>> [REVIEW] SKIN DEWI HELICHRYSUM BRIGHTENING VITAMIN C TREATMENT & HAZELNUT BALANCING CLEANSING MILK (ORGANIC SKINCARE FROM INDONESIA)

by - 12.40





Hello guys! Belakangan ini aku lagi tertarik banget dengan produk yang berbau organik. Sudah sejak lama, aku selalu penasaran dengan skincare yang berbahan dasar organik. Organic skincare sendiri dipercaya lebih bagus untuk kulit karena menggunakan bahan-bahan yang alami & natural. Sejauh ini, aku belum pernah mencoba skincare organik & ini merupakan kali pertama aku mencoba skincare dengan kandungan yang natural.

Skincare yang akan aku coba ini datangnya dari Skin Dewi. Yeps, another's from local brand! Akhir-akhir ini aku lebih sering cobain produk lokal. Karena selain mudah di jangkau, secara tidak langsung kita sebagai konsumen juga ikut memajukan produk negri sendiri. Bila buatan negri sendiri meningkat, otomatis perekonomian Indonesia juga turut meningkat.

Sebenarnya, aku dulu ga tertarik dengan skincare dari brand lokal. Bukan karena jelek yaa, tapi sejauh aku pernah mencobanya, aku merasa kurang cocok & ga serk aja. Hampir ada aja seperti feel yang ga aku suka, munculnya jerawat karena ga cocok, atau ada kandungan yang aku hindari. That's why kalau skincare aku lebih kebanyakan pakai brand drugstore, Jepang, atau Korea. Berbeda dengan make-up, kalau make-up menurutku produk lokal sudah banyak berkembang & bisa menyaingi brand-brand luar.



Tapii, ketika Skin Dewi mengirimkan produk ini untuk aku coba, persepsi ku mulai berubah. Aku yang sempat ragu mencoba skincare dari brand lokal, jadi penasaran karena kandungan mereka menggunakan plant based ingredients. Selain itu, kandungan Skin Dewi juga ga ada yang aku hindari, makanya aku mau coba produk ini. Buat kalian yang suka produk organik atau natural, kalian bisa lanjutkan baca sampai akhir yaa :)



Ada 2 produk yang aku coba yaitu Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment & Hazelnut Balancing Cleansing Milk. Kedua produk yang aku punya ini masih kemasan lama ya & kemasan barunya bisa kalian lihat di websitenya skindewi.com. Oke, mari kita mulai! Pertama, aku akan bahas si serumnya dulu yaa, hihi~


1. Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment



Klaim produk (source: Skin Dewi)

Powerhouse brightening corrector serum foruneven and dull skin tone with pigmentation. Vitamin C provides daily radiance and skin regeneration to restore your skin’s natural youthful bloom.

Our best-selling product, this advanced multi-action serum treatment is created with skin-brightening, pigment-lightening and anti-aging botanical extracts, actives and powerful doses of vitamin C to target uneven skin tone with spots, scars or other types of hyperpigmentation. It reverses discoloration to restore a youthful radiance and suppleness to the skin (vitamin C has been clinically proven to visibly brighten dull and pigmented skin).



Karena kulitku berminyak, aku menggunakan serum ini hanya pada malam hari sebelum tidur. Sedangkan siang harinya, aku hanya menggunakan toner, moistruizer & sunscreen saja. Sejauh ini, serumlah yang paling berperan banyak menurutku dalam menjaga kulit agar tetap cantik. Serumlah yang paling cepat meresap, memiliki partikel yang sangat kecil, dan paling banyak bahan aktifnya.



Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment ini mempunyai beberapa bahan baku yang sangat bagus untuk kulit, diantaranya:
  • Rosehip Co2 Extract: Melindungi kulit dari sun damage & membantu regenerasi kulit.
  • Kakadu Plum Extract: Kaya akan vitamin c, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.
  • Licorice Extract: Kandungan yang di ambil dari tanaman akar manis untuk membantu mengurangi flek/hiperpikmentasi.
  • Vitamin C: Berfungsi untuk mencerahkan, memudarkan flek hitam & mengstilmulasi produksi kolagen untuk pengencangan kulit atau mencegah penuaan dini. 
  • Helichrysum Oil: Membantu meremajakan kulit, dan mendukung regenerasi sel kulit baru. 
Bila mau liat ingredients lengkapnya, kalian bisa klik disini.


 


Dikemas dengan botol pump putih dengan isi 20gr. Menurutku, kalau untuk serum lebih enak dikemas dengan pump begini, jadi lebih praktis. Walaupun banyak orang yang suka dengan kemasan pipet, tapi aku jauh lebih suka yang pump.






Berupa cream yang berwarna kuning ke orange. Katanya, serum ini warnanya ga sama persis di setiap produk. Jadi, kalau kalian ada yang dapat warna kuning tua atau kuning muda, ga usah bingung, karena memang warnanya terbentuk dari kandungan organik yang saat itu sedang di pakai. Creamnya cukup ringan & mirip seperti lotion, tidak terlalu runny, namun tidak juga terlalu thick.



Beberapa teman-teman ada yang bilang kalau ini terkesan lengket & berat, namun aku ga merasakan hal itu selama penggunaan. Aku merasa serum ini ringan, cepat menyerap, dan ga lengket sama sekali. Entah yang di maksud feel lengket itu melembabkan atau bukan yaa, tapi aku merasa setelah pakai serum ini kulit jadi lembab, cuma ga over yang sampai oily.

Wanginya, tercium seperti aroma jamu-jamu herbal gitu, mungkin karena kandungannya memang natural ya, sehingga wangi yang dihasilkan pun juga natural. Aku ga masalah sih dengan wanginya, menurut aku masih fine di wajah & ga bikin pusing. Ketika diaplikasikan, wanginya perlahan juga hilang berbaur dengan meresapnya serum ke wajah.




Bersihkan wajah dengan cleansing, atau facial wash kalian yang ada di rumah. Kalau aku sih pakai Skin Dewi Hazelnut Balancing Cleansing Milk yang reviewnya bisa kalian lihat setelah ini ya, hehe~ Setelah wajah bersih, aplikasikan serum sekitar 1 pump setengah, karena kalau 2 pump menurut aku kebanyakan. Oleskan tipis-tipis agar langsung meresap, jangan sampai kebanyakan ya, takutnya nanti bisa berlebihan & lengket. Aplikasikan juga di bagian leher jika diperlukan.



Setelah penggunaan rutin 2 minggu, aku merasa kulit terlihat lebih cerah, jerawat berkurang, dan yang pasti kelembapan alami wajah tetap terjaga. Sejauh menggunakan serum ini, kulitku cenderung normal & tidak punya minyak berlebih seperti sebelumnya. Saat menggunakan serum ini, aku memiliki jerawat aktif di bagian dagu, awalnya sih ragu mau pakainya, terlebih ini vitamin C, yang mana katanya bisa memicu iritasi bila salah penggunaan atau digunakan pada kulit yang sensitif (CMIIW).

But, ternyata ga sehoror yang di bilang orang-orang, asalkan kita tau vitamin c yang tepat untuk kulit kita. Pas aku coba beranikan pakai serum ini, dia sama sekali ga ada efek cekat-cekit atau gimana, justru feelnya biasa aja & tau-tau nyerap. Aku sempat mikir sih, jangan-jangan besok harinya muncul jerawat berlebih atau breakout, tapi ternyata ga sama sekali bahkan hampir 3 minggu ini aku pakai terus tiap malam & it works. Jerawat yang mulanya radang, perlahan pecah, mengecil, kemudian hilang, dan sisa bekasnya saja.

Berikut sempat aku abadikan sedikit foto before after saat menggunakan serum ini:

Saat pengambilan foto memang beda efek cahaya & di ambil tanpa filter atau edit. Foto menggunakan cahaya matahari.

Bila di lihat di foto, mungkin tidak terlalu jelas hasil yang signifikan yaa, karena aku percaya skincare itu digunakan secara terus-menerus & bukan yang 2 minggu atau sebulan lalu berhenti. Kulit kita sendiri pun perlu waktu untuk memperbarui sel-sel kulitnya. Selama 2 minggu ini, aku merasa memang ada perubahan seperti wajah terlihat cerah & kulit terasa lembab. Untuk memudarkan bekas jerawat, menurutku cukup ampuh dalam artian bekas jerawatnya masih baru, bukan yang sudah menahun. Untuk memudarkan flek, aku ga melihat perubahan, karena flek ku sendiri memang sudah lama terbentuknya.

Overall, aku cukup suka dengan serum ini, karena nyaman banget digunakan & kandungannya calm di kulit. Aku dari lama memang suka sama kandungan seperti vitamin c, karena aku ngerasa setiap pakai skincare yang ada vitamin c nya pasti ngaruh di kulit. Selain itu, kandungan rosehipnya juga membantu banget untuk menenangkan inflamasi jerawat & mencegah penuaan dini. Aku rekomen banget Skin Dewi untuk kalian yang suka perawatan wajah natural, karena formula organik mereka tinggi.


2. Hazelnut Balancing Cleansing Milk


Mendengar kata cleansing milk, mengingatkanku dengan make-up remover. Awalnya, aku kira Hazelut Balancing Cleansing Milk ini merupakan make-up remover, namun ternyata ini setara dengan facial wash atau second cleanser jika menggunakan make-up.


Klaim produk (source: Skin Dewi )

Gentle milk cleanser that dissolves pore clogging impurities without drying your skin. Targets and balances combination to oily skin.

The first step to restoring an acne-free skin, Hazelnut Cleansing Milk simultaneously purifies clogged pores of impurities, wash away the daily stress of pollution and dirt, soothe angry blemishes, all whilst maintaining a creamy, nourishing, non-drying formula. A revitalizing concoction of omega-rich oils – jojoba, hazelnut and castor – is combined with a powerful blend of bacteria-killing, blemish-fighting essential oils to detoxify pores, clear acnes, and recondition damaged skin. Witch Hazel helps shrink the appearance of pores. The result: Your best looking skin yet.



Hazelnut Balancing Cleansing Milk ini ditujukan untuk jenis kulit berminyak & acne prone. Fungsinya untuk mengontrol minyak berlebih di wajah. Sedangkan untuk kulit keringnya, kalian bisa coba yang Raspberry Hydrating Cleansing Milk. Pernah denger kan, kalau kulit berminyak lebih bagus pakai pembersih wajah yang bebas sabun?

Itu karena, pembersih yang mengandung sabun rata-rata memiliki banyak busa & busa ini lah yang kita kira bersih. Padahal, busa-busa inilah yang kadang menguras kelembapan alami, sehingga kulit memproduksi minyak berlebih. Makanya semenjak tau hal ini, aku selalu cari facial wash yang memang gentle & ga bikin kulit ketarik seperti facial wash di pasaran.



Berikut beberapa kandungan yang ada di Hazelnut Balancing Cleansing Milk mereka:
  • Jojoba Oil: Menyerupai minyak alami kulit, non-comedogenic, ringan, dan sangat melembapkan kulit.
  • Hazelnut Oil: Berfungsi sebagai astringent alami untuk kulit berminyak, mengurangi tampilan pori-pori, sebagai anti-oksidan, dan menenangkan kelenjar minyak aktif.
  • Witch Hazel: Berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, mengurangi peradangan, mengatur produksi minyak/sebum, penyembuhan & menyeimbangkan pH kulit. 
Bila mau liat ingredients lengkapnya, kalian bisa klik disini.





Dikemas dengan tube putih berisi 50gr dan sangat mudah di bawa bepergian karena praktis. Wanginya kurang lebih seperti serumnya, namun yang cleansing ini aroma jamunya sedikit lebih strong. Pertama cium aromanya sih memang agak kaget ya, karena memang aku ga pernah ketemu sama aroma yang beginian, tapi pas udah sering di pakai jadinya biasa aja.





Cenderung creamy & sedikit lebih kental bila dibandingkan serumnya. Warna cleansing milknya juga putih susu dan lembut di kulit. Ketika diaplikasikan, rasanya sangat ringan dan sama sekali tidak berbusa. Hampir 11 12 sama Cetaphil yang pernah aku review disini. Bedanya kalau Cetaphil dia lebih thick teksturnya, sedangkan Skin Dewi lebih light. Kalau rasanya di wajah sih hampir sama ya, karena memang sama-sama tidak berbusa.


Cara merawat wajah yang benar ala Lisa Lim:
 
 
1. Bersihkan make-up dengan make-up remover


2. Tuangkan Hazelnut Balancing Cleansing Milk sebesar koin 100


3. Basahkan sedikit kulit wajah dan massage seluruh wajah
4. Bilas dengan air hingga terasa lembap


5. Lanjut dengan toner & Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment




Aku menggunakan Cleansing Milk ini pagi saat hendak beraktivitas & malam sebelum beristirahat. Habis pakai Hazelnut Balancing Cleansing Milk, rasanya wajah jadi bersih, lembut dan lembab. Ga ada lagi efek ketarik seperti pakai facial wash yang banyak busanya.

Sekarang, aku lebih suka pakai produk yang ga terlalu banyak busa, karena memang semenjak aku ganti facial wash ku dengan yang tidak berbusa, kulit rasanya jadi lebih tenang, normal & sehat. Kulitku pun hampir ga berminyak parah kaya dulu, jerawat pun jadinya juga lebih terkontrol. Aku mencuci wajah cukup 2x sehari agar wajah tidak terlalu kering & untuk sore harinya aku hanya menggunakan micellar water.



Cleansing Milk ini baiknya digunakan sebagai second cleanser saja ya, karena aku sudah coba untuk hapus make-up & hasilnya ga bisa terangkat. Pembersih ini menurutku cocok untuk membersihkan kotoran ringan, sisa skincare, atau bekas masker. Overall, mari kita checklist beberapa klaim mereka:

- Tidak menggunakan surfaktan, atau soap free (YASS)
- Emulsion base cleansing (YASS)
- Tidak mengeringkan kulit & mudah mengangkat kotoran (YASS)
- Tidak "over-cleansing" di kulit (YASS)
- Sangat gentle di kulit (YASS)
- Mempertahankan keseimbangan kulit (YASS)


Dari ke-6 poin di atas, menurutku semuanya memang terbukti & benar. Hasil ini di dapat dari penggunaan kedua produk secara bersamaan selama 2 minggu berturut-turut. Menurut aku serumnya worth to try, sedangkan cleansing milknya aku prefer pakai Cetaphil, but kalau kalian suka produk organik atau natural, aku yakin kalian pasti cinta banget sama Skin Dewi.



Skin Dewi Indonesia
Instagram: @skindewi
Website: skindewi.com


1. Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment [Rp.900.000,00]
2. Hazelnut Balancing Cleansing Milk [Rp.285.000,00]



Disclaimer: This posting are sponsored with Skin Dewi Indonesia, but I wrote this opinion with my honest review and personal experience. Results can be different for each individual, depending on skin type and condition. Don't make a benchmark only according to one review. Thankyou for reading & see you on my next post ^^



Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com





You May Also Like

18 komentar

  1. Kerja serumnya ngefek benar2 menghilangkan noda hitam di pipi secara berangsur :)
    Saya puas mencobanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Ani, aku juga ga sabaran mau habisin serumnya wkwk

      Thankyou ud mampir mba :)

      Hapus
  2. wah efeknya luarbiasa banget ya bisa signifikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Jenn :)

      Thankyou ud mampir ^^

      Hapus
  3. Skin Dewi itu lokal produk dari asal mana ka kalau boleh tau? Btw itu Serumnya bikin dompet aku kagetloh :(

    Sani MS
    svnnyms.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skin Dewi produk Indonesia, ownernya kak Dewi Kauw. Beliau Lulusan Teknik Kimia di University Of Washington, kemudian banyak belajar di lembaga kecantikan luar negri & kak Dewi sering ngadain workshop tentang DIY Skincare dari bahan Organik. Kalau penasaran mampir aja ke instagramnya @dewikauw atau @skindewi :)

      Kalau produk organik rata-rata memang pricey, apalagi sejenis serum ^^

      Thankyou ud mampir :)

      Hapus
  4. Iya aku setuju kalau cleanser-nya mild yah di kulit, jadi enak ngga ketarik setelah dikeringkan hehe Tapi kurang okenya karena ngga bisa angkat makeup agak berat heheh Padahal enak, sayang aja yah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nin, makanya kalau make-up aku pakai cleansing balm dlu atau micellar water dlu wkwk

      Thankyou ud mampir ^^

      Hapus
  5. Baca reviewnya ngeliat keren banget, cuma memang aku gak jerawatan sih. Jadi ga berani coba. Begitu liat harganya ulala.. Lebih mahal drpd serum vit.c TBS ya.. Aku dulu pake vit.c nya tbs iritasi. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini buat semua jenis kulit kok, ga mesti buat yg jerawatan aja hehe

      Iya cocok"an memang kalo soal vit c ini

      Hapus
  6. Wah di kamu cocok banget deh mel kayaknya si serum ini, di aku masih love hate gitu. Huhu ��

    BalasHapus
  7. Organik di mana2 memang lebih pricey yak, bahan bakunya susah juga soalnya. .... Btw, aku juga selalu cari facewash yang less foam krn yg bejibun bikin mukaku kering, komedoan, dan kusam :( ga banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh iyaa itu salah satu faktor jadi agak pricey hehe

      Iya mba fika, kalo ud pernah pake yg less foam pasti beda deh wkwk

      Hapus
  8. Wah sama kaya aya nih mba Melisa, Emang bagus Bet. Aya mikir buat repurchase lagi wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aya, tapi harganya ga nyantai yaa wkwk Makanya di hemat2 #LOL

      Hapus
  9. harganya lumayan bikin kejengkang. hehe. btw aku jadi pengen coba nih pakai serum vitamin C buat meratakan warna kulit yang belang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, asal belangnya jangan yang sudah menahun yaa wkwk

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou