[REVIEW] BASE SKINCARE (SKINCARE DENGAN PERSONALIZED & LIFESTYLE INDIVIDU)

by - 07.44

Dulu sebelum punya anak, setiap mau coba atau beli skincare pasti selalu searching sana-sini, liat banyak review, dan cari tau ingredients yang mungkin bisa cocok dikulit dan paham akan kebutuhan kulit. Tapi itu dulu, setelah punya kesibukan mengurus anak & suami, rasanya sekedar searching skincare atau baca review pun sepertinya udah ga sempat, justru lebih memprioritaskan searching tentang dunia parenting & tumbuh kembang, true mak-mak? Jadinya skincare routine yang dulu dari A-Z, mau gak mau di pangkas seminimal mungkin, demi kepraktisan mamak dalam merawat kulit dan quality time bersama anak. 

Padahal, kulit punya ceritanya masing-masing. Perlu kita tanamkan mindset kalau kebutuhan kulit setiap orang berbeda & tentunya tidak bisa dipukul rata. Mungkin di sebagian orang, produk yang dipakai si A cocok juga di pakai si B, dalam artian jenis kulit & kondisi kulit mereka sama. Tentu hal ini ga masalah ya, tapi ada juga produk yang dipakai si A cocok, tapi ketika di pakai si B malah tidak cocok, padahal jenis dan kondisi kulit mereka tadi sama. Nah, ini yang perlu kita pahami, dimana mungkin ada ingredients yang membuat ke tidak-cocokan tadi. 

Bisa dibilang kulitku adalah tipe yang kering namun sensitif, berminyak dibagian T-zone namun yang selalu berjerawat hanya dibagian dagu. Ga jarang "trial and error" sudah biasa karena seringnya coba-coba produk untuk dapat yang cocok. Sempat bingung juga sih dulu setiap mau cari skincare, bahkan saking ga nemunya produk yang pas untuk kulitku, aku sampai beli 2 produk sekaligus.

Dimana produk pertama untuk kulit kering yang aku aplikasikan hanya dibagian yang kering sensitif, dan produk kedua untuk kulit oily acne-prone yang aku aplikasikan hanya dibagian T-zone atau yang berminyak saja. Ribet? Iya, tapi ntah kenapa dulu aku sampai segitunya care dengan kulit. Kalau dibanding sekarang, sungguhlah berbeda jauh! Sekarang, yang penting udah pakai pelembab dan sunscreen pun beres, karena masih banyak kegiatan lain yang menunggu untuk dikerjakan hehe~

Karena aku sendiri awalnya cukup picky dalam memilih skincare, maka aku sangat senang ketika Base Skincare ini hadir di Indonesia. Dimana, Base hadir untuk memberikan solusi & perspektif baru dalam menemukan skincare yang cocok untuk kulit setiap orang. Sehingga, ga perlu lagi bingung dan searching-searching ingredients atau trial error, karena Base Skincare ini dibuat dengan ingredients yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing individu, berdasarkan dengan gaya hidup yang dijalani masing-masing individu, & sesuai latar belakang/masalah kulit masing-masing individu. 

Kalau sudah gini, tentu skin goals kita dapat lebih mudah di capai. So, tidak cuma dari jenis kulit ya, karena jujur jenis kulit itu sangat variatif. Awalnya aku juga sempat bingung, gimana Base ini bisa membuat skincare yang berbeda untuk setiap orang, ternyata Base menawarkan skin analisis secara gratis. 

Caranya sangat mudah, kita masuk ke www.base.co.id dan isi skin test yang memerlukan waktu kurang dari 5 menit. Setelahnya, kita bisa sign up untuk melihat hasil analisa kulit, dan Base akan merekomendasikan formula skincare yang sesuai dengan kebutuhan kita, seperti dibawah ini:

Disini kita akan memulai skin test yang sangat mudah & tidak perlu bingung karena kita tinggal pilih jawabannya saja. 

Ada 3 kategori pertanyaan yang nantinya akan kita jawab berdasarkan diri kita sendiri, nah disinilah mereka bisa menyimpulkan ingredients dan produk yang cocok untuk kita. 

Kategori Your Skin ini pertanyaannya mengenai jenis kulit kita, kondisi kulit seperti apa yang kita inginkan, seberapa sering kita berjerawat, dll.

Kategori Lifestyle ini pertanyaannya seputar gaya hidup yang kita lakukan sehari-hari, seberapa sering kita terpapar matahari, jam tidur kita, dll.

Setelah semua skin test kita jawab, maka tidak lama ingredients yang cocok untuk kulit kita akan keluar & berasa special gitu ga sih kalau skincare khusus dibuat untuk kita haha~ 




Setelah selesai mengikuti skin test, maka BASE akan menyimpulkan jawaban kita tadi & mereka juga akan kirim email mengenai hasil skin test kita, beberapa ingredients yang cocok, serta produk yang bisa kita coba. Sangat praktis bukan? 


Menurut aku, Base ini bisa dibilang skincare lokal terbaik, karena ya fasilitas yang mereka tawarkan tadi sangat memudahkan konsumen untuk memastikan produk yang mereka beli pasti cocok dikulit & tentunya karena mereka skincare vegan, sehingga lebih nature serta aman.  

Beberapa hal yang bikin aku tertarik mencoba Base skincare ini, diantaranya: 

  • Personalized Formula, dimana dibuat sesuai jenis kulit, goal kulit, dan gaya hidup masing-masing.
  • Plant Powered, dimana 100% berbahan baku dari tanaman (vegan & organic) yang diambil dari sumber terbaiknya di seluruh dunia dan sudah teruji klinis. 
  • Safe, dimana produknya sudah diverifikasi oleh BPOM, ECOCERT, dan tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh.
  • Accessible, dimana Base memberikan free delivery ke semua kota yang ada di Indonesia.
  • Artificial Perfume Colorant Free, SLS Free, Phthalates Free, Cruelty Free, & Paraben Free.
Berdasarkan skin test yang sudah aku lakukan, maka keluarlah ingredients yang sesuai dengan kebutuhan kulitku, yakni:
  1. Vegetable glycerin, from Champlan, France.
  2. Geranium, from Kigali, Rwanda.
  3. Pullulan, from Seoul, South Korea.
  4. Coenzyme Q10, from Buchs, Switzerland.
  5. Aloe Vera Extract, from Mante, Mexico.
  6. Sunflower Oil, from Lipetsk, Russia.
Untuk full ingredientsnya, mereka juga menyisipkan QR Barcode pada ingredients card yang kita dapat saat menerima paket, yang nantinya bisa kita scan pada smartphone kita masing-masing. Selain ingredients card, kita juga akan mendapat pouch dan sticker pack yang tentunya lucu-lucu😍.




Ada 2 produk mereka yang aku coba & sesuai dengan hasil skin test tadi, yakni Base Nine to Ten Nourishing Cleanser, dan Base Ultra Gleam Purifying Lotion. Gimana sih rasanya pakai skincare yang khusus dibuat special untuk kita, dan reviewnya dikulit ku? Simak terus ya, hihi~ 



1. Base Nine to Ten Nourishing Cleanser [Rate: 8/10] 


Non-foamy cleanser yang membersihkan dan melembutkan kulit. 
Non-SLS formula, menghindari kulit terasa kering atau tidak menimbulkan efek stretch setelah penggunaan. 
Non-perfumed product, menghindari efek perih pada kulit, cocok untuk sensitive skin. 

Price: Rp 98.000,- / 100ml 





Packaging, dikemas dalam botol pump kaca putih nuansa peach bertuliskan Made For Melisa, tentu semakin menambah personal produk ini. Jujur, pas pertama kali lihat packagingnya aku kaya kurang suka gitu karena dari kaca, otomatis lebih berat & rawan pecah. Namun pas dilihat-lihat lagi, aku baru ngerasa kalau packagingnya ini sebenarnya aesthetic, dimana dari segi bentuk & bahannya, bisa mempercantik decor kamar mandi atau meja rias. Semisal produknya sudah habis pun, packagingnya bisa kita gunakan kembali untuk menaruh isi ulang sabun atau lotion. 



Selain itu yang aku suka, cleansernya ini dilengkapi klip penutup pump, dimana berfungsi untuk mencegah kotoran masuk atau menempel dari lubang pump tempat keluarnya produk. Untuk ingredients, keterangan produksi, dan expired datenya, bisa kita lihat pada box luar kemasan. 


Teksturnya lightweight, mudah diratakan di wajah & lembut banget dikulit. Bener-bener berasa ga kaya lagi cuci muka, saking ringannya cleanser ini. Base Nourishing Cleanser ini juga tidak berbusa, sehingga sangat gentle di kulit sensitif atau kulit yang sedang breakout/berjerawat. Wanginya terbilang soft, tercium sedikit wangi ginger, aroma plantnya dapat dirasakan, dan wangi-wangi natural organicnya itu keciuman. Aku sendiri suka dengan wanginya karena cukup enak & tidak menyengat. 

Cara Pemakaian Base Nourishing Cleanser: 

- Keluarkan sekitar 2-3 pump cleanser, lalu aplikasikan langsung pada wajah.
- Pijat bagian wajah sampai leher dengan gerakan melingkar. Step ini menurut aku penting ya, karena banyak sedikitnya gerakan yang kita lakukan pada wajah, akan berpengaruh dengan kemampuan mengangkat kotorannya. Semakin lama kita massage wajah & menjangkau area yang berminyak/susah dibersihkan, maka cleansernya semakin efektif untuk lebih deep cleansing lagi. Ini tentu karena teksturnya yang ringan & tidak berbusa ya, sehingga effort kita sedikit dibutuhkan dalam hal ini. 
- Setelah selesai, bilas dengan air hangat, gunakan secara rutin pagi & malam. 

Ketika diaplikasikan, Base Nourishing Cleanser ini berubah menjadi transparan di wajah, dan mampu membersihkan wajah dari debu/kotoran dan sisa-sisa  make-up/skincare. Menurut aku cleanser ini cocok sekali dijadikan cleanser pagi hari setelah bangun tidur, karena tidak membuat kulit kering/kesat setelahnya. Disini aku membilas sisa cleanser ini dengan air biasa ya, jadi tidak menggunakan air hangat. 

Setelah digunakan, wajah terasa bersih, lembab, dan halus. Bila sebelumnya menggunakan makeup, maka penting untuk pakai first cleanser dulu ya seperti micellar water atau cleansing balm, karena memang cleanser ini kurang efektif untuk menghapus sisa make-up. But, kalau untuk membersihkan wajah dari sisa skincare/sunscreen, atau semisal kita hanya dirumah saja tidak bepergian, maka cleanser ini sudah bekerja dengan baik. 

Aku sudah menggunakan cleanser ini kurang lebih 2 minggu, dan overall cleanser ini cocok dikulitku, melembutkan & melembabkan kulit, serta kulit kering & bruntusan pun ga pernah datang lagi. Aku rekomen produk ini untuk kalian coba, terlebih kalian yang kulitnya super sensitif kaya ga bisa kesenggol ingredients aktif sedikit pun, karena kandungannya natural, organic, dan tentunya diadjust sesuai kondisi kulit kalian masing-masing. 


2. Base Ultra Gleam Purifying Lotion [Rate: 8.5/10] 


✔Lightweight moisturizer.
✔Easy to absorb formula.
✔Non-greasy texture.
✔Non-perfumed product. 

Price: Rp 189.000,- / 30ml 






Packaging, hampir sama seperti cleansernya ya, terdiri dari botol kaca yang dilengkapi dengan pump & penutup yang di dominasi warna putih peach. Kemasannya sendiri cukup handy, namun sayang karena bahannya kaca jadi cukup bulky kalau dibawa bepergian, sehingga aku lebih prefer memindahkannya ke botol travel agar lebih ringkas.  



Teksturnya creamy dengan warna kuning pastel, ringan, dan mudah diratakan di wajah. Wanginya lembut, tidak menyengat, dan tercium aroma plant yang natural. Bisa dibilang ini moisturizer teringan yang pernah aku coba, beneran lightweight banget sewaktu diaplikasikan ke wajah, namun mampu melembabkan kulit sampai ke lapisan dalam. Base Purifying Lotion ini juga cepat meresap, gak lengket, dan hasilnya di wajah itu transparan like semi-matte, namun tidak kering & tidak mengubah tone warna kulit. 



Cara pemakaian Base Purifying Lotion: 

- Setelah menggunakan toner/essence, tuangkan sekitar 2-3 pump keseluruh permukaan wajah.
- Aplikasikan dengan cara memijat ke atas atau memutar untuk penyerapan lotion yang maksimal. 
- Diamkan beberapa saat & tepuk-tepuk hingga merata.
- Setelah meresap, lanjutkan dengan penggunaan sunscreen dan lainnya. 

Setelah menggunakan Base Purifying Lotion, wajah terasa lembab, tidak berminyak, dan terlihat sehat. Bila produknya sudah meresap, moisturizernya jadi nyatu sama kulit gitu, bener-bener kaya masuk & mengunci kelembapan di wajah. Lembabnya sendiri tahan lama & tidak mudah kembali kering di kulit. Aku udah tes seharian pakai pelembab ini, dan sampai sore pun kulit tidak kering maupun berminyak, karena ada beberapa tipe moisturizer yang mudah kering lagi atau berminyak di wajah. 

Setelah penggunaan rutin 2 minggu, wajah jadi lebih plump, lembut, dan ga gampang kering. Sejauh ini ga ada masalah kulit baru, jerawat juga calm, dan kulit lebih terlihat balance/tidak kusam. Karena formulanya yang ringan, aku rasa Base Purifying Lotion ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama aku yang mudah sensitif dan acne prone. Selain itu, kadang aku gunakan juga lotion ini sebagai primer agar makeup lebih set dan wajah tetap lembab selama menggunakan make-up. 

Untuk kalian yang pengen mencoba produk Base ini, kalian bisa langsung mengunjungi website BASE di www.base.co.id untuk ikut skin test dan tau ingredients/produk yang sesuai dengan skin test kalian. 
Selain itu, khusus untuk pembaca blog ini kalian bisa mendapatkan potongan diskon dengan menggunakan kode "CAROL30" saat checkout & untuk info lebih lengkap kalian bisa mengunjungi instagram mereka di @ITSMYBASE 😊

TnC:
-Diskon 30% off untuk semua item  
-Hanya berlaku untuk pembelian produk ala-carte (tidak termasuk staple kit + tshirt bundle)
-Kode voucher berlaku sampai 13 November 2020
-Berlaku untuk 1 kali transaksi / user 
                                        

Stalk Me
  • INSTAGRAM: @melisacarolline
  • FACEBOOK: Lisa Lim 
  • TWITTER: @lisaa_lim
  • EMAIL: melisacarollina@gmail.com







You May Also Like

0 komentar

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou