5 TIPS MUDAH MENCEGAH PENUAAN DINI!

by - 14.49

  


Terkadang, banyak yang berpikiran kalau penuaan dini bisa diatasi dengan skincare mahal/branded. Tapi, tidak selamanya begitu ya, karena menurut aku ada beberapa hal dasar yang bisa kita lakukan untuk mencegah penuaan dini. Biarpun kita pakai skincare mevvah, tapi kalau kita masih kurang perhatian dengan hal-hal dasar ini, aku rasa skincare tersebut jadinya kurang efektif mencegah penuaan dini.

Apa sih tanda-tanda penuaan dini? Kalau berkaca diri sendiri, tentu aku punya beberapa tanda penuaan. Hal ini bisa kita lihat dari perubahan pada kulit & ini bisa disebabkan oleh 2 faktor yaitu proses penuaan dari luar dan proses penuaan dari dalam. Proses penuaan dari luar biasanya terjadi karena sering terpapar sinar matahari yang membuat kulit lebih cepat menua. Sedangkan proses penuaan dari dalam biasanya terjadi karena proses ilmiah dari dalam tubuh. Tandanya bisa kita lihat dari kulit yang kering, tipis, mulai berkerut, produksi keringat berkurang, kulit area mata mengendur/berkantung, rambut mulai rontok/beruban.  

Selain itu, proses penuaan setiap orang berbeda-beda juga tergantung dari gaya hidup, kesehatan, diet, dan faktor genetiknya. Kalau kita sudah paham dasar tentang penyebabnya, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk mengatasinya, seperti beberapa hal dibawah ini yang bisa kita lakukan sehari-hari.

1. Mengurangi Paparan Sinar Matahari Secara Langsung 

Inilah alasan kenapa kita harus rutin menggunakan sunscreen setiap hari walaupun dirumah aja atau tidak bepergian. Faktanya, sinar matahari tetap bisa menembus kulit walaupun kita didalam ruangan, walaupun tidak seburuk bila terkena langsung. Yang bisa kita lakukan tentu menghindari sinar matahari seperti ga usah keluar rumah kalau ga penting-penting banget, prefer naik mobil dibanding motor, kalau naik motor jangan lupa pakai jaket plus sarung tangan, dan tidak lupa menggunakan sunscreen setiap hari. 

Bila terlalu lama terpapar sinar matahari, kulit akan mudah berkerut, munculnya flek hitam, dan masalah kulit lain. Sinar matahari bisa merusak serabut elastis pada kulit & proses pembentukan kolagen baru pun terhambat. So, hindari sinar matahari saat cuaca panas terik karena bisa mempercepat proses penuaan dini. 

2. Menghindari Asap Rokok 

Kalau lagi ngopi atau naik transportasi umum ada baiknya menghindari asap rokok karena asap rokok dapat membuat organ tubuh rusak bila sering terhirup. Asap rokok juga bisa merusak permukaan kulit sehingga bisa membuat kulit cepat berkerut. Hal ini disebabkan karena rokok bisa menyerap vitamin C yang dibutuhkan kulit untuk menjaga kelembapannya. Faktanya, kulit para perokok jauh lebih kasar bila dibandingkan kulit non perokok. Jadi, usahakan hindari asap rokok ya beauties! 

3. Memenuhi Asupan Vitamin B dan C 

Yang tidak kalah penting adalah memenuhi nutrisi dalam tubuh & melakukan gaya hidup sehat, seperti eat clean. Pola makan yang sehat akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit. Kita perlu tahu ciri kulit yang sehat itu seperti apa, agar kita bisa lebih maksimal mencegah penuaan dini. Salah satunya, dengan mencukupi kebutuhan vitamin B dan C. 

Ketika kulit kekurangan vitamin B, maka akan lebih mudah memerah saat terkena sinar matahari secara langsung. Sedangkan bila kulit kekurangan vitamin C, maka lapisan kulit akan menipis dan lebih mudah terluka atau sensitif. So, tidak hanya dengan skincare tapi konsumsi juga vitamin B dan C untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. 

4. Rutin Berolahraga  

Disebutkan bahwa kurangnya produksi keringat dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini tentu bisa kita cegah dengan melakukan olahraga secara rutin. Tidak harus pergi ke gym atau melakukan olahraga berat. Semua bisa dimulai dari niat kita untuk melakukan gerakan-gerakan saat beraktifitas. Seperti lebih memilih naik tangga dibandingkan lift/escalator, lebih memilih berjalan kaki dibandingkan naik mobil/transportasi bila tidak terlalu jauh, dan bagi para ibu rumah tangga mungkin bisa beraktifitas melakukan pekerjaan rumah tangga tanpa bantuan ART, bisa juga dengan menonton video olahraga di youtube, yang tentunya bisa dilakukan ketika anak sedang tidur. 

Bila tubuh kita bergerak dan mengeluarkan keringat, tentu metabolisme tubuh akan meningkat, produksi kolagen akan aktif, badan yang bugar & lebih awet muda karena hal-hal tadi dapat menghasilkan hormon endorfin. 

5. Istirahat yang Cukup 

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidur, dimana tubuh juga harus mendapatkan cukup istirahat dan tidak sering terbangun saat tidur. Pernah ga sih ketika kita sudah tidur namun saat bangun masih merasa lesu/pegal? Ini tentu karena kurangnya waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh kita.     

Bila kita kurang tidur, maka tubuh akan mudah lelah, tidak bersemangat, dan jadinya tidak produktif. Seseorang yang kurang tidur bisa kita lihat dari lingkaran hitam & adanya kantong mata yang muncul di area bawah mata. Bandingkan bila kita tidur dengan cukup & berkualitas, tentu esok harinya tubuh lebih bugar, pikiran lebih jernih dan lebih siap untuk beraktivitas kembali.

Alangkah baiknya bila aktivitas yang padat juga diimbangi dengan istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit disaat pandemi. Terlebih, bila tubuh beristirahat dengan cukup maka sel-sel kulit yang rusak bisa diperbaiki secara alami. 

Nah, untuk kalian yang ingin merawat kecantikan kulit bisa juga mencoba mengikuti Program 12 Hari Forever Young+ dari Realfood yang diperkaya dengan fully concentrated sarang burung walet & ekstra kolagen yang berfungsi untuk memaksimalkan regenerasi sel kulit serta membantu menjaga kesehatan kulit luar dan dalam. Yuk, mulai jaga kesehatan kulit agar tetap bisa tampil cantik berseri sepanjang hari!



You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou