[REVIEW] INDOGANIC BEAUTY BROW AND LASH SERUM (Serum Alis Bulu Mata Paling Worth To Buy)

by - 11.18


Hi beauties! Adakah disini yang suka dengan eyelash extention? Atau kalian lebih suka dengan bulu mata yang natural seperti lash lift? Baik eyelash extention maupun lash lift, keduanya sama-sama treatment untuk mempercantik bulu mata dengan bantuan therapist. Namun, bagi kalian yang masih ragu dan enggan untuk mencoba kedua hal diatas, kalian bisa banget loh therapist bulu mata sendiri dirumah dengan produk yang satu ini! 

Walaupun hasilnya tidak se-instan eyelash extention atau lash lift, tapi kalau cuma dirumah dan tidak terlalu butuh dengan hal itu, tidak ada salahnya untuk mencoba serum alis & bulu mata, karena selain menambah volume dan menebalkan, serum ini bisa merawat alis dan bulu mata kita agar tetap sehat. Terlebih, budget yang kita keluarkan pun jauh lebih hemat, sehingga tidak membebani di kantong dan sisa uangnya bisa kita gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting atau sekedar ngopi cantik.

Aku sendiri belum pernah eyelash extention atau lash lift ya, dan sepertinya memang tidak tertarik atau mungkin belum tertarik untuk mencobanya. Kemarin sewaktu ingin ke Bali pun, aku juga tidak kepikiran karena memang ada teman-teman yang kalau mau liburan biasanya harus eyelash extention dulu biar foto-foto liburannya lebih cetar hehe~ 

But, selama di Bali kemarin aku rutin pakai serum alis & bulu mata agar kalau pakai maskara tiap hari, bulu matanya tetap sehat & tampilannya lebih cakep hihi~ Serum yang aku gunakan yakni dari Indoganic Brow and Lash Serum. Sebenarnya banyak sih produk yang lagi rame dan viral buat menebalkan bulu mata, cuma aku pilihnya si Indoganic Beauty ini karena kandungan mereka yang organic, aman, dan pastinya sudah terdaftar di BPOM. Tau banget kan ya, kalau pakai produk yang ga jelas itu bawaannya was-was? Yes, karena ini tuh berhubungan dengan area sekitar mata. Ga mau kan mata kita kenapa-napa dan bermasalah? Pokoknya kalau udah urusan yang berhubungan dengan mata, usahakan lebih selektif ya dalam memilihnya.

Product Desc: 

Indoganic Brow and Lash Serum (10ml)






Price : Rp 99.000,- 


Brow and Lash Serum dapat digunakan sebagai serum yang dapat menguatkan alis dan bulu mata dari akar serta menstimulasi pertumbuhannya dengan kandungan utama Organic Argan Oil, Organic Castor Oil, Vitamin E, Sweet Almond Oil, dan Wheatgerm Oil. 
  • Clean and natural ingredients 
  • Sudah terdaftar di BPOM
  • Menguatkan alis dan bulu mata dari akar
  • Menstimulasi pertumbuhan alis dan bulu mata 
  • Menambah volume bulu mata serta melentikkan bulu mata 
  • Synthetic Fragrance Free
  • Blend Of Botanicals 
  • Not Tested On Animals 


Packaging, dikemas dalam box luar berwarna soft peach yang terdapat keterangan produk, ingredients, cara pakai, dan kode produksi. Terdapat juga kode barcode pada boxnya yang bisa kita scan untuk mengecek keaslian produk. Di dalamnya berisi Indoganic Brow & Lash Serum yang berisi 10ml, dimana isinya cukup banyak untuk sebuah serum bulu mata, karena kita cuma perlu sedikit dan ini beneran hemat pakainya. 


Kemasannya cukup simple dan sesuai dengan konsep Clean Beauty Indoganic yang tubenya itu transparan, dimana kita bisa melihat warna dan sisa serumnya setelah digunakan. Tutupnya berupa ulir berwarna pink muda dan disertai sikat aplikator guna memudahkan saat pengaplikasian. 


Sikat aplikatornya sendiri juga ringan, sangat membantu untuk pick up serumnya dari tube, dan bulu sikatnya cukup rapat, halus, dan tidak kasar atau kaku. 

Cara pakai Indoganic Brow & Lash Serum ala Lisa: 


  1. Pastikan wajah atau area mata dalam kondisi bersih sebelum mengaplikasikan serum, dimana tidak sedang menggunakan make-up seperti pensil alis, maskara, eyeshadow, eyeliner, foundation, dan berbagai jenis make-up mata lainnya. 
  2. Buka kemasan serum, gunakan sikat aplikator dibagian bulu mata seperti sedang menggunakan mascara. Gunakan juga dibagian eyebrow untuk hasil alis yang lebih tebal. 
  3. Tempatkan sikat aplikator pada bulu mata bagian dalam yang mendekati akar, kemudian putar sikat aplikator dengan cara memegang tutup aplikator yang berwarna pink dan sambil diputar. Trick ini akan membantu serum mengenai seluruh bagian bulu mata dan memastikan agar serum benar-benar terserap ke bulu mata. 
  4. Sisir kembali bulu mata dari arah dalam bagian akar bulu mata ke arah luar agar hasil yang lebih maksimal. Ulangi langkah 3 dan 4 di bagian mata sebelahnya, dan gunakan setiap malam sebelum tidur.


Tekstur serum ini berupa oil, kental, dan berwarna kuning kecoklatan. Bila cairan serumnya mengenai tangan, sangat terasa kalau teksturnya itu lengket, pekat, thick. Tapi tenang saja, ketika diaplikasikan di bagian bulu mata, serum ini tidak terasa berat, lengket atau mengurangi kenyamanan di area mata kok. 

Wanginya tercium seperti wangi gandum atau oat, tidak menyengat, dan cenderung tawar. Serum ini bisa kita gunakan sampai 1 tahun setelah kemasan dibuka. Aku rasa kalau digunakan setiap hari, pasti sebelum satu tahun serum ini akan habis atau menyisakan sedikit produknya. 


Ketikan menggunakan serum ini, bagian mata sama sekali tidak terasa berat hanya saja kadang ada rasa seperti sedang menggunakan sesuatu di area mata. Which is bagus sih ya, karena berarti jadi tanda kalau produknya memang benar-benar mengenai bulu mata, dan meyerap di bulu mata. Yang aku sukanya dari serum ini adalah ketika tidak sengaja terkena mata saat pengaplikasian, serum ini tidak terasa perih atau melukai bagian mata, sehingga lebih aman digunakan. That's why, penting untuk cari produk yang kandungannya aman untuk mata, dan formula yang gentle. 


Aku menggunakan serum ini tiap malam sebelum tidur dan dijadikan sebagai skincare routine. Setelah kurang lebih 1 bulan pemakaian, hal yang paling aku notice adalah bulu mata ku jadi lebih kuat alias tidak mudah rontok. Aku inget banget dulu pas ga sengaja kucek mata aja, bulu mata udah bisa rontok 1-2 helai, tapi semenjak rutin pakai Indoganic Brow & Lash Serum ini, pas ngucek mata kaya saat bangun tidur atau pas mata lelah, bulu mata ga ada yang rontok satu pun. Padahal aku sempet underrated sama brand Indoganic ini, nyatanya produk mereka itu bagus loh! Cakep memang brand lokal sekarang, bahkan aku liat kayanya industri beauty sekarang lebih di dominasi brand lokal ga sih? 


Selain itu, serum ini juga bikin bulu mata jadi lebih panjang kurang lebih 0,1 cm kayanya dan bikin lebih penuh pertumbuhannya, ga yang jarang-jarang atau berjarak gitu. Terlebih pas pakai mascara, hasilnya itu kelihatan lebih full, tebal, dan lebih mudah buat ngangkatnya. Untuk bagian alis juga lebih mudah tumbuh sih, terlihat dari habis cukur alis atau trim buat rapihin, biasanya seminggu kemudian udah ada rambut-rambut alis lagi yang tumbuh di sekitarnya, sehingga ga yang botak gitu loh alis kita 😅 haha~ 


Overall, ini brow & lash serum terbaik dan terfavorit yang pernah aku coba, karena dulu aku sempat coba produk model beginian tapi ga gitu cocok dan malah perih gitu di mata, jadinya ga di terusin lagi pemakaiannya dan baru tertarik pakai lagi setelah ketemu yang cocok seperti Indoganic Brow and Lash Serum. Untuk kalian yang sedang cari serum bulu mata atau alis, dan ingin memanjangkan bulu mata secara alami, kalian harus coba Indoganic Brow and Lash Serum ini, plus jangan lupa untuk rutin digunakan ya, agar hasilnya lebih maksimal dan efektif.💓

#serumbulumata #serumalis #cleanbeautyindoganic 








You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou