BACK-UP DATA ANTI RIBET DENGAN USB OTG SanDisk

by - 14.09




"Hilangnya file data penting, membuat aku jera dan rajin melakukan back-up data."

Kadang kalau lagi dikejar deadline atau kerjaan numpuk, rasanya membuat pikiran penuh dan ingin buru-buru menyelesaikan saja. Tujuannya, tentu agar beban pikiran berkurang, dan bisa lebih fokus mengerjakan aktivitas yang lain. Sayangnya, hal ini kadang membuat aku sedikit ceroboh & justru menambah masalah baru.

Seperti yang sempat aku alami beberapa bulan lalu, dimana ketika aku sudah mempersiapkan foto untuk bahan review di blog, namun karena kecerobohan ku kala itu, aku tidak sengaja menghilangkan file foto tersebut.😩

Ini terjadi karena aku sedang membersihkan memori handphone yang waktu itu kebetulan hampir penuh. Tanpa sengaja, foto yang seharusnya tidak terhapus malah ikut terhapus karena aku buru-buru membersihkan memori handphone.

Tentu ini membuat aku nyesak sekali ya, dimana foto yang sudah aku siapkan itu seharusnya tinggal tayang saja. Mungkin kalau file mentah foto tersebut hilang, aku masih bisa sedikit berbesar hati. Namun, file foto yang hilang ini sudah aku edit & beri watermark, sehingga rasa nyesaknya lebih menusuk.😫

Beberapa file foto untuk bahan review di blog
Apalagi kalau mengingat untuk mengedit 1 foto saja, aku memerlukan waktu yang tidak sebentar. Kalau sudah begini, tentu kerjaan lain jadi tertunda karena aku harus mengulang foto yang filenya hilang tadi serta mengeditnya kembali. Untuk aku yang sehari-harinya mengandalkan smartphone untuk melakukan kerjaan & kebutuhan, memori dalam handphone haruslah cukup untuk menampung berbagai data penting atau aplikasi yang mendukung kegiatan aku.

Kalau soal mengganti handphone karena memori yang ada sekarang tidak cukup, tentu aku tipe yang sangat penuh pertimbangan, selama handphone yang ada masih bisa dipakai dan berfungsi dengan baik, enggan rasanya untuk mengganti handphone. Bukan karena rugi bila harganya turun saat dijual, namun lebih ke hidup yang minimalis & cukup dengan apa yang sudah dimiliki.😉

Hal yang aku alami ini, sama seperti hasil studi yang dilakukan oleh Western Digital Corp berjudul "Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey" yang menunjukan 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaan kesal. Selain itu, sekitar 80% responden survey sudah menyadari pentingnya melakukan back-up data, namun hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up data secara teratur.

Source: Western Digital Corp
Survey yang melibatkan 1.120 responden dari berbagai 6 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar ini memiliki berbagai penemuan menarik yang mirip sekali dengan kejadian hilangnya file foto sewaktu aku membersihkan memori handphone yakni:

1. Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka. 

Ini benar banget sih ya, entah sebagai blogger maupun ibu rumah tangga, hampir semuanya aku lakukan dari smartphone mulai dari foto produk, menulis blog, membalas email, berbelanja kebutuhan online, melihat resep masakan, mengedit foto & video untuk konten, bersosial media, menghubungi keluarga atau teman serta relasi, berolahraga dengan melihat tutorial youtube, hingga memesan taxi online, makanan atau tiket bioskop pun juga dari handphone.

Sebagian aplikasi smartphone yang ada di ponsel 
Terlebih, untuk foto produk aku lebih mengandalkan kamera smartphone, karena selain lebih praktis tentu saja aku belum memiliki budget lebih untuk membeli kamera. Sehingga, file yang ada dalam smartphone saat ini 70% isinya foto, dan sisanya video serta aplikasi yang sering aku gunakan. Belum lagi file foto aku yang sudah lama juga masih ada, karena #DibuangSayang & bisa untuk kenang-kenangan. 

2. Umumnya, masyarakat Indonesia menggunakan smartphone dengan memori internal 16-32 GB. 

Sekitar 56% responden menyatakan bahwa memori internal ini masih kurang cukup karena foto & video yang semakin hari terus bertambah di ponsel mereka. Benar saja, smartphone yang aku gunakan sekarang hanya memiliki sisa memori internal kurang lebih 4 GB dari 24 GB, sehingga mau tidak mau aku harus menghapus beberapa data yang tidak terpakai lagi, dan mengosongkan kapasitas memori agar ponsel yang aku gunakan tidak memiliki loading lama atau mudah hang. Kalau sudah loading lama, rasanya cukup membuat kesal sih, apalagi kalau saat itu aku memang perlu cepat untuk mengakses sesuatu atau kerjaan.

3. Banyaknya faktor yang menyebabkan para pengguna smartphone kehilangan data mereka. 

Kalau yang satu ini, tentu setiap orang memiliki penyebab kehilangan data yang berbeda. Seperti aku yang kemarin karena terburu-buru melihat data memori smartphone penuh, akhirnya secara tidak sengaja menghapus file foto yang masih aku perlukan. Selain itu, perangkat smartphone yang rusak, virus, file yang rusak, bahkan kehilangan handphone yang tidak diinginkan juga bisa membuat kita kehilangan data.

***
Dari sini, aku mulai menyadari bahwa pentingnya melakukan back-up data pada smartphone. Apalagi di era serba digital sekarang, dimana-mana smartphone lah yang menjadi sarana untuk mempermudah kehidupan & kebutuhan. Dulu, aku sangat malas melakukan back-up data karena terkesan ribet seperti harus mencolok ke komputer/laptop, membawa kabel data, dan membawa flashdisk terpisah. Masih mending jika komputer sendiri, bagaimana dengan yang tidak memiliki laptop atau komputer pribadi, tentu lebih ribet lagi karena harus meminjam dengan teman atau ke rental penyedia internet.

Tidak cuma itu, melakukan back-up data juga penting bagi aku yang sudah pernah mengalami kehilangan file foto agar hal ini tidak terulang kembali. Untuk aku yang sekarang tidak ingin mengganti smartphone dengan kapasitas memori yang lebih besar, tentu aku sangat memerlukan back-up data agar semua kerjaan yang sudah aku kerjakan tidak mudah hilang & tentunya lebih aman sewaktu file data ingin digunakan kembali.

Beruntung, kecemasan dalam melakukan back-up data bisa diatasi dengan menggunakan USB OTG SanDisk. Dimana, USB OTG SanDisk ini merupakan solusi produk terbaik dalam melakukan back-up memori karena memiliki beragam jenis & kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Selain itu, USB OTG (On The Go) #SanDiskAPAC ini juga memiliki aplikasi yang bisa kita install di play store/app store untuk mengakses atau mengatur proses back-up memori. 

Beberapa jenis USB OTG SanDisk yang bisa kita gunakan adalah: 

1. SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 

Source: sandisk.id
Ini cocok untuk kita para pengguna android, yang mana memudahkan kita sewaktu ingin transfer file dari ponsel ke komputer karena terdapat dua konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi yang lain. 

Dengan kecepatan transfer file hingga 150MB/s, tentu ga perlu bete lagi nunggu transfer file masuk ke pc/komputer karena proses USB 3.0 ini lebih cepat dari drive USB 2.0 standar. Cocok buat kalian yang suka transfer file besar seperti film, karena sangat menghemat waktu. Selain itu, SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ini memiliki beragam kapasitas ukuran penyimpanan yang bisa disesuaikan dengan keperluan kita, mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, hingga 128 GB.

USB OTG SanDisk ini sangat mendukung mobilitas kehidupan seperti sekarang karena bisa kita gunakan sambil jalan tanpa perlu takut proses transfer terhenti atau error. Ini pastinya berguna saat kita travelling, dimana kita bisa dengan cepat transfer foto ke USB, dan bisa foto sepuasnya tanpa khawatir memori smartphone penuh karena foto sebelumnya sudah kita back-up ke USB OTG SanDisk. 

2. SanDisk Flash Drive iXPAND 

Source: sandisk.id
Kalau yang satu ini cocok untuk para pengguna iPhone atau iPad, yang mana memiliki konektor Lightening yang bisa digunakan untuk wadah besar dan konektor USB 3.0 untuk dicolokkan ke komputer MAC atau PC. Flash Drive iXPAND juga menyertakan perangkat lunak enkripsi yang bisa melindungi file kita dengan kata sandi. 

Selain itu, kita juga bisa mencadangkan foto secara otomatis di rol kamera iPhone atau iPad saat drive terhubung tanpa perlu memilih foto yang ingin di cadangkan. Terlebih, kita juga bisa menonton & menyimpan video langsung dari drive karena Flash Drive iXPAND mendukung format video populer seperti MP4/MOV. SanDisk FLash Drive iXPAND ini tersedia juga dalam beberapa ukuran kapasitas seperti 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. 

3. SanDisk Ultra Dual Drive Type-C 

Source: sandisk.id
Yang terakhir ini, lebih cocok untuk kalian yang memiliki smartphone terbaru. Dimana colokannya rata-rata sudah menggunakan Tipe-C, yang tentunya berbeda colokan dengan kedua USB diatas. Konektornya berupa bolak-balik yaitu konektor USB Tipe-C dan konektor USB Tradisional. 

Apalagi kalau kebetulan mau ganti smartphone ya, tentu ga perlu ribet lagi bawa kabel data, laptop, atau colokan karena semua USB OTG SanDisk ini bisa disambungkan dengan SanDisk Memory Zone yang memudahkan transfer data dari smartphone lama ke smartphone baru. Selain itu, aplikasi SanDisk Memory Zone juga bisa kita atur untuk melakukan back-up data secara otomatis termasuk data/konten dari media sosial. 

Untuk kapasitas penyimpanan, SanDisk Ultra Dual Drive Type-C ini juga tersedia dalam pilihan yang lebih banyak yaitu 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Jadi, kita bisa pilih USB OTG SanDisk yang sesuai dengan tipe smartphone kita. 

Ga ada lagi deh khawatir data hilang, apalagi kalau sudah pakai USB OTG SanDisk ini, aku jadi rajin back-up data, karena memang sepraktis dan semudah itu, dimanapun & kapanpun urusan tetap lancar. Untuk kalian yang ingin membeli produk SanDisk, bisa langsung mengunjungi Official Store SanDisk di Shopee untuk keaslian barang & jaminan terpercaya.😃


You May Also Like

24 komentar

  1. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi kalau foto yang hilang foto yang baguss yaa hehe

      Hapus
  2. Karena user Iphone aku pake SanDisk Flash Drive iXPAND dong
    enak banget bisa backup foto/video kerjaan gk pake ribet.

    BalasHapus
  3. Barang ini masuk dalam daftar wajib. Karena saya termasuk suka mengabadikan segala sesuatu yang menurut saya menarik.

    BalasHapus
  4. Backup data jaman now lebih mudah dan praktis yah, apalg sdh ad otg Sandisk yang gk pake ribet. Dulu, aq sring banget kehilangan data huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena rasanya hilang data apalagi kaya kerjaan gitu nyeseknya minta ampun huhu~

      Hapus
  5. BAckup mudah ya cuma pake SanDisk
    Aku juga pake nih yang 32GB dual drive
    berguna banget aku udah ngerasain hehe
    tinggl pengen beli yang 128 GB nih
    cuss ah shopee

    BalasHapus
  6. model OTGnya kesannya classy banget nih SanDisk, semoga harganya juga terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya masih terjangkau sih mba, kalau mau lihat harganya bisa di shopee official sandisk langsung mba :)

      Hapus
  7. aku juga dulu beli hape yang 32 GB dipikir bakal santai aja nih nggak bakalan habis memori eh tahunya sekarang mulai sering dapat peringatan juga. hiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman sekarang mau brp GB pun rasanya tetap kurang ya :D

      Hapus
  8. Keren bet ya Sandisk ini, sudah ada buat iOS lagi. Makin gampang aku kalau mau mindahin data atau sekadar backup data.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa disesuaikan jenis smartphone masing-masing hihi

      Hapus
  9. Aku cocok yang terakhir itu karena type c dan mereka ini enaknya berbagai macam gb nya dr paling kecil sampe besar.

    BalasHapus
  10. Yang nomor 3 ini nih cocok untuk ku, pasti beli nanti takut kehilangan data2 lagi

    BalasHapus
  11. Aku punya yang type 3.0, mau dong yg lebih cakep type m3.0 USB OTG SanDisknya huhuuu

    BalasHapus
  12. aku udah punya dan pake sandisk otg beneran gampang dan praktis banget buat back up data, dual fungsi pula, bisa buat hp bisa buat laptop dalam 1 sandisk

    BalasHapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou