TIPS MENGATUR BUDGET SKINCARE & MAKEUP DENGAN REKSADANA

by - 14.31

Setelah berkeluarga rasanya kebutuhan semakin bertambah terlebih pas punya anak & di masa pandemi. Selain kebutuhan umum yang bertambah sejak pandemi seperti masker, vitamin, dan sanitizer, kebutuhan anak pun seakan ga ada habisnya, ya beli susu lah, vitamin anak, pampers, peralatan makan anak, baju anak, perawatan tubuh anak, biaya imunisasi, mainan anak, dan belum lagi kalau si anak udah bisa pengen minta ini itu. 

Alhasil, mamak mengalah aja ga beli skincare & makeup, yang penting kebutuhan anak terpenuhi dan anak pun happy. Kalau dulu masih bisa beli skincare ataupun makeup tanpa memikirkan budget, sekarang rasanya mau beli masker atau foundation yang habis pun perlu pemikiran lama & pilih produk yang sesuai budget.

Padahal kalau dipikir lagi, sebenarnya skincare maupun makeup yang menurut kita mahal itu pemakaiannya pun bisa dalam jangka waktu lama seperti 6-10 bulan. So, sebelum produknya habis kita bisa nabung terlebih dahulu.  Contoh: Eyeshadow yang kita pakai ga mungkin kan dalam 1 atau 2 bulan satu palette langsung habis? Sama halnya dengan foundation, mascara, eyeliner, eyebrow, face scrub atau masker, tentu penggunaannya bisa sampai 5 atau 6 bulan bila tidak digunakan setiap hari. Terkecuali beberapa produk seperti facial wash, moisturizer, atau serum yang penggunaannya setiap hari, tentu dalam 2 atau 3 bulan pasti habis. 

Solusinya, kita bisa nabung untuk beli skincare atau makeup dengan reksadana loh, dimana selain menabung kita juga akan mendapatkan keuntungan dari investasi kita. Kita bisa menggunakan aplikasi Bibit untuk membeli skincare ataupun makeup yang kita inginkan dengan cara menabung diawal. Terlebih kebutuhan makeup selama pandemi bisa dibilang berkurang banget ya, karena memang kitanya juga yang ga kemana-mana dan lebih sering dirumah. 

Nabung skincare dan makeup lebih mudah dengan nabung reksadana di aplikasi Bibit, karena: 

-Punya fitur "Goal Setting" yang bisa menentukan investasi tujuan kita, dimana uang yang kita punya lebih terarah untuk membeli skincare maupun makeup, sehingga pengeluaran kebutuhan yang lain lebih terkontrol dan jelas. 

Misal: Aku pengen beli foundation Estee Lauder dan serumnya Somethinc, budget yang aku perlukan untuk membeli kedua produk tersebut kisaran total Rp 1.000.000,-. Nah, kalau secara langsung memakai uang yang ada tentu ga mungkin banget karena uangnya sudah teralokasi kebutuhan rumah tangga & keperluan anak lainnya. Daripada menahan untuk ga membeli, lebih baik kita sisihkan sedikit uang lebihnya agar bisa terbeli & kitanya pun juga happy karena tampil cantik. Sebab, kewarasan mamak juga penting agar saat urus anaknya pun lebih happy. 

Di fitur "Goal Setting" ini, tertulis kalau uang yang perlu aku sisihkan adalah Rp 250.000,- per bulannya. Nominal ini tentu ga seberapa banyak ya dibandingkan keperluan yang lainnya, jadi otomatis bisa lebih cepat untuk tercapainya. 

Baca juga: Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Goal Setting Apps Bibit 

- Bisa bayar dengan Autodebit maupun Gopay Autopay atau Bank Jago, dimana kita bisa lebih fokus untuk menabung secara rutin, seperti tiap bulan, minggu, atau hari. Metode pembayaran ini cocok banget untuk kita yang sering lupa, & mudah tergoda dengan berbagai promo pada situs belanja online. Secara tak langsung, cara ini juga efektif untuk membatasi kita yang suka belanja impulsif dan barang yang sebenarnya ga terlalu penting. 

-Bisa mulai dari Rp 100.000,- loh, jadi jangan takut untuk berinvestasi karena siapapun bisa mulai. Mau kalian ibu rumah tangga, freelancer, kerja shift, mahasiswa, anak sma, semuanya bisa nabung lewat reksadana di aplikasi Bibit secara mudah. Ga heran kan, kalau dilihat anak sma sekarang udah pada pinter dandan? Ya mungkin mereka juga menyisihkan sebagian uang jajan mereka buat keperluan beauty lewat aplikasi Bibit. So, siapapun juga bisa tampil cantik dengan nabung beli skincare & makeup via Bibit Apps.  

Selain menabung reksadana untuk budget skincare & makeup, tips lainnya kita juga bisa membeli produk beauty saat flash sale, discount, harbolnas, promo, atau beralih pada produk beauty lokal. Jujur produk beauty lokal sekarang sudah bagus dan bersaing banget dengan produk luar, terlebih harga yang ditawarkan pun masih terjangkau sehingga kita pembelinya bisa mencoba tanpa takut over budget. Apalagi mengingat pandemi ya, dimana perekonomian masih belum pulih sepenuhnya dan kalau untuk beli barang yang high end, aku sendiri masih agak mikir gitu, so tidak ada salahnya untuk mencoba produk beauty lokal. 

Ga cuma itu, portfolio yang bisa kita buat dalam aplikasi Bibit ternyata juga bisa kita gunakan sebagai budgeting untuk masa depan kita. Semisal kita ingin membeli rumah, kita bisa bikin portfolio khusus untuk "Rumah", dan bisa juga untuk budgeting "Dana Pensiun" maupun "Dana Darurat". Mau renovasi dapur, kita juga bisa tinggal tambah portfolio baru dengan nama "Renovasi Dapur". Sama halnya dengan budgeting untuk liburan, dimana kita bisa mengumpulkan budget melalui portfolio "Liburan" untuk berlibur sembari menunggu pandemi selesai.

Baca juga: Nabung Reksadana Bareng Buat Liburan Yuk!! 

Nah, beberapa portfolio yang kita buat seperti ini tentu akan mempermudah kita untuk memfokuskan kemana larinya uang atau penghasilan kita. Semacam lebih ada prioritas lah ya, dan uang kita pun tentu lebih aman & menguntungkan karena sekaligus berinvestasi. Begitu juga dengan budgeting skincare & makeup yang menurut aku juga penting, karena kalau ga di budgeting kita juga akan lebih kalap mata & tergoda untuk membeli bermacam skincare yang mungkin fungsinya kurang lebih sama atau ga terlalu kita butuhkan untuk kulit kita. 

Plus, kadang aku sering dengar kalau banyak wanita diluar sana yang suka ngeluh sama suaminya karena suaminya kurang memperhatikan istrinya dalam hal belanja skincare. Suami suka ngelihat yang cantik, tapi ketika istrinya minta dibeliin skincare atau makeup, suaminya ga pernah kasih. Dari sini aku paham kalau kita sebagai wanita ga ada salahnya juga untuk budgeting skincare atau makeup untuk diri sendiri, mungkin juga suami sedang ada prioritas budgeting untuk hal lain yang lebih penting seperti pendidikan anak, kredit mobil, asuransi, dan lainnya.

Nah, itu dia sedikit tips untuk mengatur budget skincare & makeup melalui Bibit reksadana. Sudah tertarik belum buat beli skincare & makeup impian kalian? Kalau memang perlu dan cocok, tidak ada salahnya loh untuk beli skincare ataupun makeup impian kalian, ya anggap saja ini sebagai self rewards atas kerja keras kalian & usaha kalian menabung. Walaupun sudah jadi mamak, menjaga kecantikan tetap penting karena kecantikan merupakan bagian dari investasi juga. Pengen ga sih dikira kakak adik sama anak sendiri? Kalau pengen, yuk tetap jaga kecantikan dengan budgeting skincare dan makeup melalui Bibit Reksadana! 

Baca juga: Selain Kecantikan, Investasi Masa Depan Juga Penting!




You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou