TERTARIK DENGAN OPERASI LASIK MATA? BERIKUT KRITERIA PASIEN YANG BOLEH MELAKUKANNYA!

by - 14.43


"Operasi lasik mata tidak bisa serampangan dilakukan kepada setiap orang yang matanya bermasalah. Ketidakcocokan bisa menimbulkan masalah baru."

Repot memakai kacamata merupakan salah satu alasan orang untuk memutuskan menjalani operasi LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis). LASIK adalah prosedur medis yang memang ditujukan untuk mengatasi masalah penglihatan yang bisa ditanggulangi sementara dengan kacamata atau softlens. Tapi, tidak semua orang dapat menjadi pasien operasi LASIK mata.

Sejumlah organisasi dari dalam dan luar negeri yang berkaitan dengan bidang kesehatan menyatakan eratnya hubungan kondisi calon pasien dengan keberhasilan operasi LASIK. Seperti American Refractive Surgery Council , yang menyarankan calon pasien sebaiknya berkonsultasi dulu dengan oftalmologis atau ahli bedah mata sebelum mengikuti prosedur LASIK.

Klinik atau rumah sakit mata pasti memiliki dokter mata yang kompeten dan bisa diajak berdiskusi tentang kriteria pasien yang cocok untuk operasi LASIK. Contohnya di KMN EyeCare, yang menyediakan daftar nama lengkap dengan profil dan foto dokter mata di website fasilitas medis yang dulunya bernama Klinik Mata Nusantara.

Konsultasi ini amat penting demi memastikan operasi LASIK mata berjalan sesuai dengan harapan. Terlebih biaya LASIK mata relatif tinggi, dari belasan juta hingga puluhan juta rupiah. Tentu kita tak mau sia-sia akibat kriteria yang tidak terpenuhi.

Kriteria Pasien Operasi LASIK

Mata adalah organ vital yang jika rusak bisa amat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Karena itu, simak kriteria pasien operasi LASIK mata berikut ini sebagai check list sebelum membiarkan mata ditindak untuk pengobatan.


1. Mata Sehat
Kondisi mata berpengaruh pada proses LASIK hingga pemulihan. Jika mata sedang bermasalah, misalnya mengalami infeksi, konjungtivitis, atau kering, sebaiknya tunda dulu operasi LASIK hingga mata membaik.

Jika kamu sering mengalami mata kering, LASIK berisiko memperparah kondisi tersebut. Mata kering adalah kondisi ketika mata tidak dapat memproduksi air mata yang cukup untuk menjaga mata tetap lembab dan sehat. Masalah mata kering bisa diatasi dengan perawatan seperti pemberian air mata artifisial, tetes mata, dan suplemen minyak ikan atau minyak biji rami. 


2. Kornea Cukup Tebal 
Operasi LASIK diterapkan dengan cara membentuk ulang bagian permukaan mata atau kornea. Karena itu, harus dipastikan ketebalan kornea cukup agar tidak terjadi komplikasi yang justru membuat penglihatan lebih terganggu. 

Untungnya saat ini sudah ada teknologi laser excimer, yang juga digunakan di KMN EyeCare. Teknologi ini sangat akurat dalam mengoreksi kornea. Hasilnya pun lebih terjamin dan lebih cepat. Operasi LASIK bisa diselesaikan hanya dalam hitungan menit, tidak termasuk persiapan. 


3. Pupil Pas 
Ukuran pupil alias manik mata juga berpengaruh dalam proses operasi LASIK. Pupil yang terlalu besar bisa mendatangkan risiko bulatan atau guratan pada penglihatan seusai operasi. Gangguan ini terutama muncul pada malam hari. 


4. Angka Minus/Plus/Silinder Tak Terlalu Besar
Operasi LASIK lazim dijalankan pada pasien dengan gangguan mata minus, plus, atau silinder. Tapi ada batasannya. Untuk dapat menjalankan LASIK, rabuh jauh yang diderita maksimal -12 (minus 12), rabun dekat maksimal 6 (plus 6), dan silinder maksimal 8. 

Kondisi mata harus dilihat secara tersendiri oleh dokter mata untuk dinilai. Angka ketebalan kornea dan angka minus/plus/silinder ini dihitung kemudian untuk menentukan seseorang dapat menjalankan LASIK atau tidak. 


5. Cukup Usia 
Calon pasien operasi LASIK disarankan berusia minimal 18 tahun untuk hasil yang maksimal. Sedangkan batas usia tertua adalah 40 tahun. Batas usia ini penting karena berkaitan dengan tingkat kesuksesan LASIK mata. 

Bila usia terlalu muda, kornea masih bisa mengalami banyak perubahan sehingga membuat operasi LASIK tak begitu berpengaruh. Calon pasien muda bisa berubah drastis angka minusnya dalam kurun waktu satu tahun. Ini membuat hasil operasi LASIK tidak maksimal. 

Sama halnya calon pasien berusia lebih dari 40 tahun, umumnya tetap harus memakai kacamata karena masalah presbiopa, atau berkurangnya daya penglihatan akibat usia yang menua (rabun tua). Sebagai catatan, perempuan yang telah masuk masa menopause cenderung mengalami mata kering. 


6. Sehat Walafiat 
Calon pasien yang mengalami problem autoimun atau kekebalan tubuh disarankan mengurungkan niatnya menjalani operasi LASIK. Seperti lupus atau HIV/AIDS. Orang yang hidup dengan diabetes, depresi, dan rasa sakit kronis seperti migrain serta rematik juga sebaiknya mengatasi masalah itu dulu sebelum melakukan operasi LASIK. Sebab, kondisi pasien saat pemulihan setelah LASIK bisa terpengaruh baik secara fisik maupun psikis. 


7. Tidak Hamil/Menyusui 
Masa kehamilan dan menyusui memicu perubahan hormon yang dapat memengaruhi kondisi kornea. Karena itu, operasi LASIK sebaiknya baru dijalankan setelah hormon stabil. Selain itu, cara terbaik untuk mengetahui kriteria pasien LASIK adalah tetap dengan menghubungi dokter. Seperti KMN EyeCare yang menyediakan fasilitas konsultasi awal via telepon, SMS, dan email. 

Calon pasien juga bisa berkunjung langsung ke klinik KMN EyeCare yang terdapat di Kebon Jeruk, Kemayoran, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Selatan dan Semarang untuk sekedar bertanya jawab. KMN EyeCare telah membangun reputasi sebagai klinik mata yang berkompeten menjalankan operasi LASIK dengan peralatan modern. 

Terbukti beberapa public figure seperti Yuki Kato & Kevin Julio turut menggunakan jasa KMN EyeCare untuk mengatasi masalah pada mata mereka lewat prosedur operasi LASIK. Biaya LASIK mata di KMN EyeCare pun terjangkau, terlebih ketika ada promosi berupa diskon yang sedang berlangsung. Bagaimana? Tertarik ke KMN EyeCare? 

Semoga postingan ini cukup membantu ya untuk kalian yang sedang bingung atau penasaran ingin melakukan LASIK mata atau tidak, karena semuanya tergantung pilihan dari diri masing-masing. 










You May Also Like

16 komentar

  1. Urusan kesehatan mata ini memang sedikit menakutkan ya, banyak pertimbangannya kalau ingin mengobati, salah-salah malah tambah parah. Semoga mata kita selalu sehat saja deh. Aamin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bersyukur yang punya mata normal ya hehe :)

      Hapus
  2. aku baru tau loh ini kalau opersi lasik ada ketentuan maksimal ukuran minus/plus/silinder. aku kira semua bisa
    tp mata memang indra paling utama sih. kalau aku sendiri sih buat jaga mata sehat harus rajin konsumsi jus wortel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya jg udh operasi ya, jadi mmg sebaiknya harus ada s&k nya buat mengurangi resiko yg ga diinginkan hehe Kalau soal minum jus aku juga suka kebetulan hihi

      Hapus
  3. Info bagus banget tentang Operasi LASIK mata, berarti mata Eny yg cenderung silinder ini bisa ya operasi tapi mesti Konsul dulu kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eny silinder jg kah? hehe Iyap harus konsultasi dulu dan mateng-mateng pkoknya hehe

      Hapus
  4. Infonya bermanfaat banget nih, Lisa. Apalagi buat aku yang berkacamata sejak SD. Jadi ada bayangan deh kalau nanti ada rezeki buat operasi lasik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg pake kcamata dri SD mba antung, makin kesini minusnya makin nambah, pengen lasik tapi nunggu perekonomian ud stabil ya huhu

      Hapus
  5. Aku tertarik banget nih sama lasik, apalagi kalo dari syarat masuk semua. Tp setauku biayanya mahal banget ya.. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba seandainya ga seberapa mahal, mngkin udah banyak kali ya yg lasik mata hehe

      Hapus
  6. Aku baru tau ada operasi namanya operasi lasik mata, tapi kok aku malah takut ya mba lisa. Apa adanya ajalah mataku ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau matanya normal aja memang ga usah di utak atik mba hehe Yang ini khusus buat yg minus, plus, sma slinder :)

      Hapus
  7. Aku dari dulu tertarik dengan Operasi lasik ini, capek euy pakai kacamata. Makasih ya Lis infonya. Bermanfaat banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti kalau ad rejeki lebih bisa lasik mata ya mba hehe

      Hapus
  8. Pengen banget lasik, soalnya takut pake softlens dan pake kacamata suka kedudukan huhu.
    Cuma masih takut dan biayanya juga lumayan.


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti biaya lasik ini bisa lebih murah lg ya sya, jadi yg memang kepingin dan membutuhkan bisa lasik dgn mudah hehe

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou