KRITERIA DALAM MEMILIH FOUNDATION ALA LISA LIM

by - 23.50


Source: hellosehat.com

Haii guys! Apa kabar? Hari ini aku ga pengen review produk dulu, melainkan pengen sharing beberapa hal yang aku perhatikan sebelum membeli foundation. Sebagaimana kita tau, foundation ini merupakan dasar dari seluruh make-up. Kata orang sih kalau basenya aja udah ga bagus, gimana nanti make-up di atasnya? 

Foundation sendiri juga banyak jenis dan pilihannya, semuanya tinggal disesuaikan selera dan kebutuhan kita. Apalagi aku yang memiliki kulit berminyak, tentu cukup picky dalam memilih foundation. Bisa dibilang banyak maunya! Iya, aku orang yang termasuk lebih investasi di foundation ketimbang make-up lainnya. Kalau bisa sih foundation mahal/high end gapapa, yang penting foundation itu bekerja dengan baik di kulit aku. Ya mungkin kira-kira begitulah kalau dideskripsikan, tapi tetap sih yang penting harus masuk sama budget masing-masing, hehe~


Karena setiap orang berbeda-beda jenis kulit & kebutuhan, berikut kriteria foundation yang paling penting menurut aku, yaitu:

1. Long Lasting/Tahan Lama 


Source: macys.com

Aku suka banget dengan complexion yang hasilnya tahan lama, flawless, tapi masih natural ketika digunakan. Akan lebih bagus bila foundation itu finishnya satin, tapi punya formula yang tahan lama. Walaupun aku suka hasil yang tahan lama, tapi tentu ga semua foundation yang aku suka harus matte apalagi dead matte, justru sekarang aku lebih suka foundation yang hasilnya satin, karena menurut aku lebih mudah untuk mix & matchnya. Misal jika mau di pakai pagi hari atau pergi seharian seperti travelling, aku cukup tambahkan pore primer, powder & banyak-banyak setting spray.

Sedangkan jika mau di pakai sore hari atau acara malam, aku bisa pakai moisturizer sebelumnya & setting powder. Intinya yah, kalau memang foundation itu sudah punya formula yang tahan lama, mau finishnya apapun pasti juga akan lebih better. Lagian kadang, kalau foundation yang hasilnya terlalu matte lebih rentan crack, sedangkan foundation yang terlalu glowy lebih rentan berminyak. Aku paling ga suka sama foundation yang mudah luntur atau berminyak, karena tentu hasilnya cenderung cakey & kurang bagus.


2. Ringan


Source: allbeauty.com

Ini masalah kenyamanan, tentu aku suka banget dengan foundie yang feelnya ringan & ga berasa apa-apa. Karena bila foundie kita ringan, otomatis kulit kita ga terlalu berat & saat membersihkannya pun tidak perlu effort lebih. Apalagi kulit aku yang sensitif/acne-prone, foundation yang berat kadang membuat kulit aku lebih rentan jerawatan.

Selain itu bila foundation kita ringan, tentu saat beraktifitas menjadi lebih leluasa & percaya diri, lebih enak aja gitu feelnya. Incase, foundation yang berat itu kadang terlihat medok atau terlalu dempul. Aku lebih suka foundation yang semakin lama di pakai, tapi semakin menyatu di kulit, kalau foundienya udah berat duluan mungkin agak susah nyatu karena kulit udah nahan berat si foundation & akhirnya kalau kelamaan dipakai justru kadang bikin lines wajah lebih terlihat.


3. Medium To High Coverage

Source: beautybay.com

Aku taruh ini di nomer 3 karena sebenarnya masalah coverage ini bisa ditutupin dengan concealer sih, jika mau lebih nutup lagi & terutama yang banyak bekas jerawat gelap. So, ini soal selera aja & bukan prioritas, tapi ini pelengkap kriteria foundation, ibaratnya nilai plus untuk mempertimbangkan jika mau membeli sebuah foundation.

Aku lebih prefer foundie yang coveragenya medium tapi bisa di build up, karena aku ga selamanya perlu foundation yang super high coverage. Ada masa dimana aku lebih pengen hasil yang no make-up make-up look, dan ada masa dimana aku lebih pengen hasil yang full coverage. Sama seperti poin nomer 1, foundation yang coveragenya medium juga lebih bisa untuk di mix & match sesuai kebutuhan.


4. Blendable


Source: nikiscosmetics.com

Kalau dalam hal make-up, aku paling cinta dengan base/complexion dibanding item make-up lainnya seperti blush, highlight, contour, eyeshadow, eyeliner, mascara atau lipstick. Menurut aku sih penting untuk punya base yang bagus karena dari base itu yang akan mempengaruhi make-up di atasnya. Base yang bagus bisa berupa mudahnya foundation untuk diratakan, sesimple itu tapi cukup penting.

Karena jika foundie mudah di blend, tentu foundation tersebut akan lebih menyatu & masuk di kulit. Ibarat foundie kita kegelapan atau keputihan, masih bisa sedikit kita campurin produk make-up lain karena masih mudah di blend, sedangkan kalau foundienya udah padet duluan, mungkin agak susah buat dapet warna yang kita mau, in case kalau salah beli shade foundation ya. Lagian, hal ini membuat lebih hemat waktu & kitanya juga yang ga akan ribet.


5. Packaging 


Source: journal.sociolla.com

Bisa dibilang penting tapi ga penting-penting amat, ya kan aku lebih prefer formula & kualitas si foundation ya daripada packaging, hehe. Cuma pentingnya adalah, kemasan foundation ini harus versatile & mendukung kebutuhan. Contoh sewaktu travelling, tentu akan rempong bila bawa foundie yang botolnya kaca, selain berat juga rentan pecah di perjalanan apalagi kalau masuk koper. Bisa sih di pindah ke travel size, cuma tetap aja kurang higenis.

Selain itu, lubang mengeluarkan produk yang pas, dalam artian tidak terlalu besar & tidak terlalu kecil, sehingga tidak mudah kebanyakan sewaktu mengambil. Aplikator untuk mengeluarkan foundation, disini aku lebih suka yang pump, karena praktis & cepat. Selain itu, packaging dengan design menarik tentu menambah kesenangan tersendiri sih saat membawa foundation atau sebagai pajangan di meja rias, berasa cute & suka aja gitu liatnya, ga bakal ngebosenin hehe


Okay ladies, itulah beberapa hal yang aku perhatikan sebelum memilih foundation. Karena aku yakin, make-up yang bagus, tentu dihasilkan oleh base yang bagus juga. Selain foundation, tentu base yang bagus juga bisa di dapat dari rutin menggunakan skincare & menjaga pola hidup sehat. Nah, menurut kalian gimana nih? Apakah kalian punya kriteria lain? Jangan lupa komen di bawah yah, biar aku tau bagaimana kriteria kalian kalau mau beli foundation.😁 Thankyou for reading & see you on my next posting!


Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com

You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou