>> [REVIEW] CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER (MY FAVORITE CLEANSER FROM DRUGSTORE)

by - 20.25



Haiii ladies, hari ini aku akan me-review sebuah facial wash atau cleanser lagi yaitu dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Setelah kurang puas dengan hasil yang diberikan Innisfree Jeju Bija Anti Trouble, aku berfikir mencoba mencari pengganti Innisfree yang lebih ampuh, kenapa aku ganti? Karena sekarang kondisi kulitku cenderung ke arah kering, tapi masih ada kombinasi berminyak sedikit.



Sampai pada suatu hari bertemulah aku dengan si Cetaphil ini, yang mana waktu itu banyak banget beauty blogger/vlogger yang bilang Cetaphil ini sebagai The Best Cleanser Ever yang selalu membuat mereka kembali pulang setelah putus dari dokter kulit, setelah breakout, setelah iritasi, setelah kulit kebakar sinar matahari, setelah radang karena jerawatan dan setelah ga nemu-nemu facial wash yang cocok. Sampai pada akhirnya pun, aku juga repurchase Cetaphil ini yang ukuran pump sekalian biar lebih hemat :D

Cetaphil kemasan pump 500ml

Setelah melalang buana mencoba berbagai macam jenis facial wash yang ada di pasaran sampe merk korea sekalipun, kenapa ya aku ngerasa kayanya sama aja, ga ada bedanya gitu, di kulit hasilnya cenderung bikin kulit kaya kering & ketarik. Facial wash yang baik adalah facial wash yang tidak membuat kulit kering setelah menggunakannya. Mungkin bagi kalian yang kulitnya oily parah bakal suka dan ngira pasti efek kering & ketarik ini bersih, padahal belum tentu juga. It's why biarpun kulitku berminyak, aku tetep ga suka sama efek kering ini.

Cetaphil kemasan fliptop 125ml

Namun, pendapat ku berbeda setelah mencoba si Cetaphil ini, bisa dibilang dia merubah mindset ku dalam membersihkan wajah. Pokoknya pas pake si Cetaphil ini berasa banget deh praktisnya bersihin wajah, ga kaya PR seperti facial wash lain, yang musti di bilas which is kena air lagi terutama kalo udah malam, males banget rasanya main-main air ke kamar mandi, belum lagi busa/foamnya yang kadang berhamburan kena pinggir rambut, kena baju jadi basah-basah dikit ntar malah masuk angin lagi, belum juga bikin muka kaya berasa tebel dll.

Yang kemasan pump ini bisa di lock juga, jadi ga mudah tumpah deh :)

Cetaphil ini bisa digunakan dengan air/tanpa air, gentle banget kan ya berarti? Formulanya pun juga bebas sabun & mengandung ph balance, jadi sudah pasti aman untuk kulit sensitif bahkan kulit bayi sekalipun. Cetaphil ini juga non-comedogenic, sehingga tidak menyumbat pori-pori kita. Tak cuma itu, Cetaphil ini juga multi fungsi banget, bisa di jadiin moisturizer, scrub wajah, masker diy, dll. Di kemasannya sendiri juga tercantum bahwa Cetaphil punya banyak keunggulan dibanding facial foam lain.


Aku membeli Cetaphil ini di Sociolla saat ada promo buy 1 get 1, harganya yaitu 125.000 dengan isi 125ml, ya kurang lebih harga micellar water Bioderma lah ya wkwk. Awalnya sih aku mau beli yang khusus kulit berminyak, tapi setelah baca review blogger lain yang bilang kalau untuk oily itu terlalu kering, jadi aku memutuskan untuk membeli yang ini saja. Walaupun yang gentle memang di tujukan untuk kulit normal, tapi di kulitku oily kombinasi sendiri dia tidak membuat semakin berminyak, malah melembabkan. Lembabnya pun pas tidak berminyak dan tidak kering gitu.


Aku menggunakan Cetaphil ini sebagai first cleanser di pagi hari, dan second cleanser di malam hari. Kalau untuk pagi hari, aku menggunakannya dengan air seperti biasa, sedangkan bila malam hari apalagi saat mager, terkadang aku tidak menggunakannya dengan air, tapi cukup dengan washlap, handuk, tisu, atau kapas.



Packaging Cetaphil ini menurut ku cukup unik ya, di kemas dengan tutup fliptop biru, dan karena tubenya agak lebar gitu, dia ga terlihat seperti packaging sabun muka, tapi kaya sabun mandi, tapi bener loh Cetaphil ini bisa juga digunakan untuk wajah & tubuh. Kemasannya pun kurang travel friendly karena aksen lebarnya tadi, sehingga bila di bawa bepergian lebih baik di pindahkan ke kemasan yang lebih kecil atau slim.


Teksturnya sendiri cukup kental, seperti susu kental manis kalau aku bilang, dan ketika di usapkan ke wajah, dia sama sekali tidak berbusa, dan tidak ada wewangian. Mau di gosok sekencang apapun atau di campur air sebanyak apapun, dia tetap tidak berbusa. Jadi, kalian jangan ngotot tuang sabunnya banyak-banyak ya, kasian malah jadi boros. Awalnya aku ga terbiasa sih, tapi lama-lama jadi terbiasa dan ga masalah kalau cuci muka ga ada busanya. Mungkin bagi sebagian orang ngerasa kurang bersih atau gimana ya, jujur aku pertama pake juga gitu, tapi kalau kita gosok sambil di pijit bener-bener & rata ke seluruh wajah, rasanya wajah memang benar-benar bersih.


Cetaphil ini cocok digunakan sebagai sabun cuci muka biasa, kalau untuk menghapus make-up dia kurang ampuh, apalagi yang waterproof bener-bener ga bisa keangkat. Saran aku kalian gunakan make-up remover lain secara terpisah, karena aku pernah test untuk hapus make-up dan hasilnya kurang works. Sedangkan bila di pakai untuk second cleanser atau sabun cuci muka biasa, dia sudah bekerja dengan baik.


Setelah menggunakan Cetaphil sehabis cuci muka, aku merasa wajahku jadi lembab dan kenyal, aku suka banget dengan efek ini, serasa mau megang wajah terus. Rasanya kulit kaya bener-bener sehat, bruntusan pun udah hampir ga muncul. Awalnya aku sempat ragu sih dengan daya bersihnya, secara kan dia ga berbusa, tapi ternyata daya bersihya memang bagus, terbukti pas aku lanjut pakai micellar water/toner dia ga ada nempelin sisa-sisa kotoran di kapas. Bener ya memang kalau ada yang bilang, banyak busa belum tentu bersih hahaha..


Semenjak pake Cetaphil ini aku hampir jarang jerawatan, biasanya kalau PMS, aku selalu muncul jerawat hormonal di area dagu, but setelah pake Cetaphil ini aku jarang jerawatan. I think, sebesar itu kah pengaruh mengganti facial wash yang cuma sebentar nangkring di wajah terus di bilas, dan ternyata ya memang ngaruh banget! Memang sih kadang kita cenderung hemat di facial wash karena cuma dianggap sebentar trus di bilas, jadi ngapain beli mahal-mahal? Kalau kulit kalian fine-fine aja dengan facial wash tersebut ya gapapa, lah kalau yang kulitnya sensitive-prone?


Menurut aku sih facial wash mempengaruhi skincare yang akan kita pakai selanjutnya gimana~ Contoh ya, misalnya kita pake facial wash yang bikin kering, terus pas kita pake toner pasti berasa kulit kaya makin ketarik dan kalo lama-lama mungkin bisa menyebabkan iritasi, berbeda dengan bila kita pakai facial wash yang ga bikin kulit kering, pas aplikasi tonernya mungkin ga akan berasa ketarik. Why? Karena aku sendiri udah sering banget nyobain dan ngerasain, jadi akhirnya tau deh perbedaannya. Tapi ini tergantung jenis toner kalian juga ya, soalnya setau aku di pasaran itu banyak toner yang mengandung alkohol yang mana bisa membuat kulit kering. Bayangin deh, udah facial washnya bikin kering, tonernya bikin kering, apa ga bisa memicu iritasi coba? Ini pendapatku aja ya, logikanya kira-kira begitu~


Biarpun setelahnya pakai pelembab, tapi kan tetap aja udah rentan memicu iritasi, pelembab hanya berfungsi untuk menjaga/mempertahankan minyak alami di kulit, sedangkan minyak alami yang udah terlanjur hilang habis cuci muka & pake toner tadi? Gimana balikinnya coba, mungkin sekali dua kali ya ga ada bedanya, tapi kalo setiap hari 2x sehari? Lama-lama kan kulit bisa kehilangan minyak alaminya, kalau udah hilang pasti PR lagi deh nyari skincare yang cocok ~ Huhuu.. Daripada udah terlanjur ya ga ada salahnya sih kalian coba hunting facial wash yang cocok untuk kulit kalian, dan pastinya yang ga bikin kulit kalian kering. Percaya deh, mungkin sekarang hasilnya ya biasa aja, tapi nanti kalau udah lama kalian bakal ngerasa kog perbedaan yang signifikan kaya aku hehe..


Overall, aku suka banget sama Cetaphil ini, berasa kaya habislah sudah ujung pencarianku pada facial wash wkwk. Sekarang aku jadi ngerti deh kenapa banyak orang yang bilang ini sebagai produk yang selalu bikin mereka balik haha dan aku ngerasa juga kalo Cetaphil ini susah bikin aku pindah ke facial wash lain wkwk.. 


Cetaphil ini bisa kalian beli di Drugstore seperti Guardian, Watsons, atau kalau di kota kalian belum lengkap drugstorenya, kalian bisa beli online di Sociolla. Saran aku kalau memang mau nyoba, bisa beli tube yang paling kecil, dan kalau udah cocok & nyaman, baru deh beli yang kemasan besar sekalian, biar harganya lebih murah :D




Plus (+++) :
1. Bisa di gunakan dengan/tanpa air
2. pH balance
3. Cocok untuk semua jenis kulit
4. Formula bebas sabun
5. Tidak mengandung pewangi
6. Non comedogenic
7. Tidak membuat breakout/iritasi
8. Gentle untuk kulit sensitif
  
Minus (---) :
1. Lumayan pricey
2. Tube 125ml hanya cukup untuk penggunaan sebulan
3. Kurang travel friendly
Rate :
4.5 out of 5.0

Repurchase again? Yes, of course ^^


Okay ladies, sekian untuk review hari ini, semoga bisa membantu atau jadi referensi untuk kalian yang udah pasrah cari cleanser sana-sini tapi ga ada yang cocok, semoga ini bisa jadi pilihan. Thankyou for reading, kalau ada pendapat lain atau kalian udah pernah coba juga, jangan lupa share di bawah yaa! See you on my next post and stay gorgeous :D



Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com 


Disclaimer: review jujur ditulis apa adanya & berdasarkan pengalaman pribadi penulis dalam menggunakan produk, produk di beli menggunakan uang sendiri, tidak di sponsori, hasil bisa berbeda tiap individu, tergantung jenis dan kondisi kulit masing-masing, jangan di jadikan patokan hanya menurut satu review.




You May Also Like

9 komentar

  1. Halo kak..i love reading your blog, reviewnya lengkap dan membantu banget krn sepertinya tipe kulitku sama2 acne prone dan cenderung normal to oily hehe
    Mau tanya kak udah pernah coba produknya shiseido senka perfect whip blm ya? Soalnya lagi cari facial wash yg cocok antara cetaphil ini atau senka
    Thanks before :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, thankyou jg sbelumnya sdh berkunjung :D

      Yg senka perfect whip itu belum sempat cobain hehe Tapi nanti bakalan mau aku coba juga hehe

      Setau aku senka itu dia sama2 lembut & ga bikin kulit kering/ketarik .. Bedanya kalo cetaphil kurang ampuh ngangkat make up & cocoknya buat ngapus kotoran ringan atau buat cleanser di pagi hari .. Sedangkan yg senka dia lebih deep cleansing cm ttp lembut dan lebih ampuh ngangkat make up sama kotoran yg lebih dalam :)

      Hapus
  2. bagusan ini atau cosrx low ph good morning kak ?
    soalnya masih bingung mau beli yg mana -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg cosrx aku blum pernah cobain..

      Hapus
  3. Ka aku mau nanya nanya nih aku baru beli cetaphil gentle skin cleanser 2 hari lalu ini pertamakalinya aku nyoba face wash ini. Aku pake 2 hari dan pas hari kedua ini, sore aku pake lagi trs kulit wajah aku agak merah ka kaya ruam gitu sampai sekarang. Ini efek ga cocok apa detox ya karena sebelumnya sempet coba macem" sabun cuci muka. Makasih ka

    BalasHapus
  4. Hai ka, aku mau tanya nih.
    Aku baru beli cetaphil gentle skin cleanser ini baru aku pake 2 hari. Dan pas hari kedua ini, sore aku pake trs kulit wajah aku jadi ruam merah gitu ka. Kira kira ini efek ga cocok apa detox karena sebelumnya aku ganti ganti face wash ya?
    Makasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aku, coba aja kamu pakai dulu cetaphilnya selama seminggu & liat masih ruam apa ga.. Kalau masih ruam, coba aja kamu hentikan pemakaian, dan balik pakai sabun cuci muka kamu biasa, trus liat ada perubahan lebih baik apa ga, kalau misalnya baikan, kamu pakai dulu sabun cuci muka kamu yang biasa selama seminggu .. Kalau udah ga kenapa-kenapa coba pakai cetaphil lagi, kalau muncul ruam lagi, kemungkinan memang kamu ga cocok sama cetaphil..

      Setau aku, jarang sih sabun cuci muka bisa ngedetoks, itu biasanya di skincare .. Dan kalau habis cuci muka, biasakan bener-bener bersih, jangan sampai sisa-sisa sabunnya masih tertinggal :)

      Hapus
  5. Hai ka mau nanya nih, kalau setelah cuci muka pake cetaphil ini gak pake cream lain2 gitu ? Semacam toner atau sunblock, kalau ada, ada produk yang bisa direkomendasikan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bisa pakai sist .. Kalo rekomendasi, bisa liat review-review di blog ini ya, soalnya kecocokan tergantung di kulit masing-masing hehe :)

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou