>> TOP THINGS TO DO IN JAPAN

by - 20.36


pic credit by: here

pic credit by: here

Sekilas Jepang mengingatkanku pada jaman masih duduk di bangku SMA sekitar 4 tahun yang lalu. Wajar saja, sejak masuk kelas X SMA, aku sudah di suguhi mata pelajaran bahasa Jepang. Mungkin bagi sebagian orang ini adalah hal yang biasa, namun bagi aku ini adalah hal yang langka. Jarang sekali sekolah memasukan bahasa Jepang sebagai mata pelajaran.

Pikiran ku saat itu adalah pasti sangat menyenangkan bisa belajar bahasa Jepang selama 3 tahun mengingat sensei yang mengajar kami pun sangat fashionable, terlihat seperti selayaknya guru bahasa Jepang dengan style, kacamata, gaya bicara, dan wajah yang oriental. Di sekolah pun sebenarnya kita sudah di bekali dengan pengetahuan sejarah, dimana kita belajar tentang perang dunia ke II yang membuat Amerika menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima & Nagasaki, selain itu kita pun juga belajar tentang bagaimana tentara Jepang masuk dan menjajah Indonesia.

Tanpa di sadari, sejak kecil pun aku sudah menyukai komik-komik Jepang & sering menonton tokoh kartun Jepang seperti robot kucing Doraemon & Nobita. Rasanya itu merupakan kartun favorit yang masih ku ingat sampai sekarang & dari situ aku bisa melihat bahwa Jepang sudah jauh lebih berkembang dan menarik untuk di telusuri.

pic credit by: here

Jepang terletak di benua Asia bagian Timur dengan ibukota Tokyo. Negeri matahari terbit yang terbentang dari selatan ke utara itu mempunyai 4 musim yaitu Musim Semi yang terjadi di bulan Maret sampai Mei, Musim Panas yang terjadi di bulan Juni sampai Agustus, Musim Gugur yang terjadi di bulan September sampai November, dan Musim Dingin yang terjadi di bulan Desember sampai Februari.

pic credit by: here

Di antara ke 4 musim tersebut, Musim Semi adalah musim yang paling di tunggu-tunggu warga Jepang dan biasanya pada musim ini para wisatawan dari luar Jepang juga meningkat drastis. Sebenarnya apa sih yang spesial dengan Musim Semi di Jepang?

Musim Semi adalah musim yang terbaik untuk berlibur ke Jepang, karena pada musim ini cuaca sedang bagus-bagusnya, dimana suhu setelah musim dingin mulai berkurang dan udara di sana mulai menghangat. Mungkin kalau di Indonesia mirip cuaca mendung kali ya, ibaratnya panas tapi ga panas banget dan mendung tapi ga hujan juga, jadi enak deh kalau mau jalan-jalan. Pada musim ini aktivitas sekolah, perkantoran, dan pertokoan baru di mulai, sehingga pas banget bila kalian mau berlibur, dimana nanti bisa bertemu banyak orang baru dan pastinya juga akan memudahkan kalian selama beraktivitas/berlibur disana.

Yang paling spesial dari Musim semi ini adalah bunga Sakura. Sakura merupakan bunga nasional khas Jepang yang mekar setiap Musim Semi di Jepang. Bagi orang Jepang, Sakura merupakan simbol penting yang kerap kali diibaratkan dengan perempuan, kehidupan, dan kematian. Sakura juga merupakan simbol untuk mengekspresikan ikatan antar manusia seperti, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura sering di hubungkan dengan kehidupan yang tidak kekal.

Saking terkenalnya bunga Sakura ini, di Jepang sendiri diadakan festival khusus untuk menyambut perayaan mekarnya bunga Sakura, yaitu Festival Hanami. Mekarnya bunga Sakura ini merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya Musim Semi dan memiliki makna kehidupan yang dalam di Jepang. Festival yang cuma diselenggarakan setahun sekali ini merupakan wisata wajib bagi kalian yang berkunjung ke Jepang, khususnya pada Musim Semi. Jadi rugi banget deh kalau kelewatan!

pic credit by: here

Hanami juga diartikan melihat bunga, di mana pada musim ini semua warga Jepang tak luput menikmati indahnya bunga Sakura sambil berpiknik ria & membawa bekal. Bekal yang di bawa pun biasanya berupa kue khas Jepang seperti Sakura Mochi. Kalau di Indonesia mochi di buat dengan tepung ketan, sedangkan di Jepang Sakura Mochi terbuat dari beras ketan & di bungkus dengan daun Sakura.

pic credit by: here
Saat yang tepat memulai Festival Hanami yaitu saat semua pohon Sakura yang ada di daerah tertentu, sudah mekar merata. Jadi misalnya di daerah lain belum mekar, berarti di daerah tersebut belum di mulai. Karena setiap daerah bisa berbeda waktu mekarnya bunga Sakura ini. Waktu mekarnya pohon sakura ini di mulai dari akhir Maret hingga awal April, jadi karena rentan waktu yang cukup singkat ini, ada baiknya kalian menyusun schedule keberangkatan dan memperhatikan prediksi mekarnya bunga Sakura di tahun itu. Di beberapa provinsi biasanya kalender sudah dirancang dengan jadwal-jadwal mekarnya bunga Sakura. Inilah kadang yang membuat aku impress banget sama Jepang, tradisi lelulur bisa disulapnya jadi wisata yang menjanjikan.


Tempat yang wajib kalian kunjungi bila ingin melihat bunga Sakura pada Musim Semi adalah: 

1. Osaka Castle Park (Osaka, Japan)

pic credit by: here
Ingin berfoto dengan 2 spot foto sekaligus? Mampir ke Osaka Castle aja, disini kita bisa mendapatkan foto cantik dengan 2 view sekaligus, yaitu Osaka Castlenya dan Sakura yang ada di depannya. Taman ini juga di tumbuhi sekitar 300 batang pohon Sakura, jadi udah pasti banyak banget bunga Sakura yang bisa kita lihat disini.


2. Sumida Park (Tokyo, Japan)

pic credit by: here
Taman Sumida merupakan tempat menarik buat kalian yang liburan ke Tokyo saat Musim Semi. Di sini banyak banget turis yang rela jauh-jauh datang cuma untuk melihat keindahan bunga sakura. Di Taman ini juga tersedia jalur khusus untuk pejalan kaki, jadi enak deh kalau kita mau lihat-lihat atau singgah foto-foto dengan bunga sakura dari dekat.


3.  Kawazu Sakura (Shizuoka, Japan)

pic credit by: here
Yang unik dari tempat ini di bandingkan tempat yang lain adalah mekarnya bunga Sakura di kawasan ini datang lebih awal, yaitu sekitar awal bulan februari. Pohon Sakura yang tumbuh pun di perkirakan ada sebanyak 8000 batang. Bisa di bilang ini adalah kawasan yang paling puas untuk melihat bunga Sakura. Kota Kawazu ini juga terkenal akan onsennya, jadi pas banget nih habis melihat Sakura, kita langsung berendam menikmati Onsen ini.


Bicara soal Jepang , banyak sekali hal unik & menakjubkan yang cuma bisa kalian temui di Jepang yaitu:
 
1.  Meoto Iwa (Pantai Futami - Prefektur Mie, Japan)

pic credit by: here
Meoto Iwa ini bisa di bilang sebagai batu kawin atau batu suami-istri. Kenapa di bilang suami-istri? Karena bila kita ke Meoto Iwa, kita akan melihat kedua batu kecil yang di hubungkan oleh tali, warga disana percaya kedua batu ini di lambangkan sebagai dua mempelai manusia. Makanya ga jarang, beberapa pasangan sering datang kesini untuk sekedar berdoa biar pernikahan mereka selalu langgeng. Yuk, ajak pasangan kalian kesini juga!


2. Hibaku Jumoku (Hiroshima, Japan)

pic credit by: here
Di jepang ada sebuah pohon unik yang bernama Hibaku Jumoku. Yang membedakan pohon ini dengan pohon yang lainnya adalah pohon ini cukup kuat dan tidak hancur meski telah mengalami peperangan. Biasanya kan pohon-pohon yang sudah di bom atau di hancurkan pasti akan ikut punah juga, tapi tidak dengan pohon yang satu ini. Cukup unik ya!


3. Bukit Pasir Tottori (Kota Tottori - Honshu, Japan)

pic credit by: here
Tahukah kalian kalau di Jepang ada gurun pasir? Letak gurun ini persis di sebelah laut Jepang. Gurun pasir ini sebenarnya terbentuk dari endapan bebatuan yang terbawa arus dan menyebabkan pasir-pasir naik ke pantai. Untuk kesana, kita hanya memerlukan waktu sekitar 3 jam an dari Kyoto, ya mungkin mirip dari Jakarta ke Bandung lah ya, hehe .. Bukit pasir ini sering juga menjadi tujuan wisata warga Jepang. Jadi, kalau kalian ada waktu lebih berlibur ke Jepang, jangan lupa mampir ya!


4. Kafe Burung Hantu (Musashino Cafe & Bar Owl Village, Kichijoji - Tokyo, Japan)

pic credit by: here
Biasanya kafe identik dengan suasana yang romantis, hangat dan classic. Berbeda dengan Jepang, disana kafe yang bertemakan binatang justru menarik perhatian wisatawan. Kafe yang cukup populer baru-baru ini adalah kafe yang bertemakan burung hantu. Kepopuleran kafe ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang penasaran dengan pengalaman makan ditemani burung hantu. Maklum saja, di kafe ini pengunjung bisa menikmati secangkir minuman sambil mengelus-ngelus burung hantu yang bertengger. Namun, bukan sembarang burung hantu loh yang ada di kafe ini, melainkan burung hantu yang ada di kafe ini memiliki tubuh yang bersih & sehat, jadi para pengunjung pun gak usah khawatir deh bisa tertular penyakit. :D


5. Pulau Kucing (Ishinomaki, Prefektur Miyagi - Japan)

pic credit by: here
Kalian suka kucing seperti aku? Kalian wajib tau pulau kucing yang hanya ada di Jepang ini. Pulau kucing ini dikenal sebagai Cat Island karena jumlah populasi kucing disini tumbuh dengan subur. Suburnya kucing-kucing ini disebabkan oleh kepercayaan masyarakat sana yang mengatakan bahwa memberi makan kucing akan membawa kekayaan dan keberuntungan. Maka dari itu, populasi kucing di pulau ini meledak hingga melebihi jumlah penduduk yang tinggal disana. Lucu juga ya hihihi..


Karena budaya Jepang yang unik dan khas, maka tidak heran banyak orang luar negeri yang tertarik dengan kebudayaan yang dimiliki Jepang. Bermacam budaya tradisional yang bisa kalian lihat di Jepang yaitu:

1. Ikebana

pic credit by: here
Ikebana merupakan kesenian merangkai bunga yang berasal dari Jepang. Lain di Indonesia, lain di Jepang, di Jepang bunga memiliki kehormatan sendiri dalam kebudayaannya, karena bunga dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan. Awalnya, proses pembuatan bunga ini sangatlah sederhana, namun sekarang pembuatan bunga semakin sulit dan kompleks bahkan harus dibutuhkan pembelajaran terlebih dahulu sebelumnya. Tertarik mencobanya?


2. Kimono

pic credit by: here
Semua udah tau rasanya kalo kimono ini merupakan pakaian tradisional khas Jepang, dulunya kimono hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun sekarang kimono sudah digunakan untuk acara-acara khusus. Bahkan sekarang di Jepang udah banyak loh, tempat yang menyediakan jasa sewa Kimono ini. Lumayan kan mengobati rasa kepingin jadi gadis Jepang plus dapet foto kece yang bisa di pamerin? Hihihi..


3.  Geisha

pic credit by: here
Geisha ini adalah nama grup band di Indonesia, yang vokalisnya cewe. Eh bukan deh, itu beda lagi, haha.. Tapi intinya sama kok, Geisha yang di Jepang ini juga merupakan seniman penghibur tradisional. Geisha mulai muncul dan menjadi sangat terkenal di Jepang pada kisaran abad ke-18 & ke-19, sayangnya sekarang jumlahnya sudah mulai menurun dan tidak sebanyak dulu.


4. Upacara Minum Teh

pic credit by: here
Hayoo, yang sering nonton drama Jepang pasti tau nih, upacara minum teh ini sering banget muncul di adegan-adegan drama Jepang, bahkan Korea pun juga. Upacara minum teh yang disebut dengan Chad/Sad ini adalah upacara yang mencerminkan kepribadian/pengetahuan si pemilik rumah tentang tujuan hidup, cara berpikir, agama, dan toleransi mereka. Ngomongin teh, kalian tahu kan minuman teh yang sekarang lagi hits banget banyak peminatnya? Iya, Matcha. Minuman matcha ini juga berasal dari Jepang yang terbuat dari campuran susu dan teh hijau. Aku sendiri suka banget sama green tea atau yang berbau matcha. Kalau kalian? :D


5. Sento (Pemandian Umum)

pic credit by: here
Kalo di Indonesia namanya kolam renang ya? Haha.. Dulu rumah-rumah di Jepang tidak di lengkapi bak mandi, makanya orang sana menciptakan yang namanya Sento atau Pemandian Umum. Di Sento ini kalian bisa pergi untuk mencuci dan berendam dalam bak sambil ngobrol-ngobrol dengan warga yang lagi berendam juga. Di beberapa Sento biasanya memanfaatkan mata air panas alami sebagai air untuk mandi/Onsen mandi. Bila di Sentonya tidak disediakan sumber air panas, maka kalian bisa mengganti dengan air keran yang sudah di panaskan. Kalian bisa menikmati Onsen ini di hotel-hotel yang menyediakannya. Biayanya pun berkisar antara 200-2000 yen. Selain cuma sekedar bersantai, berendam dalam air panas juga memiliki efek yang bagus buat kesehatan, apalagi pas musim dingin, rasanya enak banget untuk nyobain Onsen mandi ini. Kalian harus mencobanya!


6. Tako

pic credit by: here
Siapa yang suka main layang-layang? Di Jepang ada loh kesenian layang-layang yang bernama Tako, modelnya unik dan berbeda banget dengan desain layang-layang di negara lain. But, kesenian layang-layang ini cuma bisa kalian temukan pas ada event atau pas ada festival budaya di Jepang.


 7.  Kabuki

pic credit by: here
Kabuki ini terdengar seperti nama jenis brush make-up kalau menurut aku. Maklum, aku orangnya suka dengan yang berbau make-up hihii... Tapi, Kabuki yang di maksud disini berbeda, Kabuki berarti seni kebudayaan Jepang yang mirip seperti teater. Di bilang mirip karena, Kabuki ini punya jalan cerita yang bisa dicocokan dengan tarian/musik. Para pemain Kabuki ini biasanya mengenakan kostum yang ngejreng dan sangat powerful. Make-up-nya pun terbilang tebal dramatis karena kalau ga tebal, karakter tokoh yang bermain Kabuki ini ga bakal kelihatan.


 8. Sumo

pic credit by: here
Aku tau Sumo ini pas nonton film kartun Jepang. Lucu deh pokoknya! Tau kan Sumo yang biasa pemainnya gendut, kunciran dan hanya menggunakan pakaian dalam? Katanya, semakin gemuk pemain Sumo, maka kesempatan menangnya juga semakin besar hihii.. Sumo adalah gulat ala Jepang dan masuk jenis olahraga nasional di Jepang. Budaya Jepang yang satu ini lumayan populer juga loh!


Ga cuma budaya tradisional, Jepang juga punya budaya Modern yang hits hingga ke seluruh dunia, seperti:

1. Anime

pic credit by: here
Ini nih kesukaannya cowo/cewe yang doyan Jepang. Yup, Anime! Anime merupakan produk animasi asal Jepang yang melihatkan gambar animasi lewat tangan atau komputer. Anime seakan punya magnetnya sendiri buat disukai. Anime punya penggemar yang banyak di Jepang dan disukai hampir di seluruh dunia. Anime bisa ditayangkan lewat siaran TV, video, teater atau secara online. Kalian yang sering main game online pasti sering kan nemu Anime di samping iklan-iklan komputer? Ga salah dong, Anime sangat di gandrungi anak-anak muda di Jepang!


2. Manga

pic credit by: here
Manga ini sebutan untuk komik Jepang. Dulu aku suka banget tukeran komik Jepang sama temen pas habis pulang sekolah, rasanya kaya senang aja ngoleksi komiknya gitu :D Di Jepang sendiri, manga dicetak dalam majalah yang ukurannya mirip buku telepon, ceritanya pun bersambung tiap episode. Udah kaya sinetron aja ya? Haha..


3. Cosplay

pic credit by: here
Yuhuuu, ini yang paling sering festivalnya diadain di Indonesia. Udah ga asing lagi kan sama yang namanya Cosplay? Cosplay merupakan singkatan dari Costume & Play, berarti ya bermain kostum. Cuma kostum yang di pakai adalah kostum yang di ambil dari suatu karakter anime atau ide. Rias wajah yang di gunakan pun terinspirasi dari tokoh kartun, pemain film, anime, pemain musik, video games dan komik Jepang. Kalian tau AEON mall kan yang di BSD? Nah, itu kan juga mall yang bergaya Jepang, dengan Sakura Parknya yang ada di halaman depan mall. Ga nyangka ya, banyak juga budaya Jepang yang masuk ke Indonesia :D


4. Harajuku Style

pic credit by: here
Kalian para fashionista pasti tau yang namanya Harajuku, tapi sebenarnya Harajuku ini bukan nama style loh, melainkan sebutan populer untuk kawasan di sekitar stasiun kereta api Harajuku. Letaknya ada di Distrik Shibuya, Tokyo. Kayanya kawasan ini juga instagramable ya, soalnya aku sering banget liat orang upload foto OOTD di kawasan ini :D. Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat gaulnya anak muda Jepang ngumpul, maklum di stasiun Harajuku ini banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk menampilkan gaya fashion mereka. Saking populernya, kini fashion Harajuku sudah punya banyak produk dan merk untuk dijual ke berbagai negara. Tau kan baju-baju kawaii yang sering di jual di online shop? Itu baju-baju harajuku juga loh.. Ga cuma itu, kalian tau kan toko baju Uniqlo yang ada di mall-mall besar di Indonesia? Uniqlo rupanya merupakan nama toko baju di Jepang juga loh.. Hits banget yaa! 


5. Visual Kei

pic credit by: here
Yang suka L'Arc~en~Ciel mana suaranya? Ini nih, salah satu band pengusung Visual Kei yang paling hits di dunia. Biasanya sih cowo yang kebanyakan suka L'Arc~en~Ciel ini, selain itu juga ada The Gazette. Kalau aku sih sukanya Yui, Utada Hikaru, Kumi Koda, dan Mayumi Itsuwa. Hahaa.. Visual Kei atau musisi rock Jepang (JRock) ini tampil dengan kostum yang seragam, make up, dan tata rambut yang unik. Di Indonesia sendiri sudah ada kan grup band J-Rocks, yang lagunya enak dan personilnya harajuku banget? Hihii.. 


Hal lain yang membuat aku ingin liburan ke Jepang adalah banyaknya tempat wisata menarik yang ada disana. Di antara sekian banyak tempat wisata itu, setidaknya ada 3 tempat berikut yang sangat membuat aku penasaran dan aku jadikan wishlist bila berkesempatan berlibur ke Jepang: 

1. Universal Studio Japan

pic credit by: here
USS di Jepang ini, tidak kalah bagus dengan yang di Singapore. Bahkan menurut pengalaman traveler yang pernah kesana, USS di Jepang ini jauh lebih bagus dan keren. Wahana yang paling menarik baru-baru ini adalah The Wizarding World Of Harry Potter. Kalian para pecinta film Harry Potter wajib banget mencoba wahana ini, karena di wahana ini kalian akan merasa seolah-olah sedang berpetualang sendirian di istana Harry Potter. Sebelum masuk wahana ini, ada kalanya kalian datang lebih pagi & awal ya, agar tidak terlalu lama mengantri. Selain itu, wahana lain yang ada disini juga bermacam-macam dan tidak kalah menarik untuk di coba. 

Adress: 2 Chome-1-33 Sakurajima, Konohana Ward, Osaka, Osaka Prefecture 554-0031, Jepang
Phone:  +81 570-200-606
Open: 09.00-21.00
Untuk info wahana, harga tiket masuk dll, kalian bisa klik disini.


2. Tokyo Disney Sea

pic credit by: here
Tokyo Disney Sea ini letaknya sebelahan dengan Tokyo Disney Land. Mungkin bagi beberapa traveler Disney Land sudah biasa, sebab Disney Land juga bisa kalian temui di negara lain. Sedangkan, Tokyo Disney Sea ini spesial, karena kalian cuma akan menemuinya di Jepang. Di sini bermacam wahana terinspirasi dari mitos & sejarah pelabuhan-pelabuhan legendaris dunia. Di Tokyo Disney Sea ini permainan yang disajikan bertema unik & bernuansa laut, seperti berpetualang naik perahu, kapal, dll. Seru deh!

Adress: 1-13 Maihama, Urayasu, Chiba Prefecture 279-0031, Jepang
Phone: +81 570-008-632
Open: 08.30-22.00
Untuk info wahana, harga tiket masuk dll, kalian bisa klik disini.


3.  Fuji-Q Highland

pic credit by: here
Sesuai namanya Fuji-Q Highland ini terletak di kawasan Lima Danau Fuji yang ada di bawah kaki Gunung Fuji (Gunung Tertingi di Jepang). Yang membedakan theme park ini dengan theme park lainnya adalah wahana yang di tawarkan di sini merupakan wahana yang mengerikan dan pastinya akan menguji adrenalin kalian. Fuji-Q Highland merupakan surganya roller coaster, karena wahana roller coaster disini cukup banyak. Theme park ini ditujukan untuk anak-anak dan sebagian besar di tujukan untuk orang dewasa yang suka tantangan dan berpetualang. Bahkan disini juga terdapat wahana Fujiyama, yaitu wahana roller coaster yang telah memegang rekor dunia sebagai roller coaster tertinggi dan tercepat di dunia. Saking penasarannya dengan wahana ini, aku langsung searching youtube loh waktu menuliskan posting ini. :D

Adress: 5 Chome-6-1 Shinnishihara, Fujiyoshida, Yamanashi Prefecture 403-0017, Jepang
Phone:  +81 555-23-2111
Open: 09.00- 18.00
Untuk info wahana, harga tiket masuk dll, kalian bisa klik disini


Selain hal-hal di tas, Transportasi juga menjadi hal penting dalam berlibur ke Jepang, karena kalau yang namanya jalan-jalan pasti ga jauh-jauh dari yang namanya transportasi. Berikut bermacam transportasi yang bisa kalian gunakan selama berada di Jepang:

1. Shinkansen

pic credit by: here
Ini moda transportasi yang wajib dicobain bila kalian ke Jepang, karena Shinkansen ini cepat dan jadwalnya on time banget. Bisa di bilang jadwalnya emang sesuai dengan jam keberangkatan yang tertera tanpa lewat sedikit pun. Shinkansen bisa kalian pesan tiketnya di stasiun-stasiun Jepang atau kalian bisa cari tulisan Midori no Madoguchi dengan warna hijau mencolok. Yang mudahnya, kita tidak perlu bingung mencari nama stasiun Shinkansen, karena semua stasiun yang diawali dengan nama "Shin" seperti Shin-Osaka dan Shin-Aomori berarti menjadi stasiun keberangkatan Shinkansen.


2. JR Pass (Japan Rail Pass) & Japan Area Pass

pic credit by: here
JR Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing yang akan berkunjung ke Jepang dan cuma bisa di beli di luar Jepang atau di travel agent yang ada di Indonesia. Walaupun harganya cukup mahal, JR Pass ini memberikan nilai plus bagi kalian yang ingin mengelilingi kota-kota di Jepang, karena kalian bisa dengan mudah berkeliling Jepang menggunakan kereta api sesuai lama hari kalian berlibur di Jepang.

JR Pass ini juga bisa digunakan hampir di seluruh JR line baik itu kereta, bus, shinkansen, atau subway. Jadi, kalau misalnya kalian cuma mampir ke Osaka aja, rasanya sayang juga uang yang di keluarkan untuk JR Pass. Solusinya, kalian bisa menggunakan Pass harian atau Pass area sesuai kebutuhan & tujuan kalian, selain itu harganya pun juga jauh lebih hemat. Pass harian ini bisa kalian beli di mesin-mesin penjualan tiket otomatis atau di counter petugas setiap stasiun. Bila kalian bingung, kalian juga bisa bertanya dengan petugas stasiunnya langsung. Kalau ga bisa bahasa Jepang, kalian bisa gunakan gadget kalian sebagai bantuan. Hihii..


3. Bus

pic credit by: here
Selain JR Pass, Area Pass, Kereta, atau Subway, kalian juga bisa menggunakan Bus sebagai transportasi selama di Jepang. Bus bisa di gunakan di semua kota yang ada di Jepang dan lebih mudah menjangkau tempat tujuan di Jepang. Yang wajib kalian perhatikan ketika menaiki bus adalah mengingat tempat tujuan kalian dan menghapalkan nomer busnya, karena bus di Jepang nomernya banyak bersilangan satu sama lain. Bila kalian masih ragu, kalian bisa melihat peta jalur bus yang akan dilalui, selain itu biasanya di bus terdapat pemberitahuan bila bus akan mencapai sebuah halte.



4. Pasmo & Suica Card
pic credit by: here
Pasmo & Suica Card ini adalah kartu prabayar yang bisa di isi ulang jumlahnya dan bisa diuangkan kembali saat ingin pulang ke Indonesia, bila masih ada sisanya. Kartu ini bisa kalian gunakan untuk sarana kereta, subway, dan bisa digunakan untuk membayar bus, taksi, berbelanja di mall, membeli makan/minuman di toko, kios atau mesin otomatis yang ada di stasiun. Ini solusi tepat buat kalian yang suka praktis dan ga pingin ribet atau pusing-pusing selama di Jepang. Kalian bisa bebas jalan-jalan tanpa khawatir dengan memegang kartu ini.

Pasmo & Suica Card ini bisa kalian dapatkan dan isi ulang di minimarket, mesin penjual tiket di stasiun, dan di tempat-tempat yang berlogo "Bisa isi ulang Pasmo/Suica". Cara mengisi ulangnya pun mudah, karena di setiap mesin pembelian kartu sudah tersedia menu bahasa Inggris. Kartu ini bisa kalian uangkan kembali di tempat informasi di stasiun-stasiun besar Jepang.


5. Taksi

pic credit by: here
Bila ingin lebih santai dan tenang, kalian bisa menggunakan taksi sebagai pilihan transportasi selama di Jepang. Taksi akan mengantar kalian sampai ke tempat tujuan langsung, dengan menunjukan kartu nama/alamat yang kalian bawa. Taksi merupakan pilihan tepat bila malam hari saat kalian ingin pulang/kembali ke hotel, dimana biasanya kereta/subway sudah berhenti beroperasi pada larut malam. Walaupun tarifnya bisa lebih mahal, namun taksi cukup mudah di temukan di jalanan Jepang dan cocok untuk kalian yang suka praktis.


6. Rental Mobil

pic credit by: here
Ingin mengeksplor Jepang lebih puas lagi? Pake jasa sewa mobil aja! Jasa Rental Mobil ini tersedia hampir di seluruh kota-kota besar, menengah, dan tersedia juga di airport/stasiun-stasiun kereta. Mobil yang disediakan pun juga di lengkapi GPS, kalian bisa memilih mobil dengan GPS yang berbahasa Inggris, sehingga akan meminimalisir bila kalian tersesat di jalan. Karena tarif parkir di Jepang mahal dan lalu lintas kota cukup padat, sebenarnya menyewa mobil ga di sarankan sih, cuma kalau kalian akan berkunjung ke tempat wisata yang daerahnya di pedesaan, pegunungan, taman nasional, atau seperti di Hokkaido, menyewa mobil merupakan pilihan tepat, karena transportasi umum jarang beroperasi di daerah-daerah tersebut dan bisa membuang banyak waktu. Untuk menyewa mobil biasanya di perlukan SIM Jepang, jadi kalau kalian ada kenalan/saudara yang tinggal di Jepang ini membantu banget buat kalian! 


Pasti ada yang bingung nih gimana caranya berbelanja di Jepang? Gimana cara menukarkan mata uang rupiah ke yen? Kalau masih bingung, berikut panduan yang mungkin bisa membantu kalian:

1. Cara Menukarkan Mata Uang IDR to JPY

Mata uang Jepang tentu berbeda dengan mata uang Indonesia. Mata uang di Jepang adalah Yen. 1 Yen sama dengan kira-kira 100 rupiah. Jadi kalau kalian membeli minuman seharga 100 Yen berarti minuman tersebut berharga 10.000 rupiah. Tapi hal ini tidak bisa di pastikan, karena tergantung kurs dan nilai tukar mata uang yang bisa berubah setiap saat. Uang rupiah yang kalian bawa saat berlibur ke Jepang bisa di tukar dengan Uang Tunai, Kartu Kredit, Kartu ATM Internasional, Cek Perjalanan, dan lainnya, tergantung situasi & kebutuhan kalian.

Kalian bisa menukarkan uang rupiah dalam bentuk tunai di bandara, counter penukaran mata uang di bank-bank besar, kantor pos, money changer, dan Kinken Shoppu (Toko Kupon). Karena tempat penukaran mata uang di wilayah perkotaan sangat sedikit, ada baiknya kalian melakukan penukaran di bandara, bank di kota besar, atau di kantor pos. Selain itu, pada waktu kalian balik ke Indonesia dan ingin menukar uang yen yang tersisa, biaya yang dikenakan adalah dua kali lipat. Oleh karena itu, biar ga ada yang sisa, lebih baik kalian menukarkan uang yen secukupnya & sesuai kebutuhan.


2.  Cara Mudah Shopping di Jepang

Time to shopping! Ini nih yang paling ditunggu, rugi kan udah jauh-jauh ke Jepang tapi ga ada belanjaan/oleh-oleh, apalagi aku yang punya hobi belanja tentunya perlu hati-hati juga nih, biar ga terlalu boros. Mungkin bagi kalian yang suka berbelanja seperti aku, kalian bisa memanfaatkan Duty Free sebagai salah satu tempat pilihan belanja kalian. Duty Free bisa kalian temukan di airport atau di konter/toko yang menerima Tax-free Shop.

Keuntungan berbelanja di Duty Free adalah kalian bisa menghemat 8% dari total belanjaan kalian sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku. Kalian cukup menunjukkan paspor & tiket keberangkatan kalian saat hendak berbayar, maka pihak konter akan mengurangi pajak dari total barang yang kalian beli. Setelah itu kalian akan diberikan dokumen bukti pembayaran dan packing bertanda khusus pada barang yang kalian beli. Lalu, jangan lupa untuk menandatangani dokumen bukti pembayaran dan jangan sampai hilang, karena saat kembali ke Indonesia, kalian harus menunjukkan dokumen bukti pembayaran itu di bea cukai tempat keberangkatan. Barang yang kalian beli tadi di Duty Free jangan di buka dulu ya, agar pihak bea cukai lebih mudah meloloskannya.

Barang yang di jual di Duty Free pun juga bermacam-macam mulai dari makanan, minuman, obat-obatan, parfum, kosmetik, accessories, sampai barang branded pun juga ada! Kalian bisa membeli barang dengan harga terbaik dan bebas pajak. Menyenangkan bukan? 


Hal yang paling mendasar adalah biaya makan selama di Jepang, ga mungkin dong kita ga makan setelah seharian jalan-jalan? Banyak yang bilang bahwa harga makanan di Jepang itu mahal, namun ga juga kok, asal kalian bisa memilih tempat makannya. Kalian bisa mencoba street food yang banyak terdapat di pusat perbelanjaan Jepang, selain harganya murah, street food juga terkenal dengan makanan khas Jepang yang enak-enak. Pada kedai menu paket atau chain store, kalian bisa menikmati pilihan menu enak dengan harga berkisar di bawah 1.000 yen. Kalau mau lebih hemat lagi kalian bisa beli roti atau Bento di minimarket.

Tips, kalau kalian berbelanja di supermarket, lebih baik membawa tas belanja sendiri ya, karena kalau tidak membawa sendiri, maka akan dikenakan biaya penggunaan (pembelian) tas belanja saat kalian berbayar di kasir, berbeda dengan department store yang memberikan tas belanja secara gratis. Selain itu, restoran di Jepang umumnya akan menawarkan air mineral atau teh ocha secara gratis, bahkan kalian bisa refill. Sebagai referensi, kualitas air di Jepang sangat baik loh, maka aman-aman saja bila kalian ingin minum langsung dari air keran yang ada di hotel atau di tempat-tempat lainnya. Asik banget yaa!


Selain itu, tidak lupa juga tentunya untuk membeli oleh-oleh buat orang di rumah. Kalau orang rumah ga dibeliin, ntar yang ada ga di bolehin lagi buat travelling wkwk. Kalian bisa membeli oleh-oleh di toko obral seperti Don Quijote, Japan, Mr. Max yang merupakan toko eceran berskala besar yang menjual berbagai macam barang dengan harga rendah. Barang yang kalian beli disini bisa makanan kecil, kebutuhan sehari-hari, make up, mainan, dan sebagainya. Toko-toko seperti ini merupakan tempat yang paling pas untuk kalian yang pengen beli oleh-oleh khas Jepang dengan harga murah, karena barang yang dijual di sini di banderol dengan harga yang sangat terjangkau.


Sudah tau menariknya Jepang ? Sekarang yang diperlukan adalah membuat itinenary yang sesuai dengan budget kalian, ini penting agar wisata kalian berjalan dengan lancar dan terarah. Kalau kalian bingung juga, kalian bisa membuat itinenary praktis disini . Selain itu, budget sangat penting dalam berlibur ke Jepang. Mulai dari hotel, tiket pesawat, paspor, visa, semuanya butuh budget. Bila tidak hati-hati dalam mengatur budget, tentu akan mempengaruhi pengeluaran kalian yang seharusnya tidak perlu atau bisa di hemat.


Bingung? Ragu? Takut? Males mikir? Males ribet-ribet juga? Pakai jasa Travel aja! Tentunya jasa Travel ini bermanfaat banget buat kita turis asing yang belum pernah ke Jepang sama sekali :D Kalau untuk Wisata ke Jepang jasa Travel H.I.S juaranya, karena HIS Travel Indonesia memiliki 273 cabang di Jepang dan di Indonesia sendiri cabangnya udah banyak banget! Jadi kalian ga perlu khawatir lagi, dimana Wisata kalian ke Jepang akan sangat mudah dan aman. H.I.S ini merupakan ahlinya Travel dalam urusan ke Jepang . Tidak cuma Jepang, HIS menyediakan layanan individual maupun group tur dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional beserta berbagai produk guna memudahkan wisata kalian! Ga percaya? Coba deh cek websitenya langsung, disini!




Pernah merasakan hal ini ketika berlibur di Jepang?
  • Ingin liburan di Tokyo dan kota lainnya yang ada di Jepang
  • Ingin mengeksplor banyak tempat tetapi sulit dijangkau
  • Kesulitan mendapat penerbangan, kereta, atau akomodasi
  • Perjalanan menghabiskan banyak waktu
  • Harga tiket terlalu mahal
Semua masalah di atas dapat diatasi, karena H.I.S dan HAnavi menyediakan apa yang kalian perlukan :)

-HEMAT WAKTU
Menghemat waktu di perjalanan dengan naik pesawat, jadwal bisa dipilih.

-HARGA LEBIH MURAH
Paket tiket penerbangan domestik + hotel dengan diskon besar-besaran.

-BERAGAM PILIHAN PENERBANGAN & HOTEL
Tersedia beragam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencana Anda.
Terdapat sekitar 800 penerbangan + 3500 Hotel di Jepang.


Mengapa Travel H.I.S ?




- Kenyamanan Servis



HIS Travel Indonesia bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan kalian mulai dari reservasi hingga sampai ke rumah! Semua problem kalian akan di bantu oleh pihak HIS, mulai dari kerepotan mencari tiket, hotel, optional tour/individual tour/group tour, sewa mobil, sewa wifi, dan mengurus visa, tentunya HIS akan memberikan solusi yang terbaik bagi perjalanan kalian. Kalian bisa bertanya dan berkonsultasi langsung, pihak staff akan melayani kalian dengan ramah :) 

- Global Network Mendukung Keamanan Anda
Percayakan keamanan diri kalian selama travelling bersama HIS Travel yang memiliki keuntungan jaringan global yang tersebar di seluruh negara, tentunya ini akan mendukung perjalanan kalian. Mulai dari reservasi sampai pulang ke rumah, kalian akan puas dengan pelayanan serta sistem terbaik!

- Harga Terbaik Langsung dari Cabang Luar Negeri
H.I.S. menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun & kapanpun kalian butuhkan! Cabang H.I.S. di luar negeri pun bersaing dengan harga agen tour lokal, sehingga memudahkan kalian untuk mengatur budget.

-Unggul Dalam Individual Tour
HIS Travel menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan kalian. HIS Travel juga bisa membantu kalian dalam proses pembuatan visa, jadi kalian tinggal terima beres deh! Cocok banget nih, buat anak muda yang kadang ga punya waktu buat urus ini itu :D HIS Travel juga menyusun perjalanan kalian mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang kalian perlukan!

-Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
H.I.S. memiliki 273 cabang di Jepang, selain di Jepang HIS Travel juga memiliki 162 cabang di 113 kota dalam 55 negara global. Jadi, biarpun kalian ke kantor cabang lain di luar negeri, kalian tetap bisa reservasi perjalanan ke Jepang! HIS Travel Indonesia akan membimbing kalian sampai paham, mulai dari cara menggunakan JR Pass hingga melakukan penerbangan domestik.


Kalian juga bisa loh berkesempatan Liburan Gratis ke Jepang dengan mengikuti Blogger Competition yang diadakan HIS Travel Indonesia. Apalagi, sekarang liburan ke Jepang sudah mudah tanpa perlu Visa. Untuk info lengkap kalian bisa cek Facebook Page HIS Travel Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan kalian ke Jepang


HIS Amazing Sakura - Blogger Competition 

 
Referensi:
  • https://japanesestation.com/
  • https://id.wikipedia.org
  • http://www.sukajepang.com/
  • http://japantourlist.com/
  • https://livejapan.com/
  • http://halojepang.com/
  • https://matcha-jp.com/  
  •  

You May Also Like

2 komentar

  1. Wah suka Laruku... Hyde-sama. Japan emang punya banyak pesona ya.

    BalasHapus

Thankyou for visiting my blog :) Don't forget to click notify me, if you want to comment this post and I will reply it soon ^^

PENTING!!! Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup saat berkomentar. Komentar yang berisi link hidup, spam, promosi & jualan akan di hapus. Thankyou