[REVIEW] LANEIGE NEO CUSHION GLOW SPF 50+ PA+++ & NEO CUSHION MATTE SPF 42 PA++ SHADE 23N SAND BEIGE

by - 15.11


Sebagai penggemar kdrama and korean makeup, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba produk cushion yang awalnya jadi pelopor trend kbeauty. Sama seperti brand Laneige dari Amore Pacific yang pertama kalinya mengeluarkan produk cushion yang menjadi awal menjamurnya cushion-cushion lain di pasaran. Bagaimana tidak, cushion ini sangat memudahkan plus mempersingkat durasi penggunaan makeup. Hanya dengan beberapa kali tap, wajah sudah terlihat flawless dan cocok sekali untuk morning person atau para moms yang ga punya banyak waktu untuk makeup seperti saya.  

Sebagai pencetus cushion pertama di industri makeup, tentu ga mungkin kalau beauty enthusiast seperti saya belum mencoba cushion legendaris dari Laneige. Kurang lebih 7 tahunan dari awal keluarnya cushion ini, saya udah suka banget sama cushionnya Laneige. Cushion Laneige yang pertama kali saya beli waktu itu adalah series pore control yang pernah saya review disini. Kala itu, saya tertarik membeli cushion ini karena sempat digunakan oleh Song Hye Kyo dalam drama Descendants Of The Sun, terlebih Song Hye Kyo lah yang dulunya jadi brand ambassador Laneige. 

Walaupun waktu itu belinya masih pikir panjang, karena belum berpenghasilan sendiri, tapi menurut saya cushion ini worth the money. Kalau dibilang pricey sih sebenarnya ga juga ya, cuma mungkin karena liquidnya terserap ke bantalan cushion sehingga terkesan boros. Padahal kalau dipikir, bantalan cushion ini justru sedikit menghemat pemakaian base liquid produk, dimana sebagai sarana transfer dari bantalan cushion ke sponsnya melalui rongga-rongga yang berlubang. Karena menggunakan bantalan cushion juga, sehingga hasilnya pun jauh lebih natural dibandingkan dengan mengaplikasikan base liquid produk secara langsung. 


Karena jaman semakin berkembang dan makeup tentunya terus update juga, maka kali ini saya mengupdate cushion lama saya dengan cushion terbaru dari Laneige yakni Laneige NEO Cushion. Sebelumnya, saya sudah sempat mereview NEO Foundation nya yang sangat skin like, high coverage, dan juga longlasting disini. Nah, kali ini series cushionnya kurang lebih juga dengan NEO Foundationnya, hanya saja dikemas dalam bentuk cushion yang lebih praktis, travel friendly, dan hasil yang lebih natural. 

Perbedaan cushion pore control yang dulu saya coba dengan NEO Cushion ini adalah base cushionnya, kalau dulu series pore control masih menggunakan bb cream sebagai base nya, maka series NEO ini sudah menggunakan foundation sebagai base, sehingga hasilnya lebih covered, smooth, dan flawless. Kalau kulit kalian banyak problem seperti bekas jerawat, flek hitam, atau pori-pori besar, cushion dengan base foundation akan jauh membantu menyamarkan imperfections pada kulit dan lebih cocok di kulit Indonesia seperti saya. 


Sama seperti dengan foundationnya, NEO Cushion ini juga tersedia dalam 2 finish yakni Glow & Matte yang disesuaikan untuk jenis kulit kering dan berminyak. Selain jenis kulit, kalian juga bisa kok menyesuaikan finish Glow & Matte ini dengan style makeup kalian, karena kedua finish ini punya target market berbeda yang disesuaikan dengan keperluan & kebutuhan masing-masing individu. Perbedaan khusus dari kedua varian ini adalah SPF yang digunakan yakni SPF 50+ PA +++ untuk varian Glow dan SPF 42 PA++ untuk varian Matte.


Tak hanya itu, NEO Cushion ini juga menjadi cushion pertama yang memiliki Blue Light Protection, dimana dapat mengatasi kerusakan kulit, seperti kekeringan, akibat paparan sinar biru jangka panjang dari ponsel dan layar. Nah, disini saya kebetulan mencoba 2 finish yang berbeda dengan shade yang sama yakni shade 23N yang cocok untuk medium skintone with yellow warm undertone seperti saya. Kalau kalian punya warna kulit yang mirip atau hampir mendekati warna kulit saya atau ingin melihat referensi shade 23N ini di kulit saya sebelum membelinya, keep scrolled! 


Product Desc: 





NEO Cushion Glow 
  • Cushion yang dilengkapi Liquid Diamond™ memberikan hasil akhir kulit bercahaya 360॰
  • Kandungan Pigment True Color Solution™ membuat wajah nampak cerah dan bersih 
  • Memberikan hidrasi kulit 5.7x untuk kulit lembab dan hasil yang bertahan hingga 24 jam 
NEO Cushion Matte 
  • Cushion dengan formula ultra ringan yang mampu bertahan dari keringat hingga 24 jam
  • Mampu menyamarkan noda, pori-pori, dan cela di kulit 
  • Memberikan hasil akhir Soft Matte 
Price: Rp 620.000,- / set with refill 

Packaging: 

Hadir dalam box dan kemasan compact berwarna pastel yang sama seperti NEO Foundation nya dengan warna Nude Pink untuk varian Glow, dan warna Mint Green untuk varian Matte. Di dalam boxnya berisi satu produk cushion 15g dengan case dan satu refill 15g yang sudah dilengkapi puff. 



Desainnya super minimalis seperti korean estetik, simple, polos, dan terdapat emboss Laneige pada bagian atas tutup cushion. Bentuk case dan warnanya yang unik memberikan kesan cute, namun tetap classy ketika digunakan. Selain itu, NEO Cushion ini juga bisa digunakan untuk pengguna tangan kiri loh, karena desain casenya yang universal. 

Texture & Puff: 

Left: Air Hole Puff Glow | Right: Air Pocket Puff Matte 

Yang cukup unik dari kedua varian ini adalah puff cushion yang berbeda dari puff lainnya dimana terdapat lubang kecil-kecil yang disebut Air Hole Puff untuk varian Glow dan celah-celah bergaris yang disebut Air Pocket Puff untuk varian Matte. Kedua jenis puff ini memiliki fungsi yang sama yakni untuk membantu penyerapan dan pengeluaran produk cushion secara maksimal ke kulit serta menyebarkannya secara lembut plus merata. Intinya sih, kalau kita pakai puffnya ini, penggunaan cushion jauh lebih hemat, karena tidak sepenuhnya terserap ke spons puff. 


Dari segi tekstur varian Glow terkesan lebih ringan, melembabkan, dan lembut. Sedangkan varian Matte terasa ringan juga namun lebih padat, dan hasil yang high coverage. Hanya dengan satu kali press ke bantalan cushionnya, produk yang keluar sudah cukup untuk pengaplikasian seluruh wajah termasuk leher dengan hasil yang skin like namun tetap covered. Which is, spons puff tadi memang berfungsi dengan baik dan ga cuma gimmick. 

Shade: 


Laneige NEO Cushion Glow & Matte ini tersedia dalam 10 macam shade yang semuanya cukup untuk mewakili berbagai jenis warna kulit. Shade yang saya coba ini adalah shade 23N Sand Beige. 


Awalnya, saya sempat bingung antara shade 23N atau 25N, karena keduanya sama-sama medium yellow with warm undertone, terlebih shade 25N Tan cenderung fit ke Indonesian's skin. But, karena takut yang 25N ini terlalu gelap, belum lagi kalau dipakai lama kan biasanya agak ngikut warna kulit yah, so jadi saya pilih yang 1 tingkat lebih cerah dari warna kulit. Baik varian Glow maupun yang Matte, kedua shade 23N ini memiliki warna yang sama persis dan tidak lebih cerah atau lebih gelap satu sama lain. 

Finish: 


Untuk yang Glow ketika diaplikasikan ada memberikan sedikit sensasi sejuk dan basah di kulit. Sedangkan yang Matte, ketika diaplikasikan lebih cepat meresap dan langsung set di kulit. Untuk wewangian dalam cushion, yang varian Glow ini lebih keluar wangi khas Laneige nya dari varian Matte. Untuk yang Glow finishnya cenderung dewy dan melembabkan, sedangkan yang Matte finishnya cenderung soft matte dan poreless. . 
 
Coverage: 


Dari segi coverage, yang Matte lebih full coverage dibandingkan yang Glow. Sedangkan yang Glow lebih ke medium to full coverage. Disini aku mencoba menggunakan NEO Cushion Glow di setengah wajah bagian kiri dan NEO Cushion Matte di setengah wajah bagian kanan. Karena wajah ku kebetulan sedang ada jerawat yang cukup besar di bagian dagu bawah sebelah kanan, jadi aku test untuk gunakan varian Matte di sebelah kanan. 


Untuk menyamarkan kemerahan jerawat, NEO Cushion Matte ini dapat mengatasinya, namun untuk bump jerawat besar tidak bisa tercover. Untuk dark spot atau dark circle, NEO Cushion Matte & NEO Cushion Glow sama-sama bisa menutup sempurna, hanya saja yang Glow lebih cocok untuk kalian yang kulitnya dehidrasi, minim masalah atau bekas jerawatnya belum terlalu gelap, sedangkan yang Matte, lebih cocok untuk kalian yang kulitnya lebih berpori besar, bekas jerawat gelap, dan kulit yang banyak bruntusan. 

My Review: 

Left: di cahaya ringlight | Right: di cahaya ruangan/natural  

Aku menggunakan NEO Cushion ini hanya dengan 1 layer untuk hasil yang natural namun tetap terlihat kulit wajah yang sebenarnya, sedangkan 2 layer untuk hasil yang lebih full make-up. Yang aku sukanya dari NEO Cushion ini, dia terasa ringan sehingga tidak terasa berat diwajah sama seperti NEO Foundation nya. Setelah menggunakan NEO Cushion ini wajah terlihat lebih glow, soft, dan flawless. Untuk hasil yang lebih smooth bisa di set dengan bedak setelahnya, namun untuk hasil yang lebih real skin, bisa langsung digunakan tanpa bedak. 

Walaupun NEO Cushion Glow punya finish yang dewy, namun sama sekali tidak lengket  atau terasa berminyak, justru bila sudah set sempurna di wajah, varian Glow ini sama sekali tidak transfer ke masker maupun tisue sama seperti yang varian Matte. 


Untuk yang Matte dia lebih tahan keringat, terbukti dari penggunaan di outdoor, dia ga gampang luntur atau cakey. Bahkan, aku hampir ga pernah keringatan saat pakai cushion Matte ini di cuaca panas. Walaupun klaimnya bertahan hingga 24 jam, namun aku rasa keduan varian cushion ini tidak sepenuhnya stay sampai 24 jam ya, karena pemakaian selama 24 jam terlihat mulai menyatu dengan minyak alami kulit dan wajah mulai terlihat tidak menggunakan makeup. But, kalau soal feel comfort NEO Cushion ini tetap terasa ringan ga pakai apa-apa dan nyaman di kulit walaupun di bawa tidur sampai 24 jam. 

Dibandingkan dengan NEO Foundation sebelumnya yang memiliki klaim 48H, aku rasa tetap lebih longlasting si foundienya, dimana hasilnya lebih bertahan di wajahku dalam durasi pemakaian yang sama. Terlebih, cushion memang lebih natural dan cocok untuk daily, dan foundie memang lebih covered dan cocok untuk special occasions.

Untuk yang glow feelnya lebih terhidrasi, dimana kulit terasa bernafas dan tidak tertutup makeup, finishnya yang glowing juga membuat cushion ini dapat dijadikan highlight di bagian t-zone untuk hasil yang lebih mencerahkan. Selama 12 jam pemakaian, varian Glow masih terlihat cerah, terasa melembabkan dan tidak oksidasi, which is memang bahan pencerah yang ada di NEO Cushion Glow ini berfungsi. Namun, untuk bagian blush mulai sedikit memudar, sedangkan yang varian Matte bagian blush masih terlihat. 

Untuk varian Matte, dia lebih tahan lama, ga gampang luntur dan mampu ngecover semua imperfections wajah dengan 1 layer kecuali bump acne. Walaupun mengandung SPF 42 PA+++, varian Matte ini tidak whitecast di kulit dan tidak merubah tone warna shade. Sedangkan varian Glow, terlihat sedikit lebih whitecast, namun masih minim dan tidak merubah finish. 

Di awal pengaplikasian memang terlihat putih banget ya, namun setelah beberapa saat warna cushionnya perlahan meresap dan menyatu mengikuti warna kulit asli. So, jangan takut untuk salah pilih shade, dan malah pilih shade yang lebih gelap dari warna kulit asli karena takut keputihan, no ya hehe~ 

Kesimpulan setelah menggunakan cushion varian Glow dan Matte, saya ngerasa kedua cushion ini saling melengkapi dan membutuhkan. Dimana ada kalanya saya perlu pakai yang Matte karena bakalan pergi seharian atau kegiatan outdoor, ada kalanya juga saya perlu pakai yang Glow karena kulit sedang kering, cuaca dingin, atau ke acara yang cuma perlu make-up santai. Kalau kalian tipe yang ke tempat gym pakai make-up, bisa banget untuk coba yang varian Matte.  


Overall, kedua varian ini sama-sama bisa cocok untuk all skin type, hanya saja pemilihannya sesuai kebutuhan masing-masing, kalau kalian tipe yang aktif bisa pakai yang Matte terlebih yang punya kulit berminyak ya, kalau kalian tipe yang di rumah-rumah aja, kantoran full ac sampai sore terlebih punya kulit kering, bisa pakai yang Glow. So, saya suka sekali dengan NEO Cushion ini karena cocok untuk saya yang ga punya banyak waktu untuk make-up, suka riasan yang natural, dan hasil yang flawless. Yuk, cobain juga NEO Cushion terbaru dari Laneige ini! #WakeUpMakeUp #LaneigeID

You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou