>> [REVIEW] RCMA NO-COLOR POWDER (BEST TRANSLUCENT SETTING POWDER FOR OILY SKIN)

by - 00.15



Haii, beauties~ Hari ini aku akan me-review bedak yang sudah lama banget aku pakai & aku suka sesuka-sukanya itu dengan bedak ini. Yups, dari judul kalian juga udah bisa baca yaitu si RCMA No Color Powder. Aku beli bedak ini udah 1 tahun yang lalu, tapi isinya masih setengah kemasan, menurut aku ini bener-bener worth it buat kalian yang mau cobain.


Jadi, selama 1 tahun itu, otomatis udah banyak banget test yang aku lakukan dengan bedak ini, mulai dari segi ketahanan, hasil di kulit selama berjam-jam, di pakai saat panas-panas'an, saat travelling, saat di timpa dengan produk/skincare lain, saat di coba dengan beberapa jenis foundation lain, saat baking, saat di pakai tipis-tipis & lain sebagainya. Sayangnya, aku baru sempat nulis sekarang, karena sepanjang tahun ini bisa dibilang cukup hectic & kadang mood nulis aut-aut'an. So, tanpa basa-basi langsung saja kita masuk ke reviewnya.


Tampak Samping

Awalnya, aku tau RCMA ini dari Female Daily, kalau ga salah waktu itu lagi hype banget & banyak yang bilang kalau ini tuh Dupe dari Laura Mercier Translucent Loose Setting Powder. Sebagaimana kita tau Laura adalah brand High End yang harganya bikin belo yaitu sekitar 650.000, hampir setara harga bedaknya Shu Uemura dan Chanel. Berhubung aku ga pernah cobain Laura karena masalah ekonomis, jadi aku bermaksud berekspetasi kalau ini sama dengan Laura but dengan harga yang lebih affordable.


Tampak Belakang

Selain RCMA, pada saat yang berbarengan munculah si Coty Airspun, yang pada masanya juga lagi hype banget. Waktu itu aku sumpah galau banget mau beli si RCMA atau Coty Airspun, karena keduanya sesuai dengan yang aku cari & penasaran banget karena keduanya banyak di rave sama beauty guru luar. Setelah memikirkan dengan cukup matang, jatuhlah pilihanku untuk membeli yang RCMA saja, karena pertimbangan ku RCMA mungkin lebih aman di warna kulit karena dia transparent & wanginya tidak ada. Semakin yakin lagi membelinya setelah melihat Kathleen Lights, me-rave bedak ini juga di youtubenya, lalu lah fix "Gue harus coba si RCMA"!


Klaim: The perfect universal setting powder for all skin types! No-Color Powder contains absolutely no pigment, no perfume, no fillers and will never alter your foundation shade or natural skin tone. It will set your make up with a flawless finish that won't cause flashback.

Ingredients: Talc, Silica


Yeahh, ingredientsnya simple & ga banyak macam-macam. Fyi, Silica ini merupakan salah satu kandungan yang biasa ditemukan di foundation atau primer, yang bikin wajah kita terlihat halus, poreless, dan blur seperti di photoshop "CMIIW." Silica ini mirip juga sama Silicon atau Dimethicone yang fungsinya sama untuk menghaluskan & melembabkan. 


Tutup Kemasan

Packaging, aku rasa semua orang hampir mempersalahkan kemasannya yang seperti tempat lada bubuk. Yeahh, kalian bisa liat sendiri, but seperti kata pepatah "Don't judge something by cover". Beneran, awal mau beli bedak ini aku mikirnya juga gimana pakainya kalau udah ke beli, but untungya aku masih punya tempat bekas translucent powder make over yang dulu sempat aku cintai juga bedaknya. Saran aku, kalau kalian mau pakai bedak ini, lebih baik di pindahin dulu ke tempat loose powder yang dulu atau kalau ga ada, kalian bisa beli yang tempat bedak tabur buat travelling gitu.


Tempat Bedak Tabur Untuk Travelling




Tampak Isi Bagian Dalam

Teksturnya sangat halus, hampir tidak terasa kalau itu berupa butiran bedak. Dari sekian banyak loose powder yang aku coba, RCMA inilah yang paling halus teksturnya. Dia sangat ringan, bener-bener ringan & ga berasa apa-apa ketika di gunakan. Beda dengan bedak lain, yang kadang aku masih bisa ngerasa kalau aku lagi pakai bedak karena terkesan tebal di wajah.


Tekstur Bedak Sebelum Dibaurkan

Saat di aplikasikan, hasilnya matte namun masih memberikan kesan natural & menyatu dengan kulit. Ibarat kalian pakai bedak ini, kulit kalian tuh masih kelihatan bernafas dan terlihat auranya dari dalam, ga seperti kebanyakan bedak yang medok atau full nutupin wajah. Finishingnya halus & lembut banget, hasilnya mirip kaya hasil-hasil MUA yang bikin kulit terlihat blur dan flawless. Saat di gunakan untuk baking, dia bisa nge-set area under eye dengan baik & bikin concealer ga mudah creasing.


Setelah dibaurkan, bedak menjadi transparan & tidak berwarna

Karena warnanya transparent, bedak ini bisa masuk ke semua skintone apapun, karena ketika mengenai wajah, warna butiran putihnya akan membaur mengikuti warna kulit si pemakai & menjadi transparan. Bedak ini cocok dijadikan sebagai setting powder, set concealer, atau untuk kalian yang warna foundationnya udah pas tapi males layer-layer bedak yang bikin terlihat medok, atau untuk kalian yang mau bikin make-up biar lebih set & tahan lama, kalian bisa pakai RCMA. Selain itu, nilai plusnya adalah bedak ini tidak memiliki fragrance, sehingga aman bagi kalian yang kulitnya sensitif atau risih dengan wewangian. 


RCMA No-Color Powder

Aku sendiri prefer menggunakan bedak ini dengan spons di banding dengan brush, karena dengan spons aku ngerasa lebih ter-cover & brush hanya aku gunakan untuk meratakan semua riasan yang sudah di set atau untuk menghapus sisa-sisa bedak di wajah biar lebih terbaur rata keseluruhan.  


Left: Done with foundation, sebelum di aplikasikan RCMA | Right: Done with foundation, setelah di aplikasikan RCMA

Staying powernya, Juaraa! Udah banyak kesempatan yang aku gunain untuk test si RCMA ini & hasilnya ga mengecewakan, sama seperti aku suka-sukanya dari awal dengan bedak ini. Di pakai selama 10 jam dari pagi jam 08.00-18.00 sore, dia awet banget nahan minyaknya di aku. Cuma ada sedikit kilap di bagian hidung & itu menurutku wajar banget, karena biasanya masalah aku itu memang di hidung yang paling berminyak or daerah T-Zone. Aku menggunakannya saat di luar ruangan, which is 10 jam tahan di outdoor itu menurut aku udah cukup banget, apalagi kalau yang di indoor, tentunya lebih tahan lama lagi.

Di pakai saat travelling pun, juga tahan lama. Kalau ga salah, waktu itu aku ada ke Makassar 1 tahun yang lalu & dia bener-bener stay di wajah sampai sore & ga membuat riasan yang lain jadi jelek/kusam. Waktu itu awal pakai pagi sampai malamnya sekitar jam 22.00 baru balik hotel, dan bedak ini tuh masih kaya oke gitu di wajah, ga yang kilang minyak dll.

Saat itu aku pakai foundation yang tipe satin, bukan yang matte, jadi ya kalian bisa kira-kira yaa hehe.. Ibarat aku mau lanjut jalan lagi dengan make-up dari tadi pagi ya masih bisa. Padahal aku ga ada touch-up sama sekali, karena pada dasarnya aku males banget touch-up kalau lagi jalan/travelling, intinya aku anak yang males ribet. Pokoknya kalau lagi jalan, ya jalan aja gitu bener-bener quality time, tanpa mikir ini itu, merhatiin muka gimana, ngaca lah dll.


Saat di Bali kemarin pun juga sama, dia awet seharian & masih bagus. Tapi bedanya, aku ga touch-up melainkan cuma di blot aja pakai kertas minyak/tissue. Aku pakai bedak ini mulai subuh sekitar jam 05.00 pagi dari airport sebelum berangkat, jadi aku make-up nya di airport, karena harus gercep banget bangun paginya, dan aku ga kuat kalau pagi-pagi dari rumah mesti make-up an sendiri sesubuh itu. Sampai di Bali, bedak ini langsung aku bawa jalan seharian, mulai dari panas-panas'an di Pandawa Beach, Uluwatu, kena keringat dll.




Yang paling panas adalah saat di Pandawa, karena matahari tepat berada di atas, dan saat itu muka aku mulai keringatan, inget ya keringatan, bukan yang berminyak. Iya, jadi RCMA ini ga berminyak, dan pas aku blot pakai tissue dia kembali kaya awal lagi, kaya masih berasa bedaknya di kulit, ga yang langsung kena keringat luntur habis gitu. Sampai malam harinya sekitar pukul 20.00, aku balik dari Jimbaran ke hotel & dia masih kaya oke gitu. Sekucel-kucelnya make-up yang udah seharian, pas pake si RCMA ini masih kaya lebih better. Kalau di hitung-hitung udah 15 jam pemakaian & di blot pakai tissue, make-up yang lain kaya blush, shading, gitu masih bisa kelihatan, which is dia ngebantu produk yang di atasnya lebih tahan lama juga. 


Biasanya kan kalau kelamaan pakai make-up itu pasti ada sedikit kayak cakey gitu, ini sering banget aku perhatiin, but pas aku pakai si RCMA ini, dia ga ada cakey atau retak kaya di smile-line gitu. Ibarat luntur, bedak ini kaya makin nyatu ke kulit gitu loh, kaya makin masuk. That's why I love this powder :)


Ketahanan saat di pakai produk skincare lain juga sama. Kebetulan skincare aku kebanyakan yang moisturizing, jadi ya memang harus di set dengan bedak. Hasilnya pun juga ga berminyak, cuma pada sore hari agak sedikit shiny, tapi ini juga karena skincare yang aku pakai melembabkan. Ketika di pakai dengan foundation yang hasilnya matte, menurut aku bedak ini agak terasa lebih powdery dibandingkan bila menggunakan foundation yang hasilnya satin/dewy. Aku sendiri lebih suka bedak ini di pakai berbarengan dengan foundation favorite ku yaitu Bourjois Healthy Mix Foundation. Menurut aku pas banget hasilnya bila kedua produk ini digabungkan, hasilnya flawless banget.




Overall, aku sangat suka dengan RCMA ini, dia tidak oxidize, ga bikin cakey, ga membuat dry patches di kulitku & ga bikin breakout/problem lain di kulit. Aku sangat rekomen produk ini buat kalian yang nyari loose powder transparent, bedak tabur yang ringan tapi tahan lama, setting powder yang bagus, atau untuk kalian yang ga suka bedak berwarna & ingin tampil natural, kalian harus coba RCMA ini.


Kalian bisa beli bedak ini di online shop atau beberapa market place, kemarin aku belinya di Shopee, cuma lupa di seller mana. Harganya kisaran 230.000-250.000 dengan isi produk 3 oz kurang lebih 80gr, menurut aku worth to buy & worth every penny. Aku sendiri pakai bedak ini ga tiap hari, melainkan kalau mau jalan aja, karena sayang juga cepat boros bila digunakan setiap hari. 


Like:
1. Transparan di wajah
2. Sangat ringan ketika digunakan
3. Tahan lama dalam mengontrol minyak
4. Tidak memiliki parfum, tidak membuat dry patches
5. Tidak mengubah warna foundation
6. Semakin lama digunakan semakin bagus di wajah
7. Hasil yang flawless & smooth
 
Dislike:
1. Packagingnya yang ringkih & cenderung bulky
2. Tidak terdapat aplikator atau spons

Rating:
4.5 out of 5.0
Repurchase again? Definitely Yass!


Okay, that's all for today post. I hope it can be helpful & can be reference if you want to try this products. Thankyou for reading and I'll see you on my next posting. XOXO ^^










Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Melisa Carolline Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com



Disclaimer: This posting is my personal opinion and not sponsored, I bought it with my own money. Results can be different for each individual, depending on skin type and condition. Don't make a benchmark only according to one review.

You May Also Like

18 komentar

  1. Udah penasaran banget sama ini. mau beli masih maju mundur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayukk, beli vin wkwk
      Cobain deh, pasti ntr tau sendiri hasilnya ^^

      Hapus
  2. Bagi aku RCMA ini tetap terlihat putih kok di wajah dan teksturnya so so aja �� aku lebih suka teksturnya si Innisfree no sebum, lebih lembut dan ngeblur itu aku bilang sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh, aku malah cinta berat sama RCMA, kaya semua kriteria ku ada di bedak ini #lol wkwk

      Wah, aku belum coba yang si innisfree tuh~ Next time boleh lah ya, soalnya kapan hari aku juga mupeng sama innisfree wkwk

      Hapus
  3. Suka deh baca reviewnya Lisa, lengkap banget.
    Btw, kayaknya RCMA ini cocok buat MUA ya, buat acara-acara yang formal gitu, yg perlu make up stay lama.
    Banyak plusnya, tapi sayang wadahmya emang kayak tempat lada di rumah... ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu sih, tapi banyak kok kalangan biasa pakai bedak ini, ga mesti mua juga wkwk
      Setau aku mua itu seringnya pakai shue, chanel, laura atau mac wkwk

      Thankyou ud mampir :)

      Hapus
  4. Idem ama mba Leha, lengkap bener euy reviewnya dan bikin aku berbisik "ga oxidize? uh pengeeen!", secara yg ada rata2 begitu. Btw, serius ya bahannya cuma 2,talk dan silica?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ingredientsnya cuma tertulis 2 itu aja sih hehe~

      Hapus
  5. Aku belum pernah euy makai bedak translucent. Biasanya pakai bedak tabur biasa aja sebelum pakai bedak. Tapi kalau dilihat dari foto kayaknya memang bagus ya hasil akhirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh translucent powder, aku semenjak pake translucent powder hampir ga pernah lagi pakai bedak yang berwarna, soalnya udah suka banget sama hasilnya yang terlihat natural hehe~

      Hapus
  6. Aku ga pernah make bedak ini. Kayaknya oke banget ya. Ini serius cocok sama semua warna kulit? Aku liatnya kok putihan y? Biasa make warna cream krn cocoknya cm jenis begitu. Pengen nyolek bedaknya dikit deh baru nyoba beli. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa masuk di semua warna kulit, pakainya tipis-tipis aja, kalau ketebalan mungkin terlihat putih, tapi nanti dia akan berbaur ngikut warna kulit asli hehe

      Wkwk, coba aja beli yang share in jar nya, jadi biar ga rugi kalau ga cocok misalnya wkwk Di shopee banyak kok yang jual share in jar ^^

      Hapus
  7. Ah, Lisa juara emang kalau ngereview produk. Apalagi karena memang suka sama si produk ya. Di kantong aku bedak sejenis RCMA ini udah high class banget. Sesuai dengan kualitas lah ya. Bedak yang aku pakai sekarang terasa banget bedanya kalau dibandingkan dg RCMA, terutama retakan di smile line itu. Harus ngaca kalau sudah agak siangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, bisa aja mba rindang wkwk

      Aku pertama beli juga galau banget worth it ga ya dengan harga segitu, tapi ternyata isinya banyak & pakainya pun sedikit aja udah bagus~ Jadi aku udah 1 tahun ini ga beli bedak lagi karena habisin si rcma, jatuhnya malah hemat menurutku wkwk Aku sih mikirnya investasi diawal gpp lah hihihi

      Pake bedak apa mba rindang yg sekarang? Kepo* maklum lah jiwa beauty ini yang selalu penasaran wkwk

      Hapus
  8. Galau sih aku mau beli lagi apa engga :( tapi suka sih sama produk ini punyaku yang kemaren hilang padahal baru *sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli yang share in jar nya aja kalo males beli yang full size hihihi

      Bdw, thankyou ud mampir :)

      Hapus
  9. Bagusan ini atau laura ya ? Aku pakai laura udah nyaman bgt tapi liat banyaakkk banget yg pake ini jd pengen coba juga..:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain aja sist dan coba bandingin sama laura, biar tau lebih nyaman yg mana hehe :)

      Hapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou