TIPS MEMBELI FASHION WANITA SECARA ONLINE

by - 14.54



Source: Bukalapak
"Pernah mengalami hal yang mengecewakan saat membeli baju secara online? Kalau iya, mungkin beberapa tips di bawah ini dapat membantu kamu untuk menghindari hal tersebut."


Semakin hari rasanya semakin banyak orang-orang yang beralih menggunakan smartphone sebagai sarana berbelanja. Dari yang tadinya belanja ke toko-toko, sekarang cukup bermodalkan smartphone dan internet, berbelanja pun sudah bisa di depan mata tanpa perlu jauh-jauh keluar rumah. Belanja online selalu bisa menghadirkan euforia tersendiri bagi shoppaholic maupun masyarakat. Karena apa yang mereka tawarkan, benar-benar bisa jadi solusi bagi kita yang ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga murah. 

Sama seperti kita yang ingin membeli fashion items, tentu rasanya lebih nyaman berbelanja via online karena benar-benar menghemat waktu, bebas memilih, dan model yang ditawarkan pun bermacam-macam dan menarik. Berbagai macam produk fashion wanita bisa kita temukan di beberapa e-commerce seperti Bukalapak, karena disini harga yang ditawarkan lebih terjangkau dan lengkap.

Disamping itu, tidak selamanya berbelanja online menyenangkan. Terkadang, ada kalanya kita mengalami hal yang kurang sesuai dengan ekspektasi kita, saat membeli fashion secara online.  Seperti baju yang kekecilan atau terlalu besar, model yang kurang cocok di badan kita, bahan yang kurang nyaman, jahitan yang tidak rapi, dan lain sebagainya. Tidak hanya 1 atau 2 orang saja yang pernah mengalami hal mengecewakan tersebut. Melainkan, banyak yang sudah mengalaminya termasuk aku sendiri.
 
Tapi tentu saja, semakin sering kita berbelanja di toko online, maka semakin banyak juga pengalaman yang kita tahu dan lebih berhati-hati saat berbelanja online agar hal yang kurang menyenangkan tadi tidak terulang kembali. Dari pengalaman belanja online membeli baju tidur wanita , sneakers, sandal, blouse dan lainya, aku pun jadi tahu bagaimana cara untuk menghindari membeli produk yang memungkinkan tidak sesuai dengan ekspektasi. 

Nah, buat kalian yang sering kecewa saat belanja online seperti barang yang tidak sesuai di foto, tidak sesuai deskripsi, atau tidak sesuai dengan apa yang kalian bayangkan saat membeli, mungkin beberapa tips & trik dibawah ini dapat membantu kalian agar hal serupa bisa dihindari. 


1. Biasakan Belanja di Toko Yang Memberikan Deskripsi Lengkap Untuk Produk Yang Mereka Jual

Bagian paling penting dari deskripsi produk untuk diketahui saat membeli fashion wanita adalah ukuran. Entah itu sepatu, sandal, celana atau baju, pastikan kalian mengetahui secara pasti ukuran produk tersebut yang biasanya tercantum di deskripsi produk. Jika ternyata penjual/seller tidak menyertakan ukuran pakaian, baik itu lingkar dada, lebar bahu, lingkar pinggang, lingkar lengan, karet stretch apa bukan, pastikan kalian menanyakannya langsung kepada penjual melalui fitur chat yang disediakan oleh toko online/e-commerce tersebut. Atau, kalian juga bisa memilih opsi lain dengan mencari produk yang memiliki deskripsi lengkap. 


2. Pastikan Kamu Tahu Nama-Nama dan Jenis Bahan Yang Digunakan  

Saat ingin membeli baju seperti dress atau blouse, tentu akan banyak sekali pilihan kain/bahan yang digunakan untuk membuat dress/baju tersebut. Ada yang terbuat dari bahan rayon, katun silk, katun balotelli, bahan sifon, kain satin, scuba, linen, jersey, dan lainnya. Masing-masing bahan biasanya memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang halus dan sifatnya jatuh saat dikenakan, ada juga yang kasar serta mudah lecek & ada juga yang licin serta terlihat mahal tapi panas saat dikenakan. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya kalian menggali lebih dalam karakter atau sifat kain yang digunakan pada produk yang akan dibeli.


3. Ada Harga Ada Rupa 

Pepatah ini biasanya sering menyelamatkan kita dari rasa kecewa terhadap produk fashion yang kita beli secara online. Yess! Celana, baju, dress, batik, sepatu, tas, dan berbagai macam aksesoris yang berharga mahal biasanya memiliki kualitas yang bagus. Anggap saja, ini sebagai investasi kalian dalam membeli barang agar tidak cepat rusak ketika dicuci atau cepat luntur.  Sama seperti kita membeli baju dengan harga sangat murah, tentu kita perlu sedikit curiga dengan seller yang mengatakan bahwa kualitasnya bagus. Tidak sedikit penjual bisa menipu pembelinya dengan mengatakan kualitas bagus dan mempunyai bahan tebal, namun ketika sampai produknya justru tipis dan jahitannya sudah terbuka. Baiknya, kita jangan terlalu berekspektasi tinggi dengan produk yang kita beli dengan harga murah seperti dibawah harga pasaran, terkecuali kita sudah sering berbelanja di seller tersebut & sudah tau kalau kualitasnya benar-benar bagus. 


4. Jangan Lupa Membaca Review Dari Pembeli 

Cara mudah lainnya untuk mengetahui kualitas produk saat belanja online adalah dengan membaca review pembeli yang sudah mencoba. Melalui review, kita bisa mengambil kesimpulan apakah produk tersebut layak dibeli atau tidak. Tetapi jangan salah, terkadang ada juga seller nakal yang menggunakan review palsu atau membayar orang lain untuk menulis review di toko online tersebut kalau barang yang dijual bagus. Agar tidak terkecoh, pastikan kita membeli produk fashion benar-benar di website atau aplikasi e-commerce yang memiliki data review berdasarkan jenis produk & akun pembeli yang  pernah belanja melalui e-commerce tersebut.


5. Belanjalah di Official Store E-commerce Tersebut

Tips terakhir yang mungkin cukup berpengaruh adalah kalian bisa membeli produk fashion yang kalian inginkan di Official Store e-commerce tersebut. Department Store yang memiliki Official Store di e-commerce biasanya sudah terpercaya, sudah terjamin asli, dan bebas penipuan. Berbagai macam merk lokal maupun non lokal bisa kita temukan disini. Yang pasti, berbelanja di Official Store langsung sama dengan berbelanja di toko resmi brand tersebut, karena biasanya produk yang mereka jual sama seperti di konternya yang memiliki kualitas bagus & harga yang masuk akal. 

Semoga tips di atas cukup membantu mengurangi kekhawatiran kalian dalam berbelanja fashion secara online. Bagaimana menurut kalian, apakah sudah yakin ingin berbelanja fashion secara online? Jangan lupa komentar di bawah ya! Thankyou~




Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Lisa Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com





You May Also Like

24 komentar

  1. Yup, baca review itu kudu wajib harus dilakukan untuk menilai tokonya layak dipercaya apa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sekarang juga udah semakin banyak toko-toko online bermunculan, jadi ya baiknya kita bs pilih mana yang trusted hehe~

      Hapus
  2. Hati-hati tetap diperlukan. Apalagi berbelanja secara online. Jangan sampai bikin kesel karena barang nggak sesuai keinginan dan harapan.

    BalasHapus
  3. Yg belum pernah belanja online perlu baca ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya hampir semua orang pasti pernah belanja online deh mba dina wkwk~

      Hapus
  4. Baca deskripsi sama review itu harus banget sih. Makanya kalo online aku lebih suka kaya d semacam zalora, matahari mall, dr.pd onkine shop ig soalnya lebih lengkap penjelasannya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh iya matahari mall, aku jg prnh blnja dsna sya .. Seringnya sih skrg di salestock, karena bner-bner ga prnh kcewa klo blnja dsna ahaha Klo zalora blm sih hehe

      Tp skrg olshop ig jg bnyk yg detail cntumin kterangan kok hehe

      Hapus
  5. Aku kalau pakaian masih belum berani beli online euy. Beberapa kali kecewa soalnya. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah klo soal ini trgntung kyakinan masing-masing aja lagi percaya apa ga nya sama penjual hehe

      Walaupun kdg troma ya, tapi y balik lg, kalo ngikutin tips diatas kmungkinan kecewa pas beli baju online bs brkurang hehe

      Hapus
  6. Setuju banget dengan tips dari Lisa. Aku kalau udah liat yg jual baju tapi size chartnya gak lengkap, ku skip aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan mba mia, kayak krg niat jualan dan seadanya aja.. Paling sebel jg kalo pas di tanya ukuran, jawabannya all size tanpa kasih kterangan lain lagi.. Pdahal kan mana ada all size bgitu ahahaha

      Hapus
  7. Nahhh, ini kalau belanja di online itu untuk baju emang harus detail ya kak. Aku biasanya juga cek bahannya dari apa, siapa tau kalau harga murah kainnya emang sebanding juga. Terus biar semakin terpercaya aku juga baca-baca komenan pembelinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fat, kayaknya fatimah sering nih beli baju online ya ahahah

      Hapus
  8. Wah Eny setuju bgt sama tipsnya, apalagi kalo beli baju harus bener2 check review

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya en, kdg wlaupun ud cek review ttp aj klo sellernya mau nipu bisa apa.. Blgnya size besar, trnyata pas dtg sizenya kecil huhu~

      Hapus
  9. Aku paling ga ngerti deh sama bahan-bahan yg tertera jadi satu-satunya cara biasa aku beli di official store-nya karena yakin pasti bagus kalau di official. Ga akan mau beli di online shop biasa, suka zonk biasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo di official store ud pasti yaa, tp kdg model2 yang kekinian itu banyak di online shop ig rima ahahaha

      Bdw rima kn suka fashion trus mulai ke fashion blogger, kan ad pentingnya jg tau bahan2 kain wkwk

      Hapus
  10. Tipsnya bagus nih. Selama ini aku agak takut beli fashion di ol shop, takut ga sesuai ekspektasi. Tapi nanti aku coba terapkan tips2nya. Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba gita, tips lainnya mungkin bisa cari online shop yg pnya toko offline di banyak cabang & udah trusted kaya chocochipsboutique mslnya hehe..

      Hapus
  11. Poin nomor 2 itu PR bgt buat aku. Aku enggak terlalu ngerti dg nama dan jenis bahan pakaian. Kalo udah tahu jenis bahannya kan jadi enak membayangkan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau jenis bahan tau otomatis kita ada bayangan, apalagi kalau misalnya baju yang sudah kita punya memiliki bahan yang serupa dengan baju yang ingin kita beli, jadinya bisa melihat dan meraba-raba lagi sebelum membeli hehe

      Hapus
  12. "Ada harga ada rupa" itu benar banget. Saya pernah lihat gamis muslimah di salah satu olshop. Cakep banget pokoknya tapi kok harganya murah. Penasaran saya beli aja, eh pas sampai nggak sesuai gambar. Langsung muter lagu nisa sabyan - hm.........hmmm...hmmm.hmmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha~ Iya mba, kadang kita tergiur dengan harga murah tapi kalau dipikir-pikir harusnya ga mungkin kan kalau memang bagus harganya murah hehe

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou