>> [REVIEW] THE BODY SHOP CAMOMILE SUMPTUOUS CLEANSING BUTTER (TOP CLEANSING BALM FOR SENSITIVE SKIN)

by - 11.20



Hai guyss! Hari ini aku mau review cleansing balm dari The Body Shop. Awalnya aku sama sekali ga tertarik buat cobain cleansing balm, karena tipe kulitku berminyak sehingga aku pikir tidak mungkin bila pakai pembersih yang berupa oil. Namun, persepsi ku ternyata tidak benar juga, malah cleansing yang berbasis oil justru di sarankan, karena kulit berminyak perlu pembersih yang oil based juga agar minyak bisa terangkat & tidak menghilangkan kelembapan kulit.

Kulit berminyak sendiri sebenarnya justru di sebabkan oleh kurangnya kelembapan. Karena kurang kelembapan, sehingga kulit perlu tenaga ekstra untuk menghasilkan minyak alami di wajah & saking ekstranya, minyak yang dihasilkan pun cenderung berlebih, inilah yang di maksud kulit berminyak.


Cleansing tipe balm gini pas banget buat hapus full make-up, karena benar-benar ngangkat tanpa membuatnya kering. Kalian yang suka full make up atau tiap hari pake foundation, wajib untuk membersihkan wajah dengan baik, salah satunya menggunakan cleansing yang berbasis oil agar kulit benar-benar bebas dari sisa make up.

Kalau ada yang bilang cleansing oil bikin jerawatan, makin berminyak & menyumbat pori, sebenarnya ga juga, asalkan kita memperhatikan cleansing oil yang tepat untuk kulit kita, seperti kandungan yang memang cocok untuk jenis kulit kita.



Pas banget, aku coba The Body Shop ini. Awalnya aku tau dari Female Daily, karena banyak banget yang suka & di rave sama beauty editornya. Kalo ga salah, banyak juga blogger yang suka sama ini & ini tuh kaya produk yang sering sold di konternya gitu. Bahkan, aku pernah liat story instagramnya Hans Danial seorang Food Blogger, dan dia ternyata juga pakai ini loh wkwk~ Bdw, maafkan gua yang agak norak guys wkwk!

Cleansing balm yang camomile ini juga tersedia dalam bentuk cairnya loh, alias versi cleansing oilnya. Mungkin daya bersihnya sama aja, cuma beda di tekstur & feel aja kali yah saat pemakaian, hehe~ Aku beli tipe yang balm, karena dari dulu udah penasaran banget sama pembersih yang model  balm gini & pas ada rejeki lebih, kebetulan cleansing yang lama juga udah habis, akhirnya mantap mutusin buat coba ini  #eaaakk wkwk!

Kalau kalian ada yang tanya bagus mana sama Banila.co, Heimish, dll~ Aku ga bisa jawab, karena memang belum pernah coba yang lain & ini merupakan cleansing balm pertama aku. Mungkin, setiap produk punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, setau aku sih cuma beda merk sama beda kandungan. Tapi balik lagi, kalian harus coba yang memang sesuai cocoknya kalian dimana, hehe~

Mulanya aku mau coba si Banila.co, karena waktu itu kalian tau sendiri kan Banila.co itu lagi hype-hypenya dimana-mana & semua orang kaya suka Banila.co. Bahkan, bisa dibilang hitsnya cleansing balm itu gara-gara si Banila.co yang laku keras. Namun, pas aku baca ingredientsnya Banila, aku merasa ada satu kandungan yang aku harus hindari, kaya feel aku tuh ga bakalan cocok sama kandungan ini, makanya aku ga jadi beli si Banila.co. Ada sih serian Banila.co yang lain, cuma waktu itu masih ragu & mending ga usah coba dulu deh. Walaupun, jujur waktu itu aku mupeng banget dan bener-bener mau coba, akhirnya aku coba cari merk lain dengan alasan cari kandungan yang lebih bersahabat di kulit aku.



Searching sana-sini dan nemulah si The Body Shop, awalnya aku kira produk baru nih, ternyata ini tuh produk lama, cuma aku yang baru tau wkwk~ Asiknya lagi, semua produk The Body Shop ini Vegan & Cruelty Free. Daripada gua makin kelamaan ngoceh, langsung aja deh masuk ke reviewnya!

Cleansing balm ini cocok untuk semua jenis kulit, terlebih sensitif. Di kemasannya sih tertulis "Suitable For Sensitive Skin" cuma banyak reviewer yang bilang ini juga bagus & works di semua jenis kulit, termasuk berminyak atau normal. Aku sendiri tipe kulitnya kombinasi berminyak, acne-prone, dan sensitif di bagian pipi, namun pas aku coba si camomile ini sih fine-fine aja & ga ada problem. So, aku merasa cocok-cocok aja dan suka banget sama cleansing balm ini.



Packaging dikemas dalam jar kaleng & disertai tutup ulir. Jarnya lebar & agak bulky, namun masih slim sehingga mudah di selipin ke make-up pouch. Dibandingkan Banila.co tentu lebih travel friendly yang The Body Shop.

Teksturnya feel like balsem, ya tau sendiri kan ya namanya juga cleansing balm, ada unsur balm-balm nya wkwk~ Maafkan ke sotoy'an gua lagi wkwk! The Body Shop Camomile ini, tidak memiliki spatula, sehingga aku memakai sendok plastik kecil bekas ice cream untuk di jadikan spatula.



Isinya 90ml menurut ku cukup banyak dan hemat. Bedanya kalau cleansing balm gini biarpun 90ml tetep masih hemat, karena nanti berubahnya jadi oil kan, sedangkan kalau yang oil duluan, kadang kita bisa aja kelebihan ngambil. That's why, aku lebih suka cleansing balm.

Wanginya tercium seperti aroma floral yang calm dan relax. Baunya ga nyengat & dia mungkin baunya kaya camomile wkwk Entah lah, aku sendiri juga ga pernah tau secara detail wangi camomile gimana, memang ga berfaedah wkwk!


(Before) Kiri ke kanan: Eyeliner, Liptint, Lipstick, Foundation, Concealer, Pensil Alis.

Saat mengenai kulit, dia langsung lumer jadi oil gitu, karena suhu panas tubuh. Saat udah lumer, langsung deh di rata'in ke seluruh wajah yang penuh make-up. Voilaa, tinggal swipe sisa-sisa make-up pakai kapas atau spons & wajah sudah bersih dari residu make-up. Dia pas kena kulit agak terasa hangat, sehingga bisa mencairkan sisa make-up. Yaa, mirip-mirip sama margarin deh yang kena panas langsung meleleh hihii.. Menurut aku lebih enak ngangkat kotorannya pakai spons sih, karena benar-benar bersih & ga ninggalin rasa greasy. Aku pernah coba langsung bilas tanpa pakai spons, dan dia ternyata masih sticky gitu, perlu di bilas berkali-kali. Beda dengan pakai spons, ga perlu bilas banyak-banyak.





Cara menggunakan:

1. Pastikan wajah dalam keadaan kering dengan/tanpa make up
2. Buka jar kemasan, lalu ambil balm secukupnya dengan spatula
3. Tutup kembali jarnya, kemudian usapkan balm ke wajah dengan gerakan memutar
4. Balm akan berubah menjadi oil & make up akan lumer bersama kotoran di wajah
5. Setelah lumer, swipe sisa-sisa make-up dengan menggunakan kapas atau spons
6. Bilas dengan air & lanjutkan dengan facial wash atau skincare rutin. 



Ingredients (source: makeupalley.com)

Ethylhexyl Palmitate (Skin Conditioning Agent), Synthetic Wax (Binder/Emollient), PEG-20 Glyceryl Triisostearate (Skin Conditioning Agent), Olea Europaea Fruit Oil/Olea Europaea (Olive) Fruit Oil (Emollient), Butyrospermum Parkii Butter/Butyrospermum Parkii (Shea) Butter (Skin Conditioning Agent - Emollient), Caprylyl Glycol (Skin Conditioning Agent), Tocopherol (Antioxidant), Parfum/Fragrance (Fragrance), Aqua/Water (Solvent/Diluent), Linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Helianthus Annuus Seed Oil/Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil (Emollient), Anthemis Nobilis Flower Extract (Natural Additive), Citric Acid (pH Adjuster).


Contoh saat di swipe di kulit

Daya bersihnya, juaraa banget! Seriously, habis pakai ini, make up langsung ke angkat aja gitu & ga usah pake tenaga dalam wkwk. Wirosableng kali ya wkwk. Intinya ini lebih enak dari pada milk cleanser. Ga perlu di gosok lama-lama & dia udah ngelumerin kotoran sisa make-up atau skincare.

(After) Yang tersisa hanya stain liptint, dan ini menurutku masih sangat wajar.

Setelah menggunakan cleansing balm ini, wajah terasa bersih namun tetap lembab. Biasa kan yah, kalau cleansing yang berbasis oil masih agak lengket atau berminyak ya, biarpun di bilas berapa x tetep minyak. Nah, beda sama The Body Shop ini, feels nya sma sekali ga minyakan atau lengket & dibilas 2x aja udah bersih tanpa rasa minyak. Ini maksud yang aku bilang diatas lebih enak pakai spons. Hehehe..

Aku pakainya hemat-hemat banget & masih ada setengah jar hampir 1 tahun penggunaan, karena cukup mahal jadi sayang kalau boros. That's why, aku pakai ini pas lagi bener-bener perlu banget at least kaya full make up tebal.


Overall, ini jadi first cleanser favorit aku kalau lagi make-up tebal dan aku rekomen banget sama The Body Shop Camomile Cleansing Balm ini buat dicoba. Terlebih untuk kalian yang kulitnya sensitif & suka full make-up atau heavy make-up. Harganya 199.000 yang mana menurutku masih worth to buy, mengingat harga cleansing balm memang rata-rata kisaran segitu. Kalian bisa beli di seluruh counter The Body Shop yang ada di mall-mall besar Indonesia atau kalian bisa beli online juga disini.


Like:
1. Ampuh mengangkat make-up 
2. Praktis di bawa bepergian tanpa takut tumpah
3. Tidak meninggalkan rasa lengket & berminyak.
4. Hemat & awet untuk penggunaan jangka lama
5. Mudah sekali menghapus make-up yang tebal atau waterproof
6. Tidak membuang waktu karena benar-benar effortless saat digunakan
7. Cocok untuk semua jenis kulit terutama sensitif
8. Tidak membuat breakout/jerawatan

Dislike:
1. Tidak terdapat spatula untuk mengambil produk
2. Karena tidak ada spatula, sehingga kurang higenis
3. Harus punya spatula sendiri agar tetap higenis
4. Cukup pricey

Rating: 4.4 out of 5.0

Repurchase again? Yasss!


That's all for today post. I hope it can be helpful & can be reference if you want to try this products. Don't forget to follow & comment this post if you have another opinions. Thankyou for reading & see you on my next post! XOXO!



Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com

Disclaimer: This posting is my personal opinion and not sponsored, I bought it with my own money. Results can be different for each individual, depending on skin type and condition. Don't make a benchmark only according to one review.



You May Also Like

20 komentar

  1. baru tau kalau TBS ada cleansing balmnya, tapi sayang banget kalau mahal tapi enggak disediain spatula hmm... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa via.. Pake spatula sendiri sih wkwkwk

      Thankyou ud mampir ya :)

      Hapus
  2. Sayang bgt udah pricey tapi gk di sediain spatula -.-

    svnnyms.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sani, coba aja hrganya 150rb ke bawah, masih worth lah ya hehe

      Thankyou ud mampir :)

      Hapus
  3. spatula tu banyak dilupakan sama brand ya padahal itu krusial banget buat aku, jadi sebel suka beli spatula sendiri buat colek di krim ini krim itu :( padahal produknya cukup pricey :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya winda, kadang kalau kemasan jar apalagi lebar gini, perlu banget pakai spatula huhu

      Thankyou ud mampir :)

      Hapus
  4. Ohh aku baru tau Lisa kalo muka berminyak justru pakainya yg oil based, aku kira harus yang water based

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ga mesti yg water based kok, yang oil ini untuk hapus make-up tebal aja :D

      Thankyou ud mampir :)

      Hapus
  5. Ternyata hitungannya malah hemat ya, satu tahun masih nyisa setengah jar gitu :D

    Oh iya, PAO-nya berapa lama ini Lis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa hemat karena aku pakainya jarang mba leha, terkecuali lagi make-up tebal wkwk

      PAO-nya ini 12 month sih di kemasan, cuma pas udah 1 tahun pakai, cleansing balmnya masih bagus seperti awal beli & ga berubah macem2 kaya menandakan expired gitu.. Karena memang aku sendiri pakainya selalu higenis, hati-hati dan kering. Jadinya sampai sekarang masih bisa aku pakai & ternyata ga berubah formula, masih ampuh & ga bikin masalah kulit lain hehe (Bdw, jangan ditiru yak) wkwk~ LOL

      Hapus
  6. Baru tau produk ini. Penasaran coba tp cocok ga buat kulit kering ky aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat kulit kering cocok kok mba ruli, malah ini mulanya kan ditujukan untuk kulit kering/sensitif. Terlebih ini oil based, jadi bisa cocok untuk yang kulitnya kering hehe~

      Hapus
  7. Aku baru tau ad pembersih make up jenis balm gini. Kayaknya bagus ya langsung ngilang kinclong gt. Kalau ak bs lgsg tiduran hbs begini tanpa facial lg. Hihi. Tp it lip tint nya kokoh banget ya. Merk ap sih kok ak jd kepo. Hehe. *blm pernah make lip tint ��

    BalasHapus
  8. Sejak Banila.co ngehits, aku sudah penasaran banget kepengen nyoba cleanser yang tipe balm gini. Unik aja gitu ya. Tapi begitu tau harganya, aku langsung keder 😆 Etapi ngeliat review ini aku kok jadi kepengen nyobain yg dari TBS jugak ya. Ah ratjun nih 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung keder yaa wkwkwk

      Ayukk cobain yang TBS mba gita, worth every penny kok hihihi

      Hapus
  9. Ah, aku kepo deh jadinya sama cleansing balm. Dari Banila co tp agak2 takut sama isu2 ttg cleansing balm ini diwajah berjerawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kulitnya acne-prone juga kok rim, dan pas coba TBS ini fine-fine aja, ga ada problem sama jerawat .. Ga tau deh cleansing balm merk lain wkwk

      Hapus
  10. waduh ternyata ada juga ya pembersih muka bentuk balsem. makin canggih aja nih produk skincare. ini nggak keset gitu ya pas diusap ke muka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga keset kok mba antung, dia pas kena muka langsung berubah jadi oil dan creamy :)

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou