TIPS MERAWAT KETIAK AGAR CERAH & BEBAS BAU

by - 11.36


Source: google.com

Bisa dibilang, topik yang satu ini sering di pandang sebelah mata. Sebagian orang memang jarang memperhatikan kondisi ketiak, karena terkesan tertutup. Padahal, bagian tubuh yang satu ini tidak ada salahnya dirawat & dijaga dengan baik, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Diantara banyaknya masalah yang berhubungan dengan ketiak ini, ada 2 masalah yang paling sering ditemui & dikeluhkan banyak orang, yaitu ketiak menggelap & berbau. Ga mau dong, rasa percaya diri hilang gara-gara masalah yang satu ini? Sebelum masuk ke tipsnya, yuk kita cari tau dulu penyebabnya hehe~

Penyebab Ketiak Berwarna Gelap atau Hitam

Pada dasarnya, warna ketiak yang gelap bukanlah pertanda sesuatu yang serius atau berbahaya. Karena pada umumnya, hal ini bisa diatasi dengan melakukan treatment-treatment untuk mengembalikan warna cerah kulit ketiak. Meski demikian, ternyata tidak sedikit orang yang menganggap bahwa warna ketiak yang gelap merupakan sesuatu hal yang memalukan. Terlebih ketika mereka mengenakan tanktop atau swimsuit.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan ketiak menggelap menurut para dermatologis, diantaranya adalah: 
  • Acanthosis Nigricans (AN) adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit menebal & berwarna gelap pada lipatan di sekitar tubuh terutama dibagian lutut, siku, kunci paha, belakang leher, dan ketiak. Munculnya Acanthosis Nigricans adalah karena faktor genetik, kebiasaan mencukur, dan mencabuti bulu ketiak.   
  • Kegemukan juga bisa menyebabkan ketiak berwarna gelap karena adanya peningkatan produksi sel pigmen kulit. Contohnya seperti, lemak yang belebih di bagian lipatan tubuh. 
  • Penyakit Diabetes Tipe 2 
  • Sindrom Hormon 
  • Obat-obatan seperti Pil KB 
  • Penyakit Kanker 

Cara paling mudah untuk memutihkan ketiak yang berwarna gelap adalah dengan menggunakan pemutih ketiak. Berikut beberapa produk yang cukup banyak direkomendasikan & banyak dijual di toko kosmetik atau online shop:

  1. Satto Whitening C-Scrub For Dark Shadow
  2. Everwhite Smooth Axillary Cream 
  3. Whitening Roll-On Scion (Ini aku pernah coba, nyaman & ga lengket di ketiak hehe)
  4. Vienna Underarm Cream/Scrub
  5. Narswatu Underarm Lightening Cream (Pernah coba juga, lupa gimana hasilnya tapi ini ngelembabin kulit ketiak, pakenya sebelum tidur hehe)
Selain produk-produk diatas, tentu masih banyak produk-produk lainnya yang menawarkan fungsi & hasil yang serupa. Yang pasti, carilah produk-produk yang kita tau kandungannya, aman, dan sudah resmi terdaftar. Jangan sampai terkecoh untuk membeli produk yang tidak jelas & berbahaya bagi kesehatan. Terlebih selama penggunaan produk-produk diatas, tentu harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat & perawatan secara rutin, agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.


Penyebab Ketiak Berbau

Banyak orang beranggapan bahwa penyebab utama bau badan atau bau ketiak adalah karena keringat. Tapi sebenarnya, ketiak/keringat manusia hampir tidak berbau. Yang menyebabkan munculnya bau tak sedap pada ketiak atau badan adalah karena bakteri yang ada di tubuh, berkumpul jadi satu disaat kita berkeringat.

Berikut beberapa area yang berpotensi memunculkan bau tak sedap pada tubuh, diantaranya adalah:
  • Pada bagian lipatan paha atau selakangan 
  • Kaki 
  • Area kewanitaan 
  • Ketiak
  • Rambut kemaluan 
  • Bagian pusar 
  • Dubur 
  • Di belakang telinga  
Setiap orang memiliki bau badan yang unik karena hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan makan, gender, kesehatan, hingga obat-obatan yang digunakannya. Lalu, bagaimana cara paling mudah untuk mengatasi ketiak berbau? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa kalian praktekkan di rumah:
  1. Jagalah ketiak agar tetap bersih dengan cara dicuci secara teratur menggunakan sabun anti bakteri.
  2. Bersihkan rambut ketiak secara teratur, bisa dengan menggunakan shaving cream & spons yang dibasahi air hangat. Tujuannya agar keringat lebih mudah menguap dan tidak memberikan kesempatan terlalu banyak bagi bakteri untuk memecah keringat. Jangan sering menggunakan pisau pencukur, karena dapat membuat ketiak lebih gelap dan rentan iritasi. 
  3. Gunakan deodorant atau antiperspirant yang bagus, agar bakteri tidak mudah berkembang. Jangan sembarang asal pilih merk deodorant, karena beberapa merk dipasaran cenderung memiliki kandungan aluminium. Kalian bisa menemukan produk deodorant bebas aluminium yang pernah aku review disini.
  4. Bahan alami seperti daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau ketiak, karena daun sirih pada dasarnya memiliki sifat antibakteri. 
  5. Daun kemangi yang bersifat antiseptik juga bisa dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi.
  6. Minum air rebusan cengkeh yang dicampur madu 2x sehari juga bisa membantu mengurangi bau tak sedap dari ketiak. 
Nah, itu dia beberapa tips yang mungkin bisa kalian coba sendiri dengan teratur. Sebelum mencoba, ada baiknya kalian memperhatikan terlebih dahulu jenis & kondisi kulit masing-masing. Yang pasti, belilah produk di tempat yang aman & terpercaya. Selain bisa berbelanja di toko konvensional yang dekat dari tempat tinggal, kalian juga bisa berbelanja secara online di berbagai e-commerce Indonesia seperti Bukalapak. Kadang, berbelanja secara online jauh lebih mudah karena harganya yang cukup bersaing, diskon/potongan harga, cashback, hingga gratis ongkir dengan syarat tertentu. Berbelanja di toko online bisa jadi alternatif tepat untuk menghemat pengeluaran agar tidak boros saat berbelanja.


That's all for today post. I hope it can be helpful & can be reference if you want to try this tips. Don't forget to follow & comment this post if you have another opinions. Thankyou for reading & see you on my next post!




Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com





You May Also Like

28 komentar

  1. Nice info and tips. PR banget ya buat perempuan, ngerawat keti biar gak BB. Semoga bisa praktekan tips nya 😚

    BalasHapus
  2. Penting banget ini supaya ga BB emang salah satu penunjang kecantikan adalah selalu wangi keti kita

    BalasHapus
  3. Nah bener banget beb penting banget merawat supaya keti bebas bau ya💕 btw air cengkeh gt rasanya gimana sih hehe pahitkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga terlalu pahit kalau menurut aku, cuma bisa tambah madu biar ga terlalu seret kali ya hehe

      Hapus
  4. Baru denger nih air rebusan cengkeh lumayan bisa ya untuk mengatasi bau ketiak, tapi mungkin rasanya akan sedikit spicy gitu ya (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya agak strong sih memang, cuma bisa pakai madu biar ga terlalu seret minumnya hehe

      Hapus
  5. bisa dicoba nih, aku baru tau dan baru denger, sayangnya daerah rumahku agak susah cari cengkeh,harus nyari ke pasar traditional nih kayanya hihi

    BalasHapus
  6. Cobain laser underarms bep, aku laser sebelum merit, biar bagus pas pake gaun wakakakkk, sampai sekarang masih mulus loh, bulunya belom tumbuh, jadi kalo keringetan juga gak nyangkut di bulu =D
    Sekarang sih cuma pakai deodorant ajah, hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah laser-laser'an sih.. Model kaya di zap gtu ya?? Mahal dong yaa pastinyaa wkwkwk~

      Hapus
  7. Bermanfaat sekali tipsnya beb.. rmang bagian ketiak itu yang paling susah dibikin cerah ya, apalagi aku yang bukan suka treatment ke klinik kecantikan gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau males ke klinik, aku juga biasa pakai cara lain biar lebih hemat tapi tetap maksimal :D

      Hapus
  8. Makasih tipsnya, aku nggak pernah sih scrub ketiak, tapi rutin pakai roll on memang suka nggak pede aja kalau nggak pakai roll on, apalagi kalau berkeringat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah pakai roll on rasanya udah tenang ya wkwk~

      Hapus
  9. Bener banget kak ini tuh penting banget dibahas kadang ada beebrapa orang yang ga sadar akan bau badannya sehingga kadang orang itu dijauhi atau diejek.

    BalasHapus
  10. Waaah bagus juga untuk dicoba nih mba. Karena berbagai area lipatan banyak yang menggelap..

    BalasHapus
  11. ohiya ya scrub, aku enggak kepikiran. untungnya ketiak aku enggak gampang menghitam hehe

    BalasHapus
  12. Nice info beb.. thanks for sharing! Oke banget ni tips nya.. aku jadi kepo ama vienna whitening scrub.. bagus yaa produknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih kaya scrub biasanya, bedanya yang vienna khusus ketiak jadi bahan yang digunakan pun aman buat ketiak hehe :)

      Hapus
  13. Ternyata daun kemangi selain disajikan untuk bahan masakan pindang juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah ketiak berbau ya kak? Makasih infonya kak.

    BalasHapus
  14. Wah padahal aku suka banget makan daun kemangi di pecel lele hihi ternyata ada fungsi lain nya yah.. Cukup tercerahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama lalapan enak banget yaa wkwk bisa nambah aku tu, apalgi kalau pakai sambel terasi wkwkw~

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou