>> [REVIEW] BLESS ACNE SERIES (MERAWAT KULIT BERJERAWAT DI RUMAH)

by - 15.47

 

Halo guys! Hari ini aku pengen review soal produk yang ditujukan untuk kulit berjerawat atau acne-prone. Sebagai pemilik kulit acne-prone, tentu ga mudah-mudah untuk nemuin skincare yang cocok. Banyak trial error yang justrunya semakin memperparah kondisi kulit si acne-prone. Kadang kalau lagi jerawatan, aku selalu meminimal penggunaan skincare, karena aku ingin kulit aku sedikit bernafas dari skincare-skincare yang banyak aku gunakan. Biasanya sih, aku cuma pakai sabun cuci muka, toner, sunblock, dan bedak. Percaya deh, less is more bisa berpengaruh dalam hal ini, seperti yang sudah aku praktekkan selama satu minggu terakhir.




Apa aja sih yang udah di praktekkan? Tentunya mengganti produk yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak atau acne-prone. Kalau biasanya aku pakai toner yang melembapkan, maka kalau lagi jerawatan, aku cenderung pakai toner yang feelnya lebih matte di wajah. Begitu juga halnya dengan cleanser, bedak & make-up, sebisa mungkin harus disesuaikan dengan kondisi kulit terkini. Belakangan ini, aku lagi cobain rangkaian produk dari Bless Cosmetics. Bless ini merupakan produk lokal yang berkualitas, namun punya harga yang terjangkau. Selain itu, Bless sangat concern dengan kesehatan kulit sehingga sangat hati-hati dalam mengikuti trend.



Rangkaian produk yang aku coba yaitu Bless Acne Series. Sesuai namanya, rangkaian ini memang cocok digunakan untuk kalian yang kulitnya berminyak atau acne-prone karena membantu mengurangi minyak berlebih, membantu mencegah jerawat, bebas minyak & mengandung zat anti bakteri. Rangkaian Bless Acne Series ini terdiri dari Bless Acne Cleansing Foam, Bless Acne Cleansing Tonic, Bless Acne Liquid Foundation & Bless Acne Face Powder. Selain itu, di dalam kemasannya juga terdapat washlap handuk & bandana yang tentunya sangat membantu ketika membersihkan wajah & menggunakan skincare. Yuk, langsung kita simak reviewnya!




1. BLESS ACNE CLEANSING FOAM 
    (Rp 67.000 / 100ml)



Klaim produk: Sabun pembersih wajah yang mengandung vit E dan anti bakteri untuk membersihkan kulit berjerawat atau kulit berminyak tanpa menyebabkan iritasi atau kekeringan pada kulit. Formulanya yang pH balanced dapat menjaga stabilitas lapisan pelindung alami kulit. Mengandung Triclosan yang berfungsi sebagai Anti Bakteri, Vitamin E dan Glycerin yang berfungsi sebagai Pelembab & Sodium Cocoyl Isethionate yang berfungsi sebagai Mild Cleanser.



Bless Acne Cleansing Foam ini dikemas dalam tube fliptop putih bernuansa grey yang berukuran 100ml. Tubenya menurut aku cukup travel friendly karena tidak terlalu tinggi. Biarpun begitu, mereka juga mempunyai kemasan yang lebih kecil dengan ukuran 50ml.




Tekturnya cukup creamy, tidak terlalu padat dan tidak terlalu kental. Warna dari Bless Acne Cleansing Foam ini putih susu & wanginya mirip parfum cowok. Wanginya sendiri ga terlalu menyengat & masih bisa diterima. Waktu pertama kali nyium wanginya, aku ga notice sih kalau ini wangi cowok, namun lama-kelamaan baru mulai nyadar kalau wanginya lebih ke wangi parfum cowok. Bless Acne Cleansing Foam ini tidak berbusa ketika digunakan, mau sebanyak apapun sabun & airnya, busanya tetap tidak heboh seperti facial foam yang lainnya.

Cara pemakaian:
1. Tuangkan ke telapak tangan, campur dengan air hingga berbusa
2. Usapkan pada wajah & leher dengan gerakan memutar
3. Bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk 



Setelah menggunakan facial foam ini, wajah terasa ringan & lembut. Dia bener-bener bikin wajah lembap & halus setelahnya. Setelah dibilas, dia tidak membuat kulit terasa kering atau ketarik. Aku suka banget sama cleansing foam yang beginian, bikin nyandu banget tiap mau cuci muka wkwk~ Selain itu dia tidak memiliki butiran scrub, sehingga aman juga untuk kalian yang kulitnya normal to sensitive.

Aku menggunakan Bless Acne Cleansing Foam ini saat pagi hari & malam hari sebelum tidur. Menurut aku perfomanya cocok digunakan sebagai cleanser di pagi hari karena sangat mild. Sedangkan untuk malam hari, cocok digunakan sebagai second cleanser. Kalian yang kulitnya jerawatan pun ga perlu takut ini ngelukain wajah atau gimana, karena memang cleansing foam ini lembut banget. Mo nangiss sist, ada cleansing foam selembut & seenak ini!

Cleansing foam ini ampuh untuk membersihkan sisa skincare ringan saja, sedangkan untuk menghapus make-up perlu first cleanser yang oil based. Overall, aku suka banget dengan Bless Acne Cleansing Foam ini karena ringan, lembut, ga bikin kering dan nyaman banget ketika digunakan. Selain itu, dia juga tidak membuat jerawatan atau bruntusan baru.


Rate: 4.0 out of 5.0


    (Rp 63.000 / 125ml)


Klaim produk: Toner yang diformulasikan untuk menyegarkan sekaligus dapat membersihkan kulit berminyak dan berjerawat serta mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah. Mengandung Salicylic Acid yang berfungsi sebagai Anti Bakteri & Glycerin yang berfungsi sebagai pelembap.



Packaging, dikemas dalam botol plastik transparan yang disertai tutup ulir. Karena kemasannya transparan, sehingga dari luar kita sudah bisa melihat warna & tekstur dari toner ini. Karena mengandung Salicylic Acid, maka toner ini termasuk golongan BHA, yang mana artinya toner ini termasuk jenis exfoliating toner.



Teksturnya seperti air & berwarna pink. Wanginya tercium wangi alkohol yang cukup menyengat. Bila melihat ingredients, memang tertulis bahwa toner ini mengandung alkohol yang lumayan kencang. So, bagi kalian pemilik kulit sensitif mungkin cukup berhati-hati dengan produk ini.

Cara pemakaian:
1. Bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk
2. Tuangkan toner ke kapas & tepuk-tepuk lembut
3. Usapkan ke wajah secara perlahan



Ketika diaplikasikan ke wajah, aku sempat kaget karena terasa agak cekat-cekit & hangat. Aku pikir, mungkin ini reaksi yang memang dihasilkan seperti exfoliating toner kebanyakan. Tapi tenang saja, rasa cekat-cekit dan hangat tadi aku rasakan hanya pada pemakaian pertama kali, sedangkan untuk selajutnya aku tidak merasakan hangat atau tingling sensation.

Setelah diaplikasikan ke wajah, rasanya wajah jadi benar-benar bersih & tidak berminyak. Menurut aku, toner ini cocok digunakan untuk membersihkan sisa make-up, yang kita kurang yakin apakah wajah kita sudah bersih apa belum. Karena ini termasuk sedikit exfoliating toner, aku rasa kalian bisa mencobanya dulu secara perlahan & jangan langsung tiap hari. Kalau bisa sih gunakan secara selang-seling, sampai kita yakin kalau kulit kita bisa menerima dengan baik.

Aku menggunakan toner ini dengan cara di tab pelan-pelan, karena memang aku sendiri cukup sensitif dengan alkohol. Setelah penggunaan selama 1 minggu lebih, aku merasa wajahku jadi lebih bersih & minyak di wajah jauh lebih terkontrol. Feelnya juga terasa matte & pori-pori terlihat lebih bersih. Namun beberapa hari kemudian, aku juga merasakan kalau jerawat di wajahku jadi lebih cepat muncul & ada sedikit bruntusan. Untuk selanjutnya, aku mencoba mengurangi pemakaian toner ini dengan jangka waktu seminggu 1x, dan ternyata wajahku lebih cocok dengan dosis seminggu 1x.

Overall, aku rekomen produk ini untuk kalian yang kulitnya berminyak atau jerawatan, karena dia memang cocok untuk mengurangi minyak berlebih. Sedangkan untuk kalian yang kulitnya sensitif atau normal to dry, sebaiknya coba gunakan seminggu 1x dulu, karena memang reaksi exfoliating toner ini bisa berbeda-beda di setiap orang.


Rate: 3.0 out of 5.0


    (Rp 62.000 / 125ml)


Klaim produk: Foundation berbentuk cair yang oil free, mengandung formula untuk membantu mengecilkan pori-pori dan membantu mencegah jerawat. Dapat merawat dan menyempurnakan penampilan kulit wajah yang berjerawat. Mengandung Anti Bakteri & Zinc Oxide yang membantu mengecilkan pori-pori, Glycerin & Titanium Dioxide yang berfungsi sebagai pelembap & tabir surya.



Packaging, dikemas dalam botol plastik putih yang disertai tutup ulir. Kemasan foundation ini, sama seperti kemasan tonernya yang berisikan 125ml. Selain itu, mereka juga mempunyai kemasan travel atau trial yang berisikan 60ml. Untuk kalian yang mau mencoba foundation ini, mungkin bisa coba dari kemasan yang kecil dahulu ya, hehe~



Teksturnya, berbentuk cair yang artinya ini water based. Pertama kali liat teksturnya aku kaget kalau se-cair ini, dibilang tinted moistruizer juga bukan karena dia memang benar-benar cair dan ga ada kental-kentalnya. Warna dari foundation ini natural yang mana hanya tersedia satu warna & cocok untuk semua warna skintone. Terdiri dari 2 lapis cairan, yaitu cairan bening & cairan beige, sehingga kita harus mengocok foundation ini sebelum digunakan, agar kedua lapisan tadi dapat tercampur rata.

Cara pemakaian:
1. Setelah menggunakan toner & pelembap, kocok terlebih dahulu Bless Acne Liquid Foundation
2. Tuangkan foundation ke telapak tangan secara perlahan
3. Usapkan ke seluruh wajah sampai membentuk suatu lapisan tipis yang merata



Ketika di aplikasikan ke kulit, rasanya benar-benar ringan & tidak terasa seperti pakai foundation. Feelnya kaya cuma pakai toner di wajah & ga beberapa lama foundation ini mulai mengering dan set di wajah. Waktu setnya juga lumayan cepat, sehingga saat mengaplikasikan foundation ini kalian harus gercep, dan jangan di totol-totol seperti pakai foundation biasa.



Sisi kiri: no foundation | Sisi kanan: with foundation

Setelah set di wajah, foundation ini terasa powdery dan jatuhnya agak sedikit kering di wajah. Finishingnya matte dengan coverage yang bisa dibilang low. Seriously, kalau pakai foundation ini hasilnya sama seperti ga pakai foundation. Namun dengan hasil yang seperti itu, tentu foundation ini sangat cocok untuk sehari-hari atau kalau cuma di rumah saja. Untuk kalian yang ingin menggunakan foundation ini namun punya banyak scar gelap, kalian harus gunakan concealer yang lebih nutup lagi.



Menurut aku foundie ini bagus untuk kalian yang kulitnya jerawatan karena kulit kalian tidak akan berat terkena make-up dan membantu proses perawatan kulit selama berjerawat. Dia ga bikin jerawat baru atau bruntusan setelahnya. Hasilnya juga ga cakey atau crack, intinya sih ini perfect buat daily.  Staying powernya menurut aku lumayan jika digunakan didalam ruangan, sedangkan bila digunakan diluar ruangan, mungkin akan lebih cepat luntur. Cuma sejauh ini sih, di aku ga bikin berminyak kalau siang hari. Ya, sekitar 4-5 jam masih bisa stay kalau di dalam ruangan.

Tapi yang aku kurang sukanya adalah foundation ini kurang praktis karena harus di kocok terlebih dahulu, sehingga kurang pas kalau lagi buru-buru. Selain itu karena tekturnya yang cair, foundation ini juga mudah tumpah & berhamburan saat ingin digunakan. Overall, aku rekomen produk ini untuk kalian yang kulitnya berminyak atau berjerawat & suka dengan tampilan natural atau kalian yang lagi treatment jerawat, namun takut coba-coba foundation diluaran, kalian bisa coba foundation ini.


Rate: 3.2 out of 5.0


    (Rp 93.000 / 25gr)


Klaim produk: Bedak tabur yang mengandung tabir surya dan antiseptik, diformulasikan khusus untuk memulas dan merawat kulit berjerawat serta memberikan penampilan yang segar. Mengandung Anti Bakteri & Titanium Dioxide yang berfungsi sebagai tabir surya.



Packaging, dikemas dalam jar transparan dengan tutup putih yang terkesan simple. Isi produknya 25gr dan sudah dilengkapi spons aplikator. Bedak ini memiliki 3 shade yaitu Ivory, Natural dan Beige untuk yang paling gelap. Awalnya aku pilih shade natural, namun pas paketnya datang ternyata di kirimin yang ivory. Karena penasaran, aku buka aja & ternyata yang ivory cocok dengan skintone aku. Dia ga kegelapan dan juga ga keputihan di wajah.


Sponsnya sendiri bisa berfungsi dengan baik. Dia bisa mengambil produk & saat di usapkan mampu membaur dengan rata ke seluruh wajah. Sponsnya nyaman digunakan, tidak melukai wajah atau pun terasa kasar saat dikenakan. Selain itu, di sponsnya juga terdapat tempat untuk menaruh jari saat ingin mengaplikasikan bedak ke wajah.



Tekstur bedak ini cukup halus, namun masih terasa powdery di wajah. Ketika mau mengambil bedak ini sebaiknya pelan-pelan, karena saat penutupnya di buka, serbuknya cukup berterbangan. Wanginya sedikit strong, seperti wangi floral yang bercampur obat jerawat, namun ga sampai mengganggu.

Cara pemakaian:
1. Bersihkan wajah & keringkan dengan handuk
2. Gunakan Bless Acne Liquid Foundation sebagai pelembap atau alas bedak
3. Baurkan bedak ke wajah dengan menggunakan sponge & ratakan ke seluruh wajah



Setelah di aplikasikan ke wajah, hasilnya langsung membuat wajah halus, matte, dan poreless. Coverage bedak ini bisa di bilang ada, tidak yang transparan seperti translucent powder. Warna ivory ini cenderung warm ke yellow undertone dengan medium to light skintone. Di aku sih ga keputihan, malah wajah terlihat lebih cerah & fresh. Sayangnya, bedak ini cukup perih kalau kena mata, jadi kalian harus hati-hati agar serbuknya tidak masuk ke mata. 



Yang paling aku suka dari bedak ini adalah dia tahan lama kalau di pakai & nahan minyak banget. Aku suka banget sama staying powernya, di pakai seharian kurang lebih 6 jam ga pernah bikin berminyak atau lengket. Tapi ini karena aku memang beraktifitas di dalam ruangan ya, pernah sih coba pas siang hari keluar, namun dia juga ga bikin berminyak yang gimana, malah jatuhnya kaya lembap gitu di wajah. Selain itu, dia juga ga cakey di wajah & bedak ini tuh awet banget pemakaiannya.  



Aku sendiri udah gunain bedak ini sekitar 2 minggu dan ternyata emang cocok, ga bikin jerawatan atau bruntusan. Overall aku rekomen bedak ini buat kalian yang kulitnya berminyak atau acne-prone, karena dia ringan di wajah & memberikan tampilan yang lembut. 

Rate: 3.8 out of 5.0


Final thought: Diantara ke empat produk Bless di atas, aku paling suka sama cleansing foam dan bedak taburnya, karena mereka berdua ringan banget & nyaman digunakan. Cleansing foamnya bener-bener gentle di wajah dan bedak taburnya bener-bener bikin wajah halus serta poreless, terlebih mereka cocok di kulit ku & tidak menimbulkan jerawat baru/bruntusan. Selain itu, Bless juga punya range skincare lain, yang tentunya disesuaikan dengan tipe kulit kalian masing-masing, namun yang aku review hari ini yaitu Bless Acne Series, khusus ditujukan untuk kulit yang berjerawat.😉





WHERE TO GET [Offline Store]
  • Guardian
  • Boston
  • Watson
  • Century
  • Dan-Dan
  • Beau 

WHERE TO GET [Online Store]
  • www.bless.co.id 
  • Lazada
  • BliBli
  • Shopee
  • Tokopedia
  • Zilingo 
  • JD.id
  • dan beberapa e-commerce lainnya 
  • Official WA: 0822 6000 | LINE Shopping: Bless.Cosmetics 


MORE INFO

Website: www.bless.co.id
Instagram: @bless.cosmetics



Disclaimer: This posting are sponsored with Bless Cosmetics, but I wrote this opinion with my honest review and personal experience. Results can be different for each individual, depending on skin type and condition. Don't make a benchmark only according to one review. Thankyou for reading & see you on my next post ^^



Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com

You May Also Like

26 komentar

  1. Wahh baru tau kalau ini produk lokal, skrg makin byk ya produk lokal bermunculan, jd makin banyak pilihan

    ursula-meta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang brand local maju banget & hampir bersaing dengan brand luar :D

      Hapus
  2. Kata temenku yang jerawatan memang produk Bless ini cocok untuk kulit berjerawat. Cuma aku tetap sarankan pakainya dicoba satu-satu dulu supaya tau yang mana produk yang gak cocok kalau tiba-tiba ada masalah pas dipakai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener banget ini, intinya perlahan tapi pasti kalo mau coba-coba skincare hehe

      Hapus
  3. Wah, rangkaian produk Bless ternyata cukup banyak ya. Favorite aku sepertinya cleansing tonic itu, kelihatan segar aja gitu kalau produknya diaplikasikan ke wajah. Dan aku setuju banget dg pendapat less is more untuk skincare dan make up.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. Kdg kulit perlu jeda jugaa, bukannya di bombardir terus dgn produk-produk trutama yg kulitnya acne prone hehe

      Hapus
  4. waaaa...kayaknya seger bgt makainya.cucok gak ya buat aku hahaha..makasih yaa inpoh2nya..

    BalasHapus
  5. Aku dulu setuju sama less is more is better, tapi sejak kulitku berubah jadi kering aku ngerasa skincare ku kurang banget mengatasi kekeringan di wajah, jadi sekarang stepnya agak banyak sedikit, sekitar 5 layer lah, dan alhamdulillah jadi enakeun. Mungkin untuk yg oily iya cocoknya less is more karena klo kebanyakan bikin jenuh wajah yang sudah cukup kelembabannya (eh, aku ngomong apa ya? Cmiiw mastah :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn di panggil mastah mba.. Kdd apa apanya ini wkwkk

      Iya mba, klo oily kn dia rentan jerawatan jd ya pakai produk yg memang cocok di oily skin hehe :) Klo soal plembab sih memang perlu cm mngkin plembabnya harus yg water base atau lotion gel gtu hehehe

      Hapus
  6. pas baca 'cekat-cekit' pada wajah wah..jadi berasa gimana gitu. tapi efek pada masing-masing wajah orang kan beda-beda ya. so far nice info untuk perawatan wajah oily

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reaksi cekat cekit ini mngkin di stiap orang bs berbeda jg mba hehe :)

      Hapus
  7. wah, ada produk lokal lagi.
    Makin banyaklah produk lokal muncul dan bagus-bagus.
    Kapan-kapan ku coba ah

    salam,
    simatakodok.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga banyak lagi, bangett mahh ini .. Produk lokal emg lg gencar-gencaran 2 tahun terakhir hehe

      Hapus
  8. Harusnya saya pakai ini nih, soalnya berminyak dan rentan jerawat. Makasih infonya Mba Lisa.

    BalasHapus
  9. Ak dulu bingung loh mel, q kr kulit acne prone it emg di milk oleh org yg suka ganti2 skincare. Tmn2 ak kebanyakan gt soalnya. Tyt emg perlu perawatan yg beda y. Klo ak kulit cenderung normal sih, tp tipisnya pake banget. Udh dr kecil bgt pdhl g prnh make mcm2. Next ak tungguin deh Rekomendasi skincare buat kulit tipis. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka gnti skincare karena blm nemu yg cocok ya? Aku penasaran kulit mba winda ini setipis apa sih wkwk Lain sensitif lah mba jenis kulitnya??

      Hapus
  10. Wah mantap nih rangkaian produk ini cocok banget ya buat yang jerawat. Kebetulan nih temenku minta rekomendasiin kali aja dia cocok pakai ini...

    Terima kasih sharingnya ya kak...

    BalasHapus
  11. Katanya sepupuku, Bless ini emang bagus buat kulitnya yang oily dan berjerawat. Ternyata emang sebagus itu ya :')

    Ngomong-ngomong setuju banget dengan less is better. Banyak nggak selalu bagus dan cocok untuk semua kulit ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bless ini udah legend jg sihh klo di liat2 hehe

      Hapus
  12. Bedak tabur emang yang lebih baik dah hehe walau yg smooth banget tapi enak aja bedaknya buat kulit berjerawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rim, aku love banget sama bedak taburr .. Harus musti ada pkoknya wkwk Klo bedak padat habis gpp nanti nanti aja belinya, tapi klo bedak tabur sbelum habis jg udah di stock wkwkwk

      Hapus
  13. wah sudah ada di guardian yaa. pantas kayaknya familiar. kisaran harganya nih yang aku penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bs cek di website mereka langsung mba, udah di cantumin kok websitenya di more info . Kemarin mau cantumin harga, cuma mereka suka ngasih diskon jadi ga tentu pasti, cuma klo lg diskon lumayan hehe

      Hapus
  14. Penasaran sama bedak nya, gak bikin kulit berminyak juga. Ples juga tahan lama ���� Recomended buat yang cari seset untuk kulit berjerawat neh hehe

    BalasHapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou