NABUNG REKSADANA BARENG BUAT LIBURAN YUK!!

by - 05.12


Tak terasa, sudah hampir 2 tahun pandemi masih belum selesai. Ga bisa dipungkiri, dari yang tadinya bosan dirumah selama awal pandemi lama-lama mulai terbiasa & betah dirumah bila rasa bosan datang. Sampai aku sendiri dari yang mulai betah dirumah lama-kelamaan mulai ngerasa jenuh lagi dan capek juga, yang mana aku pun ngerasa kalau hal-hal yang akhir ini aku alami adalah salah satu efek dari kelamaan dirumah. Dimana kesehatan mental, kepercayaan diri, rasa cemas, banyaknya pikiran dan rasa stress karena sambil mengurus anak pun belakangan ini kerap aku rasakan. 

Ga tau kenapa, kadang pikiran suka mellow tiba-tiba, suka cemas, suka sedih bahkan sampai overthinking. Aku pribadi ngerasa pandemi ini berpengaruh loh dengan energi negatif yang aku rasakan diatas, terlebih buat perekonomian yang belum membaik sepenuhnya. Tapi, sebagaimana susah dan strugglenya situasi kita saat ini, tetap jangan lupa bersyukur dengan apa yang sudah kita punya dan lewati karena itu semua tentu membuat kita jauh lebih baik. 

Salah satu hal yang udah lama ga aku rasakan yakni pergi berlibur. Sebagaimana keras kita pun bekerja, kita pasti tetap membutuhkan yang namanya liburan agar kesehatan mental dan jiwa tetap terjaga, sehingga energi negatif ga mudah masuk & kerja pun lebih produktif. By the way, mana bisa sih liburan ditengah situasi seperti sekarang, apalagi uangnya hanya cukup untuk bertahan saja? Buat sekarang sih bisa sehat & bertahan aja sudah bersyukur banget, tapi ga ada salahnya juga kan kalau kita menabung untuk pergi liburan setelah keadaan lebih membaik? 


Kapan perginya, yang penting uangnya kita tabung aja dulu biar lebih useful dan terarah. Kalau mau liburan sama keluarga atau teman, kita bisa menabung reksadana bareng loh! Kita bisa menabung reksadana melalui fitur Bibit Bareng, yang mana kita bisa berinvestasi bersama untuk mencapai tujuan kita agar lebih ringan. Selain itu, Bibit juga merupakan aplikasi reksadana pertama yang bisa menabung reksadana bareng keluarga maupun teman. 


Misal: Aku pengen berlibur ke Korea bersama suami, koko, dan istrinya koko aku, jadi aku, suami, koko, dan istrinya koko aku sama-sama bisa menabung reksadana di satu portfolio yang sama. Tenang aja, setiap reksadana yang dibeli tetap menjadi milik masing-masing & semua anggota punya kontrol penuh atas penjualan dan dana hasil penjualan reksadana. Jadi, kepemilikan reksadana ini tetap atas nama masing-masing anggota & aku, suami, koko, dan istrinya koko aku pun juga memiliki akses bersama & kegiatan investasi satu sama lain bisa dilihat oleh semua anggota. Menarik kan? 

Menurut aku sih fitur Bibit Bareng ini bikin kita lebih pede untuk berinvestasi, dan lebih minim resiko, karena ga cuma kita yang investasi melainkan ada suami, koko, dan istrinya koko aku, bisa lebih ke sama-sama belajar juga sih hehe~ Selain itu, semisal kita pun batal pergi berlibur, maka portfolionya bisa langsung kita bubarkan, dan nilai investasi yang sudah kita capai kemarin akan dibagi secara proposional sesuai kontribusi masing-masing anggota & tidak ada perpindahan kepemilikan. Jadi, benar-benar aman, dan ga mudah menimbulkan selisih paham. 

Gimana sih cara mendaftar portfolio bersamanya? 


1. Buka aplikasi Bibit pada ponsel, bila belum punya kalian bisa install di apps store terlebih dahulu. 
2. Klik "Tambah Portfolio" pada bagian bawah aplikasi, dan pilih "Tujuan Investasi" yang diinginkan bersama.


3. Isi "Nama Portfolio", "Jumlah Uang Yang Harus Terkumpul", dan "Kapan Tujuan Tercapai" pada kolom pengisian portfolio. Disini aku mengisi dengan nama portfolio "Liburan", jumlah uang yang dibutuhkan sekitar "Rp 50.000.000,-" dan aku ingin berlibur pada "April 2022".
4. Pilih "Jenis Investasi" yang kita inginkan, kita bisa mengikuti pilihan Robo maupun pilihan kita sendiri. Disini aku mengikuti rekomendasi Robo karena memang tidak mau ambil pusing hehe
5. Klik "Lanjut" dan "Simpan" sebagai portfolio liburan bersama. Disini kita bisa melihat berapa jumlah uang yang harus kita setor atau tabung perbulannya agar tujuan liburan bersama dapat tercapai. Tertera kalau jumlah uang yang harus di kumpulkan perbulannya adalah Rp 6.100.000,-, dimana kalau kita nabung sendiri kan lebih berasa berat ya, sedangkan kalau ber 4 yang nabung, maka sebulannya kita cukup setor sekitar Rp 1.550.000,- saja, ada lebih dari uang yang kita tabung tentu bisa dialokasikan juga untuk budget lain yang mungkin ga terduga selama berlibur hehe 

Sampai disini, kita sudah punya portfolio untuk dana Liburan, sebenarnya sih sama aja ya kaya daftar portfolio yang terdahulu, cuma ya bedanya sekarang kita bisa invite keluarga atau teman untuk jadi member di portfolio yang sudah kita buat tadi agar lebih ringan, plus karena kita memang mau sama-sama liburan hehe~ Ga susah kok untuk invite teman, caranya: 


6. Pilih opsi "Invite" berwarna hijau di bagian atas sebelah kanan pada layar aplikasi Bibit. 
7. Pilih "Jadikan Investasi Bibit Bareng" yang tercantum pada bagian bawah.


8. Klik tombol "Invite" pada bagian atas kanan, dan pilih kontak teman atau keluarga yang ingin kita ajak untuk investasi bareng. Jangan lupa untuk izinkan akses kontak agar Bibit bisa mengirim undangan, lalu klik "Submit".  Kontak yang keluar adalah kontak nomor telpon yang ada di ponsel kita dan pastikan nomornya juga sudah harus terdaftar di Bibit. So, make sure keluarga atau teman yang mau kita ajak, ya pasti sudah install apps Bibit atau pengguna aplikasi Bibit. Disini aku pilih kontak nomor telepon suami aku yang sudah juga terdaftar di Bibit, dan tinggal klik tombol "Invite" untuk mengirim undangan portfolio investasi "Liburan". 
9.  Masukkan pin aplikasi Bibit yang kita gunakan, dan undangan sudah berhasil terkirim ke teman atau keluarga yang kita invite tadi, sekarang kita tinggal menunggu konfirmasi dari teman atau keluarga yang telah kita invite. 




Kita juga bisa pilih "Set Nabung Rutin" untuk reminder teman kita agar lebih konsisten menabung, dan agar tujuan kita lebih cepat tercapai. Disini kita bisa menjadwalkan kapan kita mau nabung, semisal tiap tanggal 5 di awal bulan, atau kita pengen tiap hari minggu, bahkan misal kita pengen nabungnya setelah bangun tidur tiap 3 hari sekali juga bisa loh, jadi benar-benar flexible dan memudahkan kita. 

Btw, kita udah nabung nih & setengah uangnya dari total yang kita capai sudah terkumpul, namun kita ga jadi pergi karena suatu hal, terus uangnya gimana dong? Tenang, uang kita ga akan hilang kok dan kita bisa membubarkan portfolio Bibit bareng dan nilai investasi kita akan dibagi secara proposional sesuai kontribusi masing-masing anggota. So, tidak akan mempengaruhi jumlah uang yang kalian keluarkan saat berkontribusi. 

Cara membubarkan Bibit bareng:

1. Klik ikon di kanan atas pada halaman portfolio "Liburan" yang sudah kita buat, pilih "Bubarkan Bibit Bareng". 
2. Pada opsi pilihan klik "Bubarkan" dan Bibit Bareng berhasil dibubarkan. 


3. Setelah di bubarkan kita akan keluar sebagai member di portfolio "Liburan".
4. Klik ikon di kanan atas, pilih "Batalkan Bibit Bareng", setelah itu kita akan memberikan alasan sebab keluar dari portfolio. Disini aku keluar sebagai member karena ada keperluan mendesak yang membuatku ragu untuk bisa berlibur di kemudian hari. Kita bisa memilih beberapa alasan keluar yang sudah tersedia pada opsi juga. 
5. Klik "Submit" dan nilai investasi kita akan masuk ke portfolio pribadi secara otomatis setelah keluar dari portfolio "Liburan". 

Nah, gimana sangat mudah bukan? Ga ketergantungan, ga perlu was-was uang bakal ketahan, dan lebih terjamin pastinya karena sama orang yang kita kenal juga. Kita bisa bebas mau rencanain liburan & ngumpulin uangnya bareng keluarga/teman tanpa perlu bingung even bagi pemula kaya aku. Yuk, siapin dana tabungan untuk liburan setelah pandemi berakhir! Jangan sampai pandemi berakhir, kita malah tetap ga bisa pergi berlibur karena keterbatasan dana, semua bisa diatur kok kalau kita memang niat hihi~ Stay safe & healthy! 




You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou