CEGAH KULIT KERING DENGAN SIMPLE SKIN STEPS

by - 09.12

Kulit yang kering kadang jadi masalah bagi sebagian orang. Hilangnya kadar minyak alami dan cairan membuat kulit terlihat kering, bahkan beberapa orang mengalami kulit yang mengelupas karena wajah yang terlalu kering. Kulit kering tentu tidaklah nyaman karena dapat memudahkan munculnya tanda penuaan seperti fine lines, wrinkles, dan lebih rentan sensitif. Terlebih, semakin kita bertambah usia kulit kita akan lebih mudah kering karena antioksidan yang ada dalam kulit juga ikut berkurang. 

Tanda kulit kita kering adalah permukaan wajah terasa lebih kasar, mengelupas, pecah-pecah, bahkan terasa gatal. Kulit kering ini pernah aku alami, dimana wajah lebih mudah bruntusan, terasa bersisik, dan sering di garuk karena gatal. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk lebih mengenali kulit kita sendiri, dan melakukan perawatan yang tepat agar kulit tetap sehat & bebas kering. Selain menggunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar tidak mempengaruhi kelembapan kulit & membuatnya kering, seperti: 


1. Mencuci Wajah dengan Benar & Rutin 
 
Mencuci wajah idealnya adalah 2 kali sehari, yakni pagi setelah bangun tidur ketika hendak memulai aktivitas dan malam sebelum tidur ketika sudah seharian beraktivitas. Jika menggunakan make-up, pastikan make-up sudah terangkat sempurna sebelum mencucinya dengan cleansing foam. Kalian bisa gunakan cleansing oil/balm sebagai first cleanser untuk mengangkat make-up/sisa sunscreen, dan melanjutkannya dengan second cleanser/cleansing foam.  

Double cleansing penting dilakukan terlebih jika kalian menggunakan make-up, agar tidak ada residu make-up tertinggal, dan mengakibatkan pori-pori tersumbat yang berkembang menjadi jerawat/komedo. Saat mengeringkan wajah, tidak perlu menggosok wajah dengan handuk dan menggosoknya terlalu keras. Kita hanya perlu menepuk-nepuk wajah secara perlahan dengan menggunakan handuk wajah atau tisu wajah. 


2. Perhatikan Pembersih Wajah yang Digunakan 

Dari sekian banyaknya pembersih wajah, ada baiknya kita memilih yang sesuai dengan jenis kulit kita. Seperti jenis kulit kering, tentu tidaklah cocok bila kita menggunakan sabun pembersih yang ditujukan untuk kulit berminyak, karena di jenis kulit kering akan membuat semakin kering. Biasanya cleanser untuk kulit berminyak formulanya lebih mengeringkan di wajah, dan di beberapa produk ada kandungan salicylic acid. 

Selain sesuai jenis kulit, ada baiknya kita memilih pembersih wajah yang ringan, bebas dari kandungan pewarna, alkohol, pewarna, dan pewangi buatan. Terlebih, kita bisa menggunakan cleanser yang mengandung ceramide, dimana bisa mengunci kelembapan kulit yang hilang karena faktor usia atau faktor lainnya. Selain itu, diluaran sudah banyak juga produk cleanser yang free dari SLS, ini bisa kita coba juga karena yang cenderung membuat kulit kering dari mencuci wajah adalah kandungan SLS pada cleanser yang juga membuat busa produk lebih banyak. 


3. Gunakan Moisturizer 

Setelah membersihkan wajah, kita perlu menggunakan moisturizer untuk menjaga kulit agar tetap lembab & tidak mudah kering. Moisturizer jadi salah satu skincare yang wajib digunakan, meski jenis kulit kalian berminyak. Moisturizer berfungsi untuk meningkatkan retensi air kulit dan mengunci kelembaban wajah. Faktanya, kulit yang kering akan lebih mudah untuk berminyak karena kulit memberi sinyal kurangnya cairan, sehingga kulit memproduksi minyak berlebih.

Kita bisa menggunakan moisturizer yang ringan, cepat meresap dikulit, dan tidak lengket agar kita pun betah menggunakannya seharian di wajah & tidak malas-malasan. Gunakan moisturizer pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Bila digunakan pagi hari, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setelahnya agar kulit terhindar dari sinar UV. 


4. Pilih Pelembab yang Berbahan Alami 

Wajah yang kering biasanya mudah sensitif atau rentan iritasi. Menggunakan skincare atau pelembab berbahan alami dapat mengurangi resiko iritasi atau alergi pada kulit wajah. Pelembab yang ditujukan untuk kulit kering biasanya mengandung beberapa ingredients seperti Hyaluronic Acid, Lactic Acid, Ceramide, Gliserin, Lanolin, Olive Oil, dan Colloidal Oatmeal. Ga ada salahnya nih untuk kita cek-cek lagi ingredients yang ada pada skincare, dan pilihlah yang kandungannya alami agar kulit bebas kering dan tidak menimbulkan reaksi alergi atau tidak cocok. 

Penyebab kulit yang kering ga cuma karena faktor usia, kondisi ini bisa terjadi karena kita salah
menggunakan pelembab wajah, mandi dengan air panas terlalu lama, atau paparan sinar
matahari terlalu lama. Jadi pastikan kita merawat kulit wajah dengan benar, selalu gunakan pelembab dan sunscreen ketika keluar rumah, terutama saat cuaca sedang panas. 

Selain itu, kita juga bisa menambahkan face oil ke dalam skincare routine kita, agar kulit lebih lembab, terjaga elastisitasnya, dan kaya antioksidan yang baik untuk kulit. Salah satu face oil yang bisa kita coba adalah Tamanu Oil Falabelle, karena kandungannya yang organic, berbahan alami sehingga meminimalisir terjadinya iritasi/alergi, dan sudah mempunyai sertifikasi BPOM yang terjamin keamanan produknya. Kandungan alami tentu membuat kulit wajah lebih tenang, dan minim efek samping. Jangan lupa juga untuk mengecek kembali setiap produk yang kita beli, demi kulit wajah yang lebih sehat.  



You May Also Like

1 komentar

  1. wahh terimakasih kakk reviewnya makin menambah wawasan, soalnya saya bingung kulit saya yang tadinya normal malah jadi kering gegara salah milih facial wash😅

    BalasHapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou