih di tujukan untuk segmen remaja/abg yang baru mau belajar dandan, dimana mereka lebih membutuhkan look yang natural dan simple. Selain itu, di usia remaja biasanya aktifitas paling padat-padatnya itu adalah di luar ruangan which is mereka lebih sering terpapar sinar matahari. Nah, untuk mengurangi dampak buruk sinar matahari, kita wajib banget butuh yang namanya sunscreen. Udah tau kan pentingnya sunscreen? Kalau belum, kalian bisa baca postingan aku sebelumnya disini.


Di usia remaja biasanya produksi hormon dalam tubuh meningkat & belum seimbang, dimana kulit kita biasanya cenderung memproduksi minyak berlebih, alhasil wajah di usia remaja pun sering bermasalah dengan yang namanya jerawat. Nah, jerawat ini semakin parah bila kita tidak menggunakan sunscreen secara rutin. Sebagai pemilik kulit berminyak & acne prone tentu kita harus selektif dalam memilih jenis sunscreen, jangan sampai sunscreen yang kita pilih malah justru meninggalkan rasa lengket dan memicu jerawat baru.
Akhir-akhir ini aku sedang menggunakan sunscreen dari Emina, awalnya sih sempet maju mundur juga mau membeli ini, walaupun murah aku agak skeptis dengan ingredientsnya yang mengandung Ethanol di komposisi utama ke 2nya, dimana aku berusaha banget menghindari skincare yang ada alcoholnya, karena alcohol itu cenderung membuat kulit ku kering, dan bisa memicu kulit iritasi bila digunakan oleh si pemilik kulit sensitif, but karena banyak baca review positif dari pengguna Emina ini, ya udah aku memutuskan untuk mencobanya juga.

Aku pun sempat ragu sih, karena biasanya sunscreen dari produk lokal yang pernah aku coba itu ga ada yang bagus, dalam artian ya sering lengket, greasy, dan memicu jerawat baru. Ternyata, pas aku coba si Emina ini beda, dia sama sekali ga yang kaya aku bayangkan.



Packagingnya, emina ini di balut dengan tube berukuran sedang dengan kombinasi warna putih dan orange. Semua beauty blogger pasti setuju kalau kemasannya terkesan cute dan girly. Tutupnya pun praktis banget dengan fliptop. Aku selalu suka packaging dengan tutup fliptop, karena lebih mudah aja dan ga ribet. Ketika di buka, di dalamnya masih ada segel untuk menandakan bahwa produk benar-benar fresh, karena memang sun protector ini tidak di lengkapi box luar.




Teksturnya, cenderung runny sehingga terasa ringan seperti lotion. Warna creamnya pun seperti ivory yaitu putih ke krem-krem kuning, kalau di foto mungkin tidak terlalu kelihatan ya, tapi warna aslinya memang begitu. Wanginya pun segar, tercium seperti perpaduan antara aroma vanilla dan pandan.



Emina ini ringan banget ketika digunakan, sehingga aku sampe lupa kadang bahwa aku sedang pake sunscreen. Emina ini termasuk jenis chemical sunscreen ya, yang mana tipe sunscreen ini menyerap sinar matahari dan mengubahnya jadi energi panas. Lalu, energi panas itu akan dilepaskan lewat permukaan kulit, berbeda dengan physical sunscreen yang lebih memantulkan cahaya matahari pada permukaan kulit.




Sunscreen ini pas di gunakan terasa sejuk dan dingin di kulit, mungkin karena mengandung Ethanol tadi kali ya, yang bisa memberikan sensasi dingin dan cepat menyerap di wajah. Makanya, ga jarang si pemilik kulit berminyak biasanya suka dengan efek ini. Emina ini juga memiliki SPF 30 PA+++, yang mana cukup banget buat ngelindungin kulit dari sinar UV. 



Hasilnya di wajah cepat meresap, tidak lengket, dan tidak berminyak. Cukup melembabkan, tidak mengkilap dan terlihat seperti kulit asli. Yang aku suka banget, sunscreen ini ketika di pakai tidak menimbulkan whitecast sama sekali, kalo sekilas seperti tidak menggunakan apa-apa.



Sayangnya, sunscreen ini masih mengandung fragrance, dimana kalian yang kulitnya sensitif terhadap wewangian, aku sarankan untuk tidak mencoba produk ini langsung atau jika memang ingin sekali mencobanya, kalian bisa melakukan tes sensitifitas dulu, karena tidak hanya ada kandungan fragrance ya, tapi Emina ini juga mengandung alcohol. Selain itu, Emina ini pas di gunakan juga agak perih bila terkena mata atau saat kita tidak hati-hati menggunakannya.


Setelah penggunaan selama 1 minggu, aku merasa kulit ku baik-baik saja, tidak ada masalah baru seperti jerawat dan komedo yang biasanya sering ku temui dalam sunscreen berproduk lokal. Menurut aku sunscreen ini cocok banget buat kalian yang kulitnya berminyak, dia bener-bener cepet nyerap, ga bikin jerawat & ga bikin breakout. 


Tetapi, setelah minggu ke 2, aku merasa kulit ku seperti muncul jerawat kecil-kecil berisi sebum, kalau orang bilang sih bruntusan ya. Aku yakin bruntusan ini di sebabkan oleh penggunaan si Emina, karena sebelumnya kulitku memang ga bruntusan pas belum menggunakan si Emina dan aku pun ga ada ubah juga skincare routine aku. Ga parah sih memang, paling kalau di bawa cuci muka atau eksfoliasi bakalan hilang sekejap, cuma ya aku ga suka aja kalau kulit harus pake bruntusan segala. 

Menurut aku bruntusan ini mungkin disebabkan oleh kandungan Ethanolnya tadi yang berasa banget pas di pake itu masuk ke lapisan kulit terdalam, secara kan dia langsung cepat banget nyerapnya ke wajah, dan setelah nyerap itu wajah kaya berasa hangat gitu pas aku coba pegang, nah mungkin ini tanda chemical sunscreen sedang bekerja, dimana jenis sunscreen ini akan menyerap lalu mengubahnya menjadi energi panas yang muncul ke permukaan kulit. 


Tips dari aku, kalau kalian mau pake si Emina ini, jangan lupa oleskan pelembab dulu, biar kulitnya ga kering dan bruntusan kaya aku. Karena, aku pernah test hanya menggunakan emina ini dan ternyata pas di timpa make up itu kulit ku kaya kelihatan dry patches, kaya ga nempel gitu foundationnya, kecuali foundation kalian sudah mengandung hydrating. Sebaliknya bila aku gunakan pelembab dulu hasilnya jadi bagus kaya balance gitu, make up jadi jauh lebih bagus dan nempel. Makanya aku recommend banget sunscreen ini buat kalian yang kulitnya berminyak parah.

Sun protector ini aku beli di toko kosmetik dengan harga 25.000, which is very-very affordable mengingat isi produk ini lumayan banyak yaitu 60ml yang cukup untuk penggunaan sehari-hari selama 2 bulanan.


Overall, aku cukup suka dengan sunscreen ini bila hanya untuk penggunaan sesekali atau sedang buru-buru karena dia cepat menyerap. Sedangkan untuk penggunaan setiap hari aku kurang suka, karena dia cenderung menimbulkan bruntusan di kulitku, dan kadang membuat kulitku kering bila tidak menggunakan pelembab terlebih dahulu, soalnya tipe kulit ku ini berminyak, tapi tidak yang berminyak parah.



Like:
1. Affordable price
2. Tidak membuat breakout
3. Tidak menimbulkan whitecast
4. Emollient & Aloe vera exctract
5. SPF 30 PA++ cocok untuk daily
6. Tidak lengket, tidak berminyak, cepat meresap
7. Comfortable in use
8. Paraben free
9. Travel friendly
 
Dislike:
1. Mengandung alcohol, fragrance
2. Memicu kulit jadi sensitif & bruntusan
3. Agak perih bila terkena mata & tidak hati-hati menggunakannya

Rate 3.5/5.0
 
Repurchase? No, karena aku menghindari skincare dengan kandungan alcohol sebagai kandungan utamanya.


Okay ladies, sekian review aku hari ini, semoga cukup membantu kalian yang ingin mencoba si Emina ini. Review ini aku tulis berdasarkan pengalaman pribadi, dan hasil setiap individu bisa berbeda-beda. Jadi untuk kalian yang jenis dan kondisi kulitnya sama dengan aku mungkin ini bisa jadi option buat kalian. Thankyou for reading, jika ada pendapat lain, komen di bawah ya, biar aku tau produk ini di kulit kalian seperti apa :D
See you on my next post <3



Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com

You May Also Like

97 komentar

  1. Aku sih suka kak sama produk emina, cute" bentuknya.. Aku juga jerawatan bruntusan kaya gitu pas pake emina. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, thankyou ud mampir ^^ Iya emina packagingnya cute, cuma sayang ada beberapa produk emina yang kurang aku suka hahaa :)

      Hapus
    2. Aku cocok pake emina kk jdi bikin cerah n lembab

      Hapus
  2. Eminanya di jual di toko2 mana biasanya? Soalnya susah di dpat disni 😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hii, biasa di toko-toko kosmetik sekitar ada kok, memang kamu tinggal di daerah mana? Atau kalau susah, kamu bisa pesan online aja di sociolla.com hehe

      Bdw, thankyou ud mampir :)

      Hapus
  3. Enakan mana sama skin aqua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, aku lebih suka skin aqua ya :)

      bdw, thankyou ud mampir ^^

      Hapus
    2. Kak, suka skin aqua yg mana??

      Hapus
    3. Hi, semua sunscreennya skin aqua suka-suka aja sih hehe :)

      Hapus
  4. Berarti kulit kering gak cocok ya pake ini ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hii Indah, aku kurang recommend ini untuk kulit kering, tapi bukan berarti tidak cocok ya, karena setiap jenis kulit bisa berbeda :) Trimakasih.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hi, Dhea :) Silahkan di save, tetapi untuk memuat ulang, di bagikan atau dipakai kembali tolong di watermark dengan nama carollinestory.blogspot.com ya :) Trimakasih.

      Hapus
  6. maaf kak untuk sehari-hari biasanya kakak pakek suncream apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, sekarang lagi pake skin aqua hehe

      Thankyou ud mampir :)

      Hapus
  7. kak, kalau kita hiking pake emina ini bagus gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk aktivitas seperti itu mungkin lebih perlu sunscreen yg waterproof atau physical sunscreen, agar tidak mudah luntur selama beraktivitas ;)

      Trimakasih sdh berkunjung :)

      Hapus
  8. kak yang skin aqua itu physical sunacreen?

    BalasHapus
  9. kak yang skin aqua itu physical sunacreen?

    BalasHapus
  10. Kak kulit aku juga kulit sensitif. Mau nanya jdi selama ini kakak pke pelembab apa untuk muka, soalnya aku udah capek gitu cari pelembab untuk muka hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelembab aku lg pake cosrx oil free moisturizer :) Kemarin pake sebamed & cocok jg, sbenarnya sih pelembab itu cocok2an dan harus kita coba sndiri biar tau yg mana worksnya di kulit kita :)

      Hapus
  11. Untuk aku belum terlanjur beli ini karena aku punya tipe kulit kering&sensitif.

    Stafana.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, iya cocok2an jg kok sbenarnya hehe :)

      Thankyou ud berkunjung ^^

      Hapus
  12. aku takut nyobain suncreen dri emina nih krna the first time pake ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bisa disesuaikan dengan jenis kulit yaa hehe :)

      Hapus
  13. emina ini bisa buat badan sama wajah kak?

    BalasHapus
  14. Kak, kulitku ya sama kayak kakak gitu. Berminyak tapi gak berminyak banget dan agak sensitif. Sebaiknya pake produknya wardah atau emina ya untuk yang sunscreen? Soalnya kan katanya kalau wardah itu melembabkan. Tapi untuk kulit yang berminyak, makin berminyak. Jadi gimana nih kak. Bingung banget nih milihnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, aku ga pernah coba yang wardah sih, jadi ga bisa kasih tau banyak hehe :)

      Hapus
  15. Kaka boleh nanya, kakak uda pernah makai wadah Suncreen? Nah klo uda pernah Pakai, menurut Kaka bagus wadah apa Emina? Thx

    BalasHapus
  16. Mb mau tanya setelah pke emina muka jd kusem gt g ya..soalnya aq bru first impression pke emina bru 1minggu wajah jd kusem gt��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya kusam gimana sist? Kalau aku biasa aja sih sist.. Coba pakai bedak aja sist setelahnya biar agak segar hehe

      Hapus
  17. Balasan
    1. Halo, ini ga waterproof sist .. Biasa kalau yang waterproof ada tulisan water resistant nya hehe

      Hapus
  18. penggunaan hydrating serum itu sebelum atau sesudah pake emina ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dear, kalau untuk serum sebaiknya di gunakan sebelum pakai sunscreen ya, agar kandungan serum dapat terserap dengan baik di kulit :)

      Hapus
  19. Halo, maaf kak mau tanya kalau kulitnya normal tapi cenderung ke kering, kaka recommended nga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, nurut aku emina ini lbh cocok buat yg kulitnya berminyak/kombinasi. Kalo kulit kering aku kurang rekomendasiin hehe

      Hapus
    2. Kalo boleh tahu, kaka ada sunscreen yg recommended buat kulit kering nga? Makasih sblumnya..

      Hapus
    3. Kaka ada sunscreen yg recommended buat kulit kering nga? Makasih sblumnya..

      Hapus
    4. Bs coba la tulipe, wardah, atau skin aqua ya .. Aku udh coba ke 3 brand itu soalny lumayan lembapin tapi masih cepat nyerap hehe :)

      Hapus
  20. Beruntusan juga habis pakai emina ..Tapi karna cushion apa sunscreennya belum nemu ..

    BalasHapus
  21. Apakah eminaa ini bisa bikin lebih bruntusan soalnya mukaku udah bruntusann lumayan parah sih, trus apa ini cocok untuk umur 14 thunan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lg bruntusan baiknya coba physical sunscreen hehe

      Cocok aja selama kulit memang membutuhkan :)

      Hapus
  22. Maaf kak, sekarang kakak pakai sunscreen apa untuk sehari-hari?

    BalasHapus
  23. Hallo, jadi bagus nya pake pelembab dulu baru pake sunscreen nya, atau sunscreen dulu baru pelembab?

    BalasHapus
  24. Hallo, jadi bagus nya pake pelembab dulu baru pake sunscreen nya, atau sunscreen dulu baru pelembab?

    BalasHapus
  25. Jadi sbelum make emina pake pelembab dlu, trus baru aplikasikan emina nya? Kira2 gak msalah tu kalau make pelembabnya produk lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai pelembab baru lanjut sunscreen, ga masalah kalau pelembabnya produk lain :)

      Hapus
  26. Kak muka aku beruntusan ditmbh berminyk bgt, apa cocok emina ini buat aku? Responnya y ka:)

    BalasHapus
  27. Ka muka aku bruntusan ditambah berminyak gtu, emg cocok kalo pake emina ini? Responnya ka:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, yg penting sebelum pakai emina ini jgn lupa pakai pelembab dlu ya, biar g dehidrasi kulitnya :)

      Hapus
  28. kk...aqu awalnya make yg pink itu bagus bgt...tp aqu ganti sma yg biru krna aqu brminyak sama ada bbrapa jrawat..tp ga parah sih..nah stelah make yg biru makin parah jrawat aqu..makin bnyak kecil"sama gatel juga...knpa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pink dan yg biru apanya? Setau aku sunscreen Emina cuma ini aja hehe :)

      Hapus
  29. menurut kakak sunscreen yang bagus itu dari produk apa aja sih?
    Respon nya ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, yang bagus nurut aku skinaqua, biore, sama wardah oke lah hehe

      Hapus
  30. Halo kak, aku suka deh penjelasannya simple dan mudah dimengerti. Mau tanya nih kak, aku kalo pake sunscreen ini kok agak panas perih gitu tapi dia ga kasih efek samping apa-apa seperti jerawat dan beruntusan. Apa masih aman buat dilanjut terus ? Terima kasih ♥️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, selama ga ada efek negatif dikulit seharusnya aman aja ya untuk diteruskan hihi~

      Hapus
    2. Halo kak mau tanya, katanya kan setelah memakai emina sunscreen ini jadi bruntusan, nah apakah saat sudah ganti sunscreen kondisi kulitnya menjadi normal kembali dan tidak bruntusan lagi? terima kasih kak

      Hapus
  31. Kak kulit Aku berminyak. kalau mau pakai sunscreen ini harus pakai pelembab biar gak beruntusan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kulit berminyak tetap harus pakai pelembab dulu ya :)

      Hapus
  32. Kalau mau pakai harus pakai pelembab gitu kak?

    BalasHapus
  33. ka aku wajahnya bruntusan lumayan parah, terus kering juga, kalo pake sunscreen Emina ini cocok ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sebaiknya pakai pelembab dulu sebelum pakai sunscreen ini, atau bisa cari sunscreen yang lebih moisturized :)

      Hapus
  34. kak sunscreen emina kan mengandung alkohol etanol itu halal atau enggak kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, lebih halal lagi kalau cari sunscreen yang sudah ada logo halalnya ya :)

      Hapus
  35. Kk kulit ku juga sensitif ,kusam,berminyak sdkt.aku lg pake
    krim emina bright stuff tp gk ad beruntusan pqling² Jerawat cuma 1/2 aja ,,,,Berarti cocokan kk di muka aku ,,,aku baru 1,5 bulan hmpir mau 2bulan pemakaianny kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bisa coba lanjut teruskan pemakaiannya ya untuk hasil lebih pasti, selama kulit ga ada masalah baru dari biasanya sepertinya cocok saja :)

      Hapus
  36. Hay kak.... Untuk pemakaian bareng lotion bagusnya lotionnya dulu ata sunscreen nya dulu....

    BalasHapus
  37. Halo kak! Kulit muka ku berminyak dan berjerawat bahkan lebih gitu yang satu numbuh pasti nanti ad lagi kira kira cocok ngga kak klo pake sunscreen ini trus bisa ngga kak klo dipake umur 13 tahunan gitu

    BalasHapus
  38. Halo kak! Sebelum menggunakan sunscreen kan harus pakai pelembab dulu,nah pas mau pakai sunscreen nya harus nunggu berapa menit supaya pelembab nya nyerap dan bisa langsung pake sunscreen nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung masing-masing pelembab ya, dan setelah meresap bisa langsung diaplikasikan :)

      Hapus
  39. Kak aku mau tanya muka aku tipe kulit nya kering trus aku coba pakai emina dah satu minggu nih tapi kok kayak kusam gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diketahui bahwa hasil bisa berbeda di setiap jenis kulit, dan sunscreen hanya berfungsi melindungi kulit dari sinar uv, tidak bisa mencerahkan :)

      Hapus
  40. Kak kalo muka nya agak berjerawat tp gak parah banget sih,bsa gak kk pakek sunscream dr emina??trus abis pakek sunscream blh gak ditimpa lgi sma bedak my baby??

    BalasHapus
  41. Kak klo sabun muka sm cream emina tapi klo sunsreennya beda merek boleh gx? Aku lg bingung bgt kak

    BalasHapus
  42. Waduh aku jadi bingung nih pilih sunscreen dari wardah atau emina 😩

    Btw, thanks ya kak untuk infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya sama bagusnya kok, tinggal kulit kita aja yang cocoknya dimana, alangkah lebih baik coba salah satu brand dulu :)

      Hapus
  43. Hai kak:)
    Terimakasih untuk review nya😆
    Apa produk ini cocok untuk wanita dewasa? Sekitar umur 40 tahun.

    BalasHapus
  44. Hai kak! Terimakasih atas review nya😆
    Apa produk ini cocok untuk wanita dewasa sekitar umur 40 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk usia 40 sebaiknya pilih sunscreen yang lebih moisture di kulit dan spf 50 :)

      Hapus
  45. Kulit aku juga kayak kakak berminyak tapi ga terlalu berminyak terus jerawatnya juga ga seberapa kira kira sunscreen yang cocok pa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa cari sunscreen yang ringan, light, dan bikin kulit ttp hydrated :)

      Hapus
  46. kalo abis pakai ini sunscreen, ditimpa pake krim fair and lovely boleh gak si kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moisturizer dulu baru sunscreen tahapannya :)

      Hapus
  47. Bener banget aku juga pakai emina jadi bruntusan,apakah ini bisa sembuh atau tidak kak dan masih bisa dilanjutkan atau tidak,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bruntusan bisa aja hilang kok dengan penanganan yg tepat, tp bila dalam waktu lama masih berlanjut sebaiknya hentikan pemakaian :)

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou